SKRIPSI EKOS
Pengaruh Gaya Hidup Dan Fashion Involvement Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Muslim Dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Gaya hidup merupakan pola hidup seseorang dalam mengekspresikan diri dalam bentuk aktivitas, minat dan opininya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam menjalani hidup. Fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dalam penampilan kehidupan sehari-hari. Penampilan menjadi hal awal yang akan dipandang seseorang apakah orang tersebut trendy ataupun tidak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan fashion involvement terhadap keputusan pembelian dengan religiositas sebagai variabel moderasi pada Mahasiswa Fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN K.H Abdurrahman Wahid.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan uji MRA dengan SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan fashion involvement memiliki pengaruh yang simultan. Secara parsial gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Fashion involvement tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel religiositas tidak memoderasi baik gaya hidup maupun fashion involvemenent terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid.
Kata kunci : gaya hidup, fashion involvement, keputusan pembelian, religiositas
DAFTAR PUSTAKA :
Agustin, D.N dan Hakim, L. 2022. Peran religiositas sebagai variael moderating pengetahuan, persepsi produk syariah dan literasi keuangan terhadap minat investasi syariah. Jurnal pendidikan akuntansi vol 10. No 2.
Anton, Bawono. 2011. Kontribusi religiositas dalam perilaku pengambilan konsumsi. Jurnal muqtasid volume 2 nomor 1. Hal 115 – 134.
Artanti, Yessy dan Fitria Sarah. 2020. Pengaruh Religiusitas dan kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen islam. Vol 8 no 1.
Fauziyyah, Astri N dan Oktavani Farah. 2018. Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Behavior (Studi pada Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnias dan Manajemen. Vol 8 no 1.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss 25. Semarang : Badan penerbit undip
Granite, S.O dan Fikry Z. 2021. Hubungan religiositas dengan gaya hidup hedonism yang ditampilkan mahasiswa muslim universitas negeri padang di Instagram. Jurnal pendidikan tambusai. Vol 5 no 2.
Gulo,w. Metodologi Penelitian. PT. Gramedia widiasarana Indonesia : Jakarta
Hardani. (2020). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta : Pustaka ilmu
Harjawati Tri, dan Ibnunas Bintang. 2021. Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk halal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vo 1 no 2.
Hermanto, E.Y. 2016. Pengaruh fashion involvement terhadap impulsive buying behaviour masyarakat Surabaya dengan hedonic shopping motivation dan positive emotion sebagai variabel intervening pada merek zara. Jurnal manajemen pemasaran. Vol 10.no 1.
Hidayat, rahmat dan Triyanti inggis kusni. 2018. Pengaruh fashion involvement dan shopping life style terhadap impulsive buying mahasiswa politeknik negeri batam.journal of applied business
administration vol 2 no 2, hlm 09-15.
Hilman Hakiem dkk. 2021. Pengaruh religiusitas, gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian produk busana muslim di marketplace. Jurnal kajian ekonomi dan bisnis islam. Vol 4. No.2
Ibnunas, bintang ghaliyan. 2020. Pengaruh religiusitas terhadap minat pembelian produk halal.(studi kasus pada CNI Street food dijakarta barat). Skripsi. UIN syarif hidayatullah Jakarta.
Ibrahim, Andi dkk. 2018. Metode Penelitian. E-book.
Imbayani. 2018. Pengaruh shopping life style, fashion involvement dan positive emotion terhadap impulsive buying. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis. Volume 3, no 2
Imamudin. 2017. Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan mahasiswa Iain Bukit Tinggi T.A. 2016/2017. Jurnal of Ekonomies Studies. Vol 1 no 1
Imamudin dan syahrul. 2020. Pengaruh label halal dimoderasi religiositas terhadap keputusan pembelian produk kemasan oleh mahasiswa PTKIN se-sumatra barat. Kibalah journal of social community. Vol 5. No 1.
Isa,Muhammad dkk. 2020. Pengaruh religiositas dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada rahmat syariah swalayan city walk padangsidimpuan. Journal ekonomi dan ekonomi syariah.
Vol 3, no 1.
Japarianto, E & Sugiono, S. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulsif Buying Behavior Masyarakat Hight Income Surabaya. Journal Manajemen Pemasaran. 6 (1). Pp 31-41
Liana, L. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel modereating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Jurnal teknologi informasi dinamik. Volume XIV, no 2.
Madeira, J.B.S. 2018. Pengaruh fashion involvement terhadap pembelian impulsive pada produk fashion yang dimediasi oleh emosi positif. Uin sanata dharma. Yogyakarta.
Malau, Desi Ita. 2016. Pengaruh gaya hidup terhadap keputusn pembelian fesyen dengan iklan sebagai variabel moderasi. (studi kasus pada wanita generasi Y di salatiga). Universitas Kristen satya wacana
Meliani, A dkk. 2021. Pengaruh religiositas, gaya hidup, dan harga terhadap keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian produk busana muslim di marketplace. Jurnal kajian ekonomi & bisnis islam. Volume 4 no 2.
Sari, C.N dkk. 2020. Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah menabung dengan religiositas sebagai variabel moderasi. Al-masharif; jurnal ilmu ekonomi dan keislaman. Vol 8 no 2. Hal 312-327.
Septiana, R. 2018. Pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan promosi penjualan terhadap impulse buying behaviour ( studi kasus pembelian hijab pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah angkatan 2015 iain pekalongan). Iain pekalongan. Pekalongan.
Setiadi, nugroho j. (2013). Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan dan keinginan konsumen edisi revisi. Jakarta : kencana prenada media groub.
Setiadi, nugroho j. (2003). Perilaku konsumen: konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta : kencana.
Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : alfabeta, CV
Sugiono. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta
Panjaitan Ria. 2021. Peranan religiusitas sebagai variabel moderasi dalam hubungan pengalaman bertransaksi online terhadap kepuasan nasabah perbankan syariah. Jurnal ekonomi. Vol 12 no.1.
Prastiwi, Yuanita Nur. 2018. Pengaruh Label Halal dan Citra merek Terhadap perilaku Pembelian Kosmetik Sariayu dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Priyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif. Zifatama Publisingg: Sidoarjo.
Purnama, S dkk. 2021. Peranan religiositas sebagai variabel moderasi dalam hubungan pengalaman bertransaksi online terhadap kepuasan nasabah perbankan syariah. Jurnal ekonomi: journal of economic. Volunme 12. No 1
Putra, Zarobbi Maulana. 2022. Pengaruh Religiusitas, Store Amosphere, dan Service Quality terhadap keputusan pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai variabel moderasi ( Studi pada Konsumen Toko Basmalah Madura). Skripsi. UIN maulana Malik Ibrahim.
Putra, Z.M. 2022. Pengaruh religiositas, store atmosphere dan service quality terhadap keputusan pembelian dengan pengetahuan konsumen sebagai variabel moderasi (studi pada konsumen took basmalah Madura. Uin maulana malik malang. Malang.
Putri Ivon Sandya sari. 2020. Pengeruh religiusitas terhadap pemilihan pakaian pada wanita muslim. Jurnal riset bisnis dan investasi. Vol 6 no. 1
Rachman risana. 2016. Religiusitas dengan gaya hidup hedonism: sebuah gambaran pada mahasiswa universias syiah kuala. Jurnal psikologi. Vol 12. No.2
Ristiana Ervia. 2016. Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja, dan Ketertarikan Fashion terhadap perilaku pembelian impulsive pakaian sistribution store (distro) di Yogyakarta). Skripsi universitas negeri Yogyakarta.
Sadzalia, shovi. 2015. Pengaruh label halal dan religiositas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik dikota malang. Uin maulana malik malang. Malang.
Siyono, S, dan sodik, M, A. 2015. Dasar metode penelitian. Sleman : literasi media publishing.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi media publishing: Yogyakarta.
Srianita wanda. 2021. Pengaruh promosi, lokasi dan religiusitas terhadap keputusan pembelian berbelanja di 212 mart lampriet aceh. Skripsi UIN Ar- Raniry banda aceh.
Sucidha, Irma. 2019. Pengaruh fashion involvement, shopping lifestyle, hedonic shopping value dan positive emotion terhadap impulsive buying produk fashion pada pelanggan duta mall Banjarmasin.
Jurnal at-tadbir ilmiah manajemen. Vol 3 no 1.
Syahrum dan Salim. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Cita Pustaka Media : Bandung.
Temaja, I Kim dkk. 2015. Pengaruh Fashion Involvement ,atsmosfer toko, dan Promosi penjualan Terhadap Impulsive Buying pada Matahari Departemen Store di Kota Denpasar. E-journal Manajemen Unud.
Vol 4 no 6.
Trimulyni, Dessy. 2020. Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Muslimah di Kecamatan Tembilahan. Skripsi. STAI Auliaurrasyidin.
Triyanti, Inggit Kusni dan Hidayat Rahmat. 2018. Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Polieknik Negeri Batam. Journal of applied Bussiness Administration. Vol 2 no1.
Tumangger Ropita dkk. 2020. Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulsive Buying behaviour masyarakat high Incomexed di Fashion house 10 Tasbih 1 Medan. JIMBI. Vol 1 no 2.
Vristiyana, Visca Mirza. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Peilaian Produk Halal dan Minat Pembelian Produk Halal. Jurnal Unissula.
Yulianto, E. 2015. Pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian (surve mahasiswa s1 fakultas ilmu administrasi angkatan 2014-2015 universitas brawijaya malang yang membeli dan menggunakan smartphone iphone) universitas brawijaya malang, 50 (2), 180-189.
23SK2341346.00 | SK EKOS 23.346 IPU p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain