SKRIPSI EKOS
Pengaruh Islamic Branding, E-Service Quality, Dan E-Lifestyle Terhadap Minat Beli Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2017)
Shopee merupakan sebuah marketplace dalam bidang bisnis C2C (customer to customer) yang mendorong penggunanya untuk membeli, menjual, atau memperdagangkan macam-macam komoditas dan barang, termasuk elektronik, pakaian, kosmetik, produk kecantikan, dan kebutuhan sehari-hari. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat yaitu salah satunya selalu berusaha memberikan penampilan, pelayanan, dan pemuasan yang terbaik kepada konsumen agar menciptakan keamanan dan kenyamanan kepada konsumen sehingga dapat mempengaruhi minat konsumen dalam membeli produknya secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh islamic branding, e-service quality, dan e-lifestyle berpengaruh terhadap minat beli online melalui aplikasi shopee.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 75 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa islamic branding, e-service quality, dan e-lifestyle berpengaruh terhadap minat beli online melalui aplikasi shopee. Kemudian secara simultan, islamic branding, e-service quality, dan e-lifestyle juga berpengaruh terhadap minat beli online melalui aplikasi shopee.
Kata kunci: Islamic Branding, E-Service Quality, dan E-Lifestyle
DAFTAR PUSTAKA :
Assael. (2010). Consumer Behavior and Marketing Action (Fifth Edition ed.). Chincinnati Ohio: South-Western College Publishing.
Bitner, M. J., & Zeithaml, V. A. (1996). Services Marketing (Vol. 1). Boston: Mc Graw Hill.
Chase, Jacob, dan Aquilano. (2006). Operations Management for Competitive Advantage, New York: McGraw Hill,
Chew. (2012). Brand Management. Jakarta: Indeks
Djarwanto. (1994). Pokok – Pokok Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran (II ed.). Yogyakarta: BPFE.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitiaan Kualitatif :Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, & Syafri. (2008). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta, DKI Jakarta Indonesia: Raja Grafindo Persada.
Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ke-13 Jilid 1, Yogyakarta: Erlangga. hlm. 186
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta:Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Laudon, K.C., & Traver, C.G. (2017). E- Commerce Business, Technology, Society, 12th Edition. England: British Library Catalohuint-in.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Kelima ed.). Jakarta: Erlangga.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Schifman, & Kanuk. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 12). Jakarta: Erlangga.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: Indeks.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D... hlm. 81
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2003), hlm. 60
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Cet Ke-18, (Bandung: Alfabeta, 2014), hlm.17
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta. hlm. 64
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. hlm.99
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Barriyah, K., & Suyanto, A. M. A. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Minat Beli Pengunjung Toko Online Shopee. co. id: Effect Of E-service Quality On Purchase Intention Visitor Online Store Shopee. co. id. eProceedings of Management, 6(1).
Bharwana, T. K., Bashir, M., & Mohsin, M. (2013). Impact of Service Quality on Customers’ Satisfaction : A Study from Service Sector especially Private Collages of Faisalabad, Punjab, Pakistan, International Journal of Scientific and Research Publications, Vol 3, Issue 5. International Journal of Scientific and Research, 3(5).
Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh online customer review and rating, e-service quality dan price terhadap minat beli pada online marketplace shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang). In UMMagelang Conference Series (pp. 684-693).
Dolatabadi, Hossein Rezaei; Ali Kazemi; dan Nima Soltani Rad, (2012), “The impact of brand personality on product sale through brand equity, “International Journal of Academic Research in Bussiness and Social Science
Fajriani, F. N., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Perceived Value, E-lifestyle, Dan Promosi Online Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Kai Access Di Indonesia. ProBank, 5(1), 68-82.
Fitriya ,Elok. (2017). Analisis Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk,” Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia 2, no. 1: 32.
Hidayati, D. A. (2018). Analisis pengaruh Islamic branding dan nilai religiusitas terhadap keputusan konsumen muslim dalam pemilihan hotel: studi kasus pada Hotel Semesta Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).
Kim, D. J., Ferrin, D. L., dan Rao, H. R. (2008). A Trust-based Consumer Decisionmaking Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decicion Support Systems, 544-564.
Koshksaray, dkk. (2015). The Relationship Between E-lifestyle and Internet Advertising Avoidance, Australasian Marketing Jurnal. Vol 23.
Luthfiana, N. A., & Hadi, S. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 97-104.
Maulana, R., & Kurniawati, K. (2014). Pengaruh Kualitas E-Service terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Website Koren Denim). Jurnal Manajemen Maranatha, 13(2).
Meldarianda, R. dan Lisan, H. (2010). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 17 (2) hal 97-108.
Maulani, A.I., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Preceived Value, E-trust Dan E-lifestyle Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Statisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada KOnsumen Tokopedia Di Kota Jakarta). eProceeding of Management, 7(3).
Nasrullah, M. (2015). Islamic branding, Religiusitas dan keputusan konsumen terhadap produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79-87.
Nikmatul Rohmah, E., Mubyarto, N., & Fielnanda, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic branding dan Produk Ingredients Terhadap Minat Beli Luwak White Coffie Pada Masyarakat Desa Danau Kecematan Pelepat Kabupaten Bungo (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Nugraha, B. A. (2013). Persepsi Terhadap Store Atmosphere Dengan Minat Beli Konsumen Di Hypermarket. Jurnal Online Psikologi. Vol. 1(2), hal 515-528.
Ogilvy Noor (2010). Brands and Muslim Consumers. Keynotes address by Miles Young, CEO Ogilvy & Mather Worldwide, Oxford Global Islamic Branding and Marketing
Pertiwi, I. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kreativitas Iklan dan Islamic Branding Terhadap Minat Beli Online di Shopee (Studi Kasus Generasi Milenial di Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Prihanti, D. (2019). Pengaruh E-Service Quality, Islamic branding Dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Shopee di Indonesia) (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).
Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer.
Putri, Sri Rahmi, and Rizki Amalia. (2018). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 3, No. 2 75-83.
Rif'adah, Y. (2019). Pengaruh Islamic Endorsement dan Islamic branding Terhadap Minat Beli Di Media Sosial Instagram Safi Indonesia (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Ranto. (2013). Menciptakan Islamic branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen, JBMA, Vol. 1, No. 2,
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563-1571.
Sari, I. D., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh e-gaya hidup, trend fashion, dan customer experience terhadap impulse buying produk fashion konsumen. AKUNTABEL, 18(4), 683-690
Sri Damayanti, R. (2019). Pengaruh Online Customer Review And Rating, Eservice Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Panigoro, A., & Rahayu, A. R. V. (2018).Analisis E-lifestyle dan E-Word Of Mouth terhadap Repurchase Intention Secara Online (Survei pada pelanggan produk fashion online Berrybenka di Fan Page Instagram). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis-Vol, 9(1).
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Jurnal manajemen dan bisnis sriwijaya, 14(2), 155-168.
Sukron, A. R. M. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Islamic branding dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).
Sunyoto, D (2013). Teori, Kuesioner dan Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu. hlm. 53
Susanti, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Islamic branding, Dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang (Doctoral dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (Vol. 2). Yogyakarta: Andi.
Yu, C. S., (2011), Construction and validation of an e-lifestyle instrument, Internet Research, 21(3), 214-235.
Yusuf, Muri. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana. hlm. 150-151
(https://openlibrary.telkomuniversityac.id>diakses pada tanggal 11 Juni 2021)
23SK2341352.00 | SK EKOS 23.352 RIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain