SKRIPSI EKOS
Pengaruh Sikap, Lifestyle, Dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1 (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Keputusan pembelian dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain sikap, lifestyle, dan Islamic advertising ethics dapat menjadi salah satu faktornya. Pada era saat ini perkembangan pasar perawatan rambut dinilai cukup menguntungkan, hal ini juga tak lepas dari identitas seorang Muslimah terutama mahasiswi FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Aktifitas yang padat dapat menimbulkan masalah rambut seperti rontok, lepek, ketombe, dan lain sebagainya. Maka dari itu Shampoo rejoice hijab 3in1 telah menciptakan 3 varian untuk Muslimah dalam mengatasi masalah dalam perawatan rambutnya. Sehingga pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, Lifestyle, Islamic Advertising Ethics terhadap keputusan pembelian Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitiannya yakni penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu nonprobability sampling. Jumlah sampel yang ditetapkan pada riset ini sebanyak 95 mahasiswa yang telah membeli produk Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sikap tidak berpengaruh berpengaruh terhadap keputusan pembelian Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1 dengan hasil uji t dengan nilai signifikan sebesar 0,963 > 0,05 sehingga Ha ditolak , sedangkan Lifestyle berpengaruh berpengaruh terhadap keputusan pembelian Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1 dengan hasil uji t dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, dan Islamic Advertising Ethics berpengaruh terhadap keputusan pembelian Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1 nilai signifikan sebesar 0,015 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Secara simultan variabel sikap, Lifestyle, dan Islamic Advertising Ethics berpengaruh terhadap keputusan pembelian Shampoo Rejoice Hijab 3 in 1 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, jadi Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : sikap, lifetyle, islamic advertisig ethics, dan keputusan pembelian
DAFTAR PUSTAKA :
Buku :
Azwar, Saifudin (1988). Sikap Manusia. Yogyakarta: Liberty
Basu swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, (Yogyakarta : liberty, 2002)
Basu Swastha, D. H., & Irawan, M. B. A. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Djarwanto PS, dan Subagyo, Pangestu, 2006, Statistik Induktif, Yogyakarta: Badan Penerbit FE UGM.
Djarwanto, P. S. (2001). Statistik Non Parametrik, Bagian I Edisi 3. Yogyakarta: BPFE UGM.
Hasan, A., & SE, M. (2014). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, cetakan kedua. Yogyakarta: Caps.
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19, Cet. Ke-5, Semarang: BP Undip, 2011.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Latan, H., & Temalagi, S. (2013). Analisis multivariate teknik dan aplikasi menggunakan program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta, 146.
Mandey, S. L. (2009). Pengaruh Faktor Lifestyle Terhadap Keputusan. Pembelian Konsumen. Unsrat Manado.
Masyhuri, M., & Zainuddin, M. (2011). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif (Edisi Revisi).
Mutaqin, A. (2013). Konsep periklanan dalam ekonomi Islam. Cahaya Aktiva, 3(1), 1-10.
Pandjaitan, D. R. H., & Aripin, A. (2017). Metode Penelitian untuk bisnis.
Qardhawi, Y. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam, alih bahasa Zainal Arifin dan Dahlia Husin. Cet. III.(Jakarta: Gema Insani Press, 2012).
Sangadji, E. M. (2013). Sopiah, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat, 5(2), 23- 34.
Schiftman dan Kanuk. 2000. Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.
Sujarweni,V. Wiratma. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi.: cet 1, Yogyakarta; Pustaka Baru Press.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Kedua. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Jurnal Dan Skripsi :
Azizah, M. (2016). Etika perilaku periklanan dalam bisnis Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1), 37-48.
Dinny Puspita Sari dan Edin S.Djatikusuma (2012), Pengaruh Celebrity Endorser Ayu Ting Ting dalam Iklan Televisi terhadap Brand Image Produk Mie Sarimi, Jurnal Siasat Bisnis, 12 (2), 1-9
Engel, J. F., et al., 1968. Consumer Behavior. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Engel, James F, Blackwell, Roger D dan Miniard, Paul W. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binapura Aksara.
Fajriani, H., Suharyono, S., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional Dan Daya Tarik Iklan Emosional Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen Wanita Muslim yang Membeli Produk Sunsilk Hijab di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(3), 163-171.
Farah, D. A. A., & Faidah, M. (2019). Pengaruh Merek Dan Kwalitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Shampoo Pada Konsumen Wanita Berhijab. Jurnal Tata Rias, 8(3).
Fatma, N., Najib, M., & Yasid, M. (2019). Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampoo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 277-291.
Fitria, E. M. (2015). Dampak online shop di instagram dalam perubahan Lifestyle konsumtif perempuan shopaholic di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 117-128.
Hayati, K. R., Afdholy, N., & Nashahta, T. B. A. (2020, August). Advertisements and Representation of Muslimah Beauty: Sunsilk Hijab Shampoo (International Product) and Sariayu Hijab Shampoo (Local Product). In International Joint Conference on Science and Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 113-118).
Ida, Z., & Hidayati, I. N. (2020, April). Brand Image and Product Quality Against Purchase Decision: Sariayu hijab Shampoo competitive environment. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 469, No. 1, p. 012109). IOP Publishing.
Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Lifestyle, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Kertamukti, Rama. (2013). Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Khuong, M. N., & Duyen, H. T. M. (2016). Personal factors affecting consumer purchase decision towards men skin care products -a study in Ho Chi Minh City,Vietnam International Journal of Trade, Economics and Finance,7(2), 44–50.
Mahmud, Y., Paat, C. J., & Lesawengen, L. (2020). Jilbab Sebagai Lifestyle Wanita Modern Di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Holistik, Journal Of Social and Culture.
Manossoh, Angelina. et all., 2015. Analisis Perbandingan Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Shampoo Clear dan Shampoo Pantene di Winangun. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol 03 : 03.
Mashadi, 2010, Pengaruh Motivasi, Persepsi,Sikap dan Pembelajaran Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minumkan Kemasan Merek “ Teh Botol Sosro” Di Kawasan Depok, Universitas Gunadarma.
Muhammad & Alimin.(2005). Etika Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam.Yogyakarta.
Mursid, Mansur Chadi, M.M, Analisis Model Persamaan Struktural pada Riset Internasional (Beserta Sistematika Penyajian Data Hasil Analisis), Tegal : Khoirunnisa, 2018.
Murtani, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Rejoice 3 In 1 Hijab (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 161-171.
Nurhidayati, E. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Shampoo Hijab Terhadap Keputusan Pembelian dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Bogor. Jurnal Ekonomi, 20(1), 90- 105.
Pakaya, M. A., Oroh, S. G., & Tumbuan, W. J. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear Men Di Manado (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Samratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
Paul, J., Modi, A., & Patel, J. (2016). Journal of Retailing and Consumer Services Predicting green product consumption using theory of planned behavior and reasoned action. Journal of Retailing and Consumer Services, 29, 123–134.
Rahmaniah, A. (2009). Etika Bisnis Islami dalam Periklanan. Millah: Jurnal Studi Agama, 15-33.
Rangkuti, Freddy. (2008). Creating Effective Marketing Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sadiah, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kemasan Produk Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Shampoo Sariayu Hijab (Studi pada Konsumen di Wilayah Surabaya Selatan). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(1).
Sahir, Syafrida Hafni, dan Eka Dewi Setia Tarigan. “Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan.” Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen 3, no. 1 (2016): 15.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, 1(3), 1-19.
Saktiana, N., & Miftahuddin, M. A. (2021). Pengaruh Sikap Konsumen, Persepsi Harga Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal (Studi pada Konsumen Pengguna Kosmetik Berlabel Halal di Purwokerto). Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 45-62.
Uktafiani, K. (2020). Pengaruh Iklan, Saluran Distribusi, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ulya Hijab (Studi Kasus Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kudus) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Wahyudi, Setyo Tri. (2016). Konsep dan Penerapan Ekonometrika menggunakan E-Views, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, D. U. (2008). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Kawasan Surabaya BaraT. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), 30-37.
Wahyuni, W. S., Santoso, B., & Rozzaid, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Di Televisi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember Tahun Angkatan 2017-2018. Baswara: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 27-32.
Yaningsih, U. (2020). Pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap brand awareness produk Shampoo Rejoice hijab pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung).
Yadav, R., & Pathak, G. S. (2017). Determinants of Consumers ’ Green Purchase Behavior in a Developing Nation : Applying and Extending the Theory of Planned Behavior. Ecological Economics, 134, 114–122.
Zuhriah, Z., & Diansari, S. M. (2018). Pengaruh Produk, Persepsi, dan Pembelajaran Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Shampoo Di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 497-510.
Zulkifli, Z., Bakhri, B. S., Maysuri, M., & Melina, F. (2019). Pengaruh Periklanan Islami terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Hijab Sunsilk Clean And Fresh pada Mahasiswi Universitas Islam Riau.
Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 59-73.
Internet :
www.kemenperin.go.id diakses pada tanggal 10 Desember 2021 pukul 14.30 WIB
www.topbrand-award.com diakses pada tanggal 25 September 2021
www.Rejoice.co.id diakses pada tanggal 12 Maret 2022
https://journal.sociolla.com/beauty/Rejoice-hijab-perfection-series diakses pada tanggal 12 Maret 2022
https://journal.sociolla.com/beauty/Rejoice-hijab-perfection-series diakses pada tanggal 15 Desember 2022
https://www.google.com/amp/s/mix.co.id/marcomm/brand-insight/marketing-strategy/kampanyekan-hijabbisa-pg-luncurkan-rejoice-hijab diakses pada tanggal 15 desember 2022
23SK2341356.00 | SK EKOS 23.356 RIF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain