SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran UMKM di Masa Covid-19 Dan Pengaruhnya Terhadap Sustainability Usaha Kuliner (Studi Pada Taichan Bang Kirun Kota Pekalongan)
Fenomena Covid-19 menyebabkan kecemasan di masyarakat karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya pada kesehatan saja, tetapi turut menyebabkan economic shock. Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan seperti social distancing, namun disisi lain kebijakan tersebut menyebabkan pelaku usaha yang sudah berjalan mengalami penurunan produktivitas oleh karena itu pelaku usaha kuliner membutuhkan strategi yang tepat untuk tetap bertahan serta menjaga sustainability usaha kulinernya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pelaku usaha muslim dimasa Covid-19 dan mengetahui adanya peran strategi pemasaran yang diterapkan pelaku usaha Muslim dimasa Covid-19 terhadap keberlanjutan usaha kuliner Taichan Bangkirun di Kota Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informannya yaitu pemilik usaha muslim yang benar-benar tahu dan menguasai masalah penelitian guna melengkapi data. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel di peroleh melalui kriteria yang sudah ditentukan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha muslim Taichan Bangkirun yang dijalankan yaitu dapat mengidentifikasi pasar produknya dengan baik melalui aspek pasar dan pemasaran yaitu segmentation, targeting dan positioning. Taichan Bangkirun di Kota Pekalongan juga sudah melakukan beberapa penyesuaian strategi pemasaran yang tepat dimasa Covid-19 seperti strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi yang sudah disesuaikan dengan kondisi saat ini, sehingga usaha yang dijalankan dapat mempertahankan eksistensi bisnisnya dimasa Covid-19 dan dapat berlanjut (sutainability).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Covid-19, Keberlanjutan, Kuliner
DAFTAR PUSTAKA :
Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Umkm Serta Strategi E-Marketing Umkm Di Indonesia [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]. http://repository.uinsu.ac.id/10168/
Aliyani Firdaus, S., Fadilah Ilham, I., Putri Aqidah, L., Aliyani Firdaus, S., Agung Dwi Astuti, S., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62
Apriliani, M. F. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan Umkm Batik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 761–776.
Arnawa, G. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Umkm Dwi Jati Desa Sari Mekar). 9(1), 96–111.
Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=baTXDwAAQBAJ
Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. 17, 6–13.
Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525
Intan, A. (2023). Konsep Maqoshid Syariah dalam Sustainability Business Pasca Kenaikan. 6(1), 1–15.
Irham Ilahi, M. (2019). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam terhadap Peningkatkan Penjualan pada Toko Chocolicious Indonesia [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar].
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/16368
Jaelani Chafidz Nur Shihab, Nur Hidayati, M. R. B. (2021). Pelaksanaan Strategi Marketing Mix Yang Efektif Dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Pemasaran Masa Pandemi Covid-19 Pada Cv. Sarjana Tembakau Malang. Jurnal Riset Manajemen, 10, 108–121.
Kurniati, L. (2021). Strategi Produk Dan Harga Usaha Mikro Kecil Menengah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Raden Fatah Selebar Kota Bengkulu) [Nstitut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7160
Liswati, S. K. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Komputer Jaringan SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dBIVEAAAQBAJ
Ma’sumah, S. (2019). Kumpulan Cara Analisi Data: Beserta Contoh Judul dan Hipotesis Penelitian. Cv. Rizquna.
Mas’adah, Asngadi, & Hirmantoro, A. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus UMKM di Kawasan Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang (MSME Marketing Strategy during the Covid-19 Pandemic: Case study of UMKM in the Area of Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 43–48.
Mashuri, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.175
Petri, M. M. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Prastiwi, Q. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery Medan. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2869
Purnama, T. D., Juliansyah, V., & Chainar. (2020). Pandemi Covid-19, Perubahan Sosial Dan Konsekuensinya Pada Masyarakat. Ilmu Sosial Dan Humanior, 25(1), 61–80.
Putri, L. N. S., & Susilowati, I. H. (2017). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Zizara Depok. Cakrawala, XVII(2), 226–236.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2544/1800
Rizal, N. Y. (2021). Pandemi Covid-19 Mengakibatkan Melemahnya Usah Mirko, Kecil, dan Menengan di Wilayah Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1553–1558. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/279
Rojali, A. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner Pedagang Kaki Lima Pada Pajak Inpres Pasar 3 Kecamatan Medan Denai [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara].
http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7538
Romadlon, F. (2020). Mendefinisikan Ulang Pola Pembelajaran Daring: Antara Sharing Knowledge dan Transfer Etika. In COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif.
Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.
Seruni, Y. (2021). Strategi Marketing Mix Terhadap Eksistensi Usaha Resto Dapoer Mamah Ita Pekanbaru Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Ekonomi Islam.
Setiyadi, S., Amar, K., & Aji, T. (2018). Ukm Kuliner Dengan Menggunakan Metode Swot - AHP. 10(2), 68–77.
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217.
https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86.
https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 46–58.
Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 2(1), 147–153. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand
Widayanti, R., Damayanti, R., & Marwanti, F. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada Umkm Desa Jatisari. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 153. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1399
Yanuar, D. (2016). Dony Yanuar Analisis Kelayakan Bisnis Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar , Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang Dony Yanuar Analisis Kelayakan Bisnis. II(1), 41–51.
Yuniarta, S. N. (2021). Strategi Perbaikan Kualitas Produk Dan Pelayanan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Kota Bengkulu) [Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu
Bengkulu]. In Strategi Perbaikan Kualitas Produk Dan Pelayanan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Kota Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7167
23SK2341350.00 | SK EKOS 23.350 SEK s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain