SKRIPSI EKOS
Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Inklusi Keuangan, Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Transaksi Berbasis Digital Quick Response Indonesian Standard (QRIS) (Studi Pedagang Muslim di UPTD Pasar Kajen Kabupaten Pekalongan)
Quick Response Indonesia Standard (QRIS) merupakan program dari BI sebagai wujud standarisasi nasional transaksi elektronik dengan kode QR agar proses transaksi pembayaran lebih efisien, aman, dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan digital (X1), inklusi keuangan (X2), dan tingkat kepercayaan (X3) terhadap minat transaksi digital berbasis QRIS (Y) pada pedagang muslim di Pasar Kajen Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbasis data numerik dengan jenis penelitian ini adalah field research. Sampel pada penelitian ini sebanyak 116 pedagang dari 5 klaster jenis dagangan (fashion, makanan, perhiasan, sembako, dan perabotan). Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel literasi keuangan digital (X1) dan kepercayaan (X3) secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap minat transaksi digital berbasis QRIS (Y), sedangkan inklusi keuangan (X2) tidak berpengaruh. Secara simultan ketiga variabel bebas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat transaksi digital berbasis QRIS (Y).
Kata kunci: Literasi Keuangan Digital, Inklusi Keuangan, Kepercayaan, Minat Transaksi Digital, QRIS, dan UMKM.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, H. (2018). Analisis Penerapan Brilink di Bank BRI Kota Madiun Sebagai Mendorong Financial Inclusion. Jurnal Akuntansi Vol. 1 No. 2, 211-247.
Aini, D. N. (2021). Analisis Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Bagi Pemilik UMKM Di Kecamatan Cipinang Besar Selatan. Skripsi Thesis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi INdonesia.
Ajzen, I. (1991). Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes Vol. 50 No. 2, 179-211.
Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan: Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.9, No.2, 156-171.
Arif, N. R., & Amalia, E. (2010). Teori Mikro Ekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana.
Bank Indonesia. (2014). Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/8/PBI/2014 tentang Perubahan atas Peraturan BI No 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik Peraturan BI No 16/8/PBI/2014. Retrieved Februari 29, 2022, from Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistempembayaran/Pages/PBI 16814.aspx
Bongomin, G. O., Munene, J. C., Ntayi, J. M., & Malinga, C. A. (2017). Financial Literacy in Emerging Economies : Do All Components Matter for Financial Inclusion of Poor Households in Rural Uganda?
Manajerial Finance, Vol. 43 No. 12, 1310-1331.
Chotimah, C. F. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Penawaran, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat menggunakan Aplikasi Pembayaran Online OVO di Miniso Pekalongan. Skripsi IAIN Pekalongan.
Desvronita. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet Menggunakan TAM. Jurnal Akmenika, Vol. 18 No. 2, 1-14.
Diana, N. I. (2012). Hadis-Hadis Ekonomi. Malang: UIN Maliki Press.
Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis (Panduan Komprehensif Langkah demi Langkah Penelitian Untuk Skripsi, Thesis, dan Disertasi, Cet 1. Bogor: Penerbit Galia Indonesia.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Semarang: Universitas Diponegoro.
Hanina, A. (2021). Efektivitas Penggunaan QRIS Pada Transaksi Penjualan Potato Life Di Roxy Jember. Skripsi UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Hasan, H. (2021, November 21). Peran Dan Kesiapan UMKM Jelang Era Society 5.0 di Indonesia. Retrieved from https://identitasunhas.com/Peran-dan-Kesiapan-UMKM-Jelang-Era-Society-5.0-di-Indonesia/
Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan Umkm Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiatar. EKUILNOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 3 No. 2, 94-103.
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2021, November 10). Digitalisasi Mengakselerasi Transformasi Menuju Ekonomi Baru Dengan Nilai tambah Daya Saing yang Lebih Tinggi. Retrieved Juni 28, 2022, from Digitalisasi Mengakselerasi Transformasi Menuju Ekonomi Baru dengan Nilai Tambah Daya Saing Yang Lebih Tinggi: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3434/digitalisasi-mengakselerasi-transformasi-menuju-ekonomi-baru-dengan-nilai-tambah-dan-daya-saing-yang-lebih-tinggi
Kresna, R. B., & Maria, N. S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Pendapatan dan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Pada Pelaku UMKM Di Kecamatan Temanggung. Skripsi Ekonomika dan Bisnis Universitas diponegoro .
Kusdimanto, B., Sri, N., Assya’if, I. L., & Mulyantini, S. (2022). Review Peran Inklusi Keuangan Berbasis Fintech Dan Perilaku Keuangan . Jurnal Publikasi Manajemen Informatika , 50-60.
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An Integrative Model Of Organization Trust. The Academy Of Management Review, Vol.20 No.3, 709-734.
Nasution, R. A. (2021). Analisi Persepsi Pedagang Pada Penggunaan QRIS Sebagai Alat Transaksi UMKM di Kota Medan. Skripsi UIN Sumatera Utara.
Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi UMKM, Literasi keuangan, dan Kinerja Keuangan: studi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Business and Banking, Vol. 11 No. 1, 73-92.
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Survei nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Retrieved April 20, 2022, from www.ojk.go.id
Palupi, A. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemudahan Pengguna Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan QRIS Pada UMKM di Kecamatan Beji dan Sukamajaya Kota Depok. Skripsi Politeknik Negeri Jakarta.
Pratama, R., hadady, H., & Bailusy, M. N. (2022). Determinants of Use Indonesian Standard Quick Response Indonesian Standard (QRIS) on MSMEs in Ternate City. Budapest International Research and Crities Institute (BIRCI-Journal) , Vol. 5 No. 2, 10384-10392.
Priyono, A. (2019). Analisis Pengaruh Trust dan Risk dalam Penerimaan Teknologi Dompet Elektronik GoPay. JUrnal Siasat Bisnis, Vol. 21 No. 1, 88-106.
Putri, L. P., & Christina, I. (2021). Peran Financial Technology Dalam Membantu UMKM di Tengah Pandemi Covid 19. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Vol. 21 No. 1, 57-63.
Sanistasya, P. A., Rahardjo, K., & Iqbal, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Kecil di Kalimantan Timur. Jurnal Economia , Volume 14, Nomor 1, 48-59.
Santika, A., Aliyani, R., & Mintarsih, R. (2022). Persepsi dan Intensi Pelaku UMKM Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Sistem Pembayaran Digital Di Kota Tasikmalaya. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan Vol. 2 Issue 4, 61-70.
Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman , Vol. 17 No. 2 1-11.
Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Sidoharjo. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9 No. 8, 3214-3236.
Sihaloho, J. I., Ramadani, A., & Rahmyanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 17 No. 2, 287-297.
Singgih, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soetiono, K. S., & Setiawan, C. (2018). Literasi Dan Inklusi Keuangan Indonesia Edisi 1 Cet. 1. Depok: Rajawali Pers.
Suci, R. P. (2019). Strategi Manajemen UMKM Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Malang: CV IRDH.
Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen Z). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 52 No. 1, 8-15.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Supit, H. A., & Darma, G. S. (2018). Aplikasi Mobile Trading Monex Guna Mendukung Customer Relationshio Management. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 15 No. 1, 46-60.
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen Di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syifa, M., & Ratnasari, R. T. (2020). The Effect Of Trust and Service Convenience On Behavioral Intention To Utilize Online Service Of Amil Zakat Institution. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol. 7 No. 9, 1831-1839.
Tamba, D. (2019). Aplikasi Theory Of Panned Behavioy Untuk Memprediksi Perilaku Mahasiswa Membeli Laptop Lenovo (Studi Kasus: Mahasiswa FE-Unika Santo Thomas SU). Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 17 No. 2, 119-145.
Tuhepaly, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Promosi, dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan OVO. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 10 No. 6, 1-14.
Wahidah, D. S. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Persepsi keamanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Internet Banking: Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderating. Skripsi Universiatas Muhammadiyah Surakarta.
Widayanti, D. (2022). Efektifitas dan Efisiensi Sistem Pembayaran Non Tunai QRIS Dalam Mempengaruhi Inklusi Keuangan Menurut Perspektif Islam (studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Skripsi UIN Raden Intan Lampung.
Widokarti, J. R., & Priansa, D. J. (2019). Konsumen, Pemasaran, Komunikasi Kontemporer. Bandung: CV Pustaka Setia.
23SK2341345.00 | SK EKOS 23.345 SEK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain