SKRIPSI EKOS
Pengaruh Brand Ambassador K-Pop, Tagline, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli di Tokopedia (Studi Kasus Mahasiswa Muslim di Pekalongan)
Brand merupakan hal penting yang harus diperhatikan perusahaan karena brand yang baik adalah yang mempunyai karakter yang kuat. Sehingga perusahaan perlu mengatur strategi pemasaran supaya produk yang dipasarkan menarik minat pembeli, seperti meningkatkan brand, tagline, dan kualitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador K-Pop, tagline, dan kualitas produk terhadap minat beli.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tagline dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli tokopedia. Sedangkan brand ambassador K-Pop tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat beli tokopedia. Kemudian secara simultan brand ambassador K-Pop, tagline, dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli di tokopedia.
Kata kunci: Brand Ambassador K-Pop, Tagline, Kualitas Produk dan Minat Beli
DAFTAR PUSTAKA :
Aditya, T. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Aisyah, W. N., Anwar, M. K., & Malihah, L. (2022). Pengaruh Tagline Shopee" Gratis Ongkir Xtra" Terhadap Minat Belanja Online:(Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 12-22.
Amiludin, T., & Kartini, D. (2019). Advertisement Attitude Dan Brand Attitude Sebagai Determinan Minat Beli (Studi Kasus pada Distro iwearzule Bandung).
Arifin, M. B. S. (2019). Endorsement dalam perspektif Islam (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Arifin, I., & Prawiro, A. M. B. (2022). Prinsip-Prinsip dalam Pemasaran Syariah. Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 5(2), 261-274.
Asabara, Septian. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Sistem Informasi, Harga, dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Jasa Ojek Online Gojek (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Pekalongan).
Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.
Databoks. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. Diakses pada 21 April 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta.
Databoks. (2022). Riset: Milenial Paling Gemar Belanja Online saat Pandemi. Diakses pada 30 Maret 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/riset-milenial-paling-gemar-belanja-online-saat-pandemi.
Deny Firmansyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Ecommerce di Tokopedia Surakarta Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Erviyana, R., Gusti, Y.K. (2020). Pengaruh Daya Tarik Brand Ambassador dan Brand Attitude terhadap Minat Beli Situs Belanja Tokopedia di Yogyakarta. (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwiha).
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42.
Fadilah, A. (2021). Prinsip Konsumsi Dalam Islam. al-IQTISHADY: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 99-108.
Firdaus, M., Rachma, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Kemanfaatan dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Minat Beli Ulang pada Situs Shopee Online Shop (Studi pada Mahasiswa FEB Unisma). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(17).
GIOVANNI, D. R. (2022). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SABUN MANDI MEREK LIFEBUOY (Studi Kasus Warga di Lingkungan RT. 06/RW. 02, 32 Ilir, Ilir Barat II, Palembang) (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Haris, G. R. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP BRAND IMAGE TOKOPEDIA (Survei pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie 2016) (Doctoral dissertation, Universitas Bakrie).
Husni, M. A., & Wardhana, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Indonesia. eProceedings of Management, 8(2).
HUTABARAT, N. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK BODY LOTION SCARLETT DI KOTA MEDAN.
Iprice Insights. (2021). Peta E-commerce Indonesia. Diakses 21 April 2021, dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.
Isnan, M. F., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Tiket. Com Di Jawa Barat. eProceedings of Management, 8(1).
Katadaata. (2021). Gaet BTS, Tokopedia Salip Shopee dan Dongkrak Transaksi 26 Kali Lipat. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/614b03d05f1ca/gaet-bts-tokopedia-salip-shopee-dan-dongkrak-transaksi-26-kali-lipat
Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129-136.
Kenny, Rizqika Damasrefa. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Membeli Makanan Restoran Korea di Yogyakarta.
Khotimah, K. (2021). Pengaruh Ulasan Online Dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jurusan Perbankan Syariah Angkatan 2016) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
Larasari, E., Lutfi, L., & Mumtazah, L. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Event Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Produk Smartphone Vivo pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2).
Mahemba, U. S. A. K., & Rahayu, C. W. E. (2019, December). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu (Vol. 1, No. 2, pp. 428-439).
Mahisa, R. K., Permadi, L. A., & Darwini, S. (2019). Analisis Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Telepon Seluler Merek Oppo (Studi Pada Pekerja Kantoran Di Kota Mataram).
Jurnal Riset Manajemen, 19(2), 86-97.
Maliki, B. Pengaruh Kualitas Produk, Periklanan, Sales Promotion dan Perceived Risk terhadap Minat Beli Ulang Produk Clothing di Tokopedia (Studi Pada Konsumen di Kota Jember).
Marsela, R., Susanto, R. Y., & Retno Ayu Dewi, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Unitri Secara Online Di Shopee (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang).
Masdarwati, P. (2022). Pengaruh Rating, Online Customer Review, dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Demak (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).
Mulyawan, A. D., & Aulia, S. (2022). Pengaruh Tagline Shopee “Gratis Ongkir” terhadap Minat Beli. Kiwari, 1(4), 693-699.
Nadia, S. M., & Aulia, P. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BTS KPOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA. eProceedings of Management, 7(2).
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).
Nasri, H. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AWARENESS TOKOPEDIA DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).
Nur’anisa Fadilla, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Maskapai Lion Air Di Yogyakarta International Airport (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Prastiwi, F. T. R., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(1).
PRECILIA, A., Wahab, Z., & Widad, A. (2019). PENGARUH TAGLINE" SHOPEE 9.9 SUPER SHOPPING DAY" TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS PALEMBANG) (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Rahardian, Kusumawati, dan Irawan, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Minat Beli (Survei pada Mahasiswa program Sarjana pengguna Smartphone OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 75(1), 10-18.
Rismawati, R. (2020). Pengaruh Iklan, Tagline, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Indomie di Kalangan Mahasiswa Yogyakarta) (Doctoral dissertation, STIE YKPN).
Saskia, D. F. Efek Brand Ambassador dan Label Halal Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Nameera Aquatic Botanical (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(1), 18-25.
Shinta, Nur Rahma Tiara. (2020). Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Advertising Campaign, Serta Country Of Origin Terhadap Minat Beli Pada Situs Tokopedia. Com. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.
Siregar, P. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Syahrial, S. (2020). Pandangan Islam Tentang Konsumsi (Analisis Terhadap Ayat Dan Hadits Ekonomi Tentang Konsumsi). Jurnal An-Nahl, 7(1), 18-31.
Tokopedia. (2020). Tokopedia: Selalu Ada Selalu Bisa. Diakses pada 21 April 2020, dari https://www.tokopedia.com/blog/tokopedia-selalu-ada-selalu-bisa/
Tokopedia. (2021). Tokopedia Tunjuk Dua Brand Ambassador Sekaligus: BTS dan Blackpink. Diakses 21 April 2020, dari https://www.tokopedia.com/blog/2021-tokopedia-tunjuk-dua-brand-ambassador-sekaligus-bts-dan-blackpink/
UGM, F. F. (2019). Revolusi Industri 4.0. Kab Sukabumi: CV Jejak.
Waldan, R. (2020, September). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. In ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development (Vol. 1, No. 1, pp. 259-268).
Widiyanto, S., Hidayati, N., Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Kualitas Produk dan Daya Tarik Iklan di Media Youtube terhadap Minat Beli (Studi pada FEB Angkatan 2017 Unisma).
Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15).
YULINAR, M. (2020). HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY ENDORSER DI INSTAGRAM DENGAN MINAT BELI FASHION ONLINE DI POLITEKNIK NEGERI PARIWISATA PALEMBANG (STUDI PADA FOLLOWERS VIRA NADA WULANDARI) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Zuliah, S. A. (2020). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Bahan Baku dan Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada UMKM ZM Hijab Jepara. (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
23SK2341358.00 | SK EKOS 23.358 MUT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain