SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiositas Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Pay Later Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderating di Kabupaten Pekalongan
Dalam berbelanja online di marketplace Shopee terdapat fitur pembayaran baru berupa Shopeepaylater, dimana pembeli diberikan pinjaman uang instan yang memiliki tujuan dapat memberikan kemudahan pengguna Shopee dalam melangsungkan pembayaran dengan cicilan 1, 3, 6, maupun 12 bulan dan dilakukan tanpa menggunakan kartu kredit, serta dikenakan bunga sebesar 2,95%. Dari pembiayaan akibat pinjaman tersebut menjadi pertimbangan untuk muslim yang menggunakan Shopee. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Religiositas Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Shopeepaylater Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderating.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan menetapkan 4 kriteria bagi responden. Sampel pada penelitian ini ialah masyarakat Kabupaten Pekalongan sebanyak 96 responden. Penelitian menggunakan analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopeepaylater pada masyarakat Kabupaten Pekalongan, e-service quality berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopeepaylater pada masyarakat Kabupaten Pekalongan, religiositas yang di moderasi promosi berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopeepaylater pada masyarakat Kabupaten Pekalongan, sedangkan e-service quality yang di moderasi promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopeepaylater pada masyarakat Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Religiositas, E-service quality, Promosi , Keputusan Penggunaan
DAFTAR PUSTAKA :
Alfani, M. H., & Rifa. (2022). Pengaruh Religiusitas Mahasiswa Universitas Islam Riau Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, Vol.5(1), 98–107.
Ancok, J., Soeroso, & Ardarni, M. S. (2001). Psikologi Islam :Solusi Islam atas problem-problem psikologi. Pustaka Pelajar.
Antasari, A. (2020). Pengaruh Lokasi, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Kabupaten Semarang Dengan Media Promosi Iklan Sebagai Variabel Moderating.
IAIN Salatiga.
Arrosyid, M. A. H. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Pengetahuan, Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Kota Salatiga Menabung Di Bank Syariah Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderating.
Aziz, N., & Hendrastyo, V. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 227. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.183
Bawono, A. (2006). Multivariate analysis SPSS. STAIN Salatiga Press.
Engel, Blackwell, M. (2012). Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara.
Fadhila, F., Azhar, & Marpaung, M. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Produk Dan Faktor Sosial Terhadap Penggunaan Shopeepaylater. Jurnal Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 20–30.
Fanitawati, N. (2020). Pengaruh Tingkat Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Konsumen Di Dapur Putih Cafe Metro. IAIN Metro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ihsan, M., & Siregar, A. P. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. 4(1), 170–175.
https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.85
Ikhsan, R., Hidayat, N., & Parlyna, R. (2021). The Effect of Promotion and Ease of Use on Decisions for Transactions Using ShopeePay. International Journal of …, 1(2).
https://scholarsnetwork.org/journal/index.php/ijeb/article/view/11%0Ahttps://scholarsnetwork.org/journal/index.php/ijeb/article/download/11/10
Irvindya. (2021). Inilah 5 Fakta Tentang Cicilan Shopee PayLater yang Perlu Kamu Ketahui! Yuk, Cari Tahu Apa Itu Shopee PayLater atau SPayLater! Shopee. https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/fakta-tentang-cicilan-shopeepaylater-yang-perlu-kamu-ketahui/
Iskamto, D. (2017). Analisis peranan religiusitas terhadap kepercayaan kepada perbankan syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2 (2).
Izza, J. (2020). Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 juta di 2019- Q2 2020. Buletin APJII. https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/
Jonathan, H. (2013). Analisis Pengaruh E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction yang Berdampak pada Customer Loyalty PT Bayu Buana Travel Tbk. The Winners, 14(2), 104.
https://doi.org/10.21512/tw.v14i2.650
Khairunnisa, Wathan, H., & AK, M. F. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Pada Generasi Milenial Muslim Di Polmed. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi Halal), Vol. 1(1), 35–42.
Kotler, P., & Keller, K. . (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 2). Penerbit Erlangga.
Krisdayanti, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Uang Saku, Teman Sebaya, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Minat Menabung Mahasiswa. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 79–91.
Kusnanto, D., Rida, R., & Riska, A. O. (2020). Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5 (1), 40–47.
Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty Dalam Konteks E-Commerce Blibli. Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, 5(2), 1–11.
Maharani, M. P. (2020). Kepercayaan Dan Promosi Memoderasi Religiusitas Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan Bank Syariah (Studi Empiris Pada Masyarakat Kota Madiun). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Malau, A. R. (2020). Analisa Produk, Promosi Dan Proses Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Platform Kredit Online. Journal of Economics AndBusiness, 1 (2), 76–88.
Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas , Gaya Hidup , dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. 4(2), 174–186.
Muhammad, D., Mamondol, M. reynelda, Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyana, M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV. Media Sony Tambunan.
Muslim, A. W. (2018). Pengaruh Media Sosial, E-Service Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Oleh Gaya Hidup. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 6 (2), 145–162.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.
Nurliyani, H. (2019). Buku Seri Praktikum E-Commerce. Laboratorium Manajemen Menengah Litbang.
Panduwinasari, E., Ekasari, K., & Dewi, K. (2021). Persepsi ( Tidak ) Etis Mahasiswa Akuntansi : Ditinjau dari Pengetahuan Etika , Religiusitas dan Love of money. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2 (2), 68–78.
Pekerti, R. D., & Herwiyanti, E. (2018). Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Sariat Madzhab Asy-Syafi’i. JEBA: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(2), 1–12. https://core.ac.uk/display/267947229?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (D. T. Dwiandani (ed.); kesembilan). Salemba Empat.
Putri, R. A. (2022). Maturity, Merger & Marketing: Bagaimana E-Commerce Indonesia Berkembang Pasca Pandemi? IPrice. https://iprice.co.id/insights/id/digital-economy/e-commerce-indonesia-paruh-pertama-2022/
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Ridwan, M., Harahap, I., & Harahap, P. (2018). Keputusan pembelian melalui situs belanja online terhadap perilaku konsumtif masyarakat dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus pada pengguna aplikasi lazada di medan). J-EBIS, 3(2), 132–147.
Sahroni, O. (2020). Fikih Muamalah Kontemporer Jilid 3: Membahas Persoalan Sosial dan Ekonomi Kekinian. Republika.
Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732
Septiani, Ria. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 98–108.
Septiani, Risa, & Nurhadi, N. (2020). Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886
Setiawan, A. S. (2021). Para Pelaku Ekonomi Kreatif di Kab Pekalongan Sudah Manfaatkan Situs Belanja Online. Suaramerdeka.Com. suaramerdeka.com/politik/pr-04169069/para-pelaku-ekonomi-kreatif-di-kab-pekalongan-sudah-manfaatkan-situs-belanja-online
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Pengguna Situs Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9, 1–10.
Siahaan, M., & Christiani, D. (2021). the Effect of Prices and Promotions on Purchase Decisions At Shopee ( Case Study of Bhayangkara University Jakarta Raya ). 1(3), 253–268.
Sigit, S. (2002). Pemasaran Praktis (Practical Marketing) (Cet. Ke-du). BPFE.
Siregar, S. (2017). Metode Peneitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual&SPSS (pertama). Kencana.
Subagyo, P., & Djarwanto. (2005). Statistika Induktif (Edisi 5). BPFE-Yogyakarta.
Subagyo, W. H., & Safitri, Y. (2019). Pembelian Online Busana Muslim Di Industri Nanad Hijab. 10 (2), 178–188.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi 1). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Kedua). Penerbit Alfabeta.
Susanti, A. V., Taufik, R., & Yam, J. H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bus Dengan Moderasi Promosi. 2(3), 365–375.
Untung, M. S. (2019). Metodologi Penelitian : Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial (Edisi Pert). Litera.
Wafa, A. K. (2020). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Shopeepay Later. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4.
Wahyudin., Pradistii, L., Wulandari., & Zulaikha, S. (2018). Dimensi religiusitas dan pengaruhnya terhadap organizational citizenship behaviour. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(03), 1–28.
Wardiah, M. L. (2016). Teori Perilaku dan Budaya Organisasi. Pustaka Setia.
23SK2341360.00 | SK EKOS 23.360 ALM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain