SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Minat Nasabah Untuk Mengambil Pembiayaan Murabahah Pada BTPN Syariah (Studi Kasus BTPN Syariah Desa Medayu Kec. Watukumpul Kab. Pemalang)
BTPN merupakan salah satu solusi untuk membatu pemerintah dalam mengembangkan UMKM dengan cara memberikan pelatihan bagi pelaku usaha mikro. BTPN Syariah mempunyai pemikiran bahwa pembiayaan terhadap prasejahtera akan berkembang kedepan, hal ini dikarenakan masih sedikitnya penyaluran pembiyayaan oleh bank-bank kepada prasejahtera.beranggotakan minimal 5 orang untuk menjaring para debitur dengan tujuan untuk memperoleh pembiayaan berjenis akad murabahah.BTPN Syariah desa medayu mempunyai syarat utama dalam pengambilan pembiayaan tanggung renteng yaitu setiap nasabah yang akan melakukan pengambilan pembiayaan tanggung renteng harus membentuk kelompok. Kelompok nasabah tersebut terdiri dari 5-10 anggota. Maka dari itu bank BTPN syariah membuka kelompok tanggung rentang awalya di kecamatan kandangserang Kab. Pekalongan karena sudah sangat banyak nasabah kemudian membuka cabang lagi di kecamatan Watukumpul salah satunya di desa medayu mulai dari tahun 2020 disitulah nasabah sangat tertarik dengan sistem pada BTPN syariah hampir dua tahun lebih jumlah nasabah mencapai 93 nasabah yang mengambil pembiayaan di bank BTPN syariah. Kualitas pelayanan bisa menjadi sebuah faktor utama untuk mengambil sebuah pembiayaan.Produk yaitu segala sesuatu yang berupa tawaran, permintaan yang dapat memenuhi kehidupan manusia dan bernilai.
BTPN Syariah merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat muslim dalam mengambil produk perbankan yang berbasis syariah. Salah satu produk yang mendominasi dari perbankan syariah adalah Pembiayaan murabahah, karena produk ini mempunyai resiko yang kecil.Penelitian ini menggunakan jenis penelitianlapangan Field reseachdengan pendekatan penelitian kuantitatif.Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah untuk mengambil pembiayaan murabahah pada BTPN Syariah Cabang Medayu Kec. Watukumpul Kab. Pemalang. variabel produk berpengaruh terhadap minat nasabah untuk mengambil pembiayaan murabahah pada BTPN Syariah Cabang Medayu kec. Watukumpul kab. Pemalang. secara simultan kualitas pelayanan dan produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk mengambil pembiayaan murabahah pada BTPN Syariah Cabang Medayu Kec. Watukumpul Kab Pemalang.
Kata Kunci :BTPN Syariah, Kulitas pelayanan, Produk
DAFTAR PUSTAKA :
Aan levya. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Pembiayaan MurābaḤah DanPembagian Nisbah Mudhārabah Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bri Syariah Ponorogo. Skripsi. Iain Ponorogo.
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. (Jakarta: Kencana).
Ghufron, Aziz Abdul. 2020. Pengaruh Keunggulan Produk Pembiayaan Murabahah Rahndan Penerapan Nilai-Nilai Islam Dengan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT.BPR Syariah, Jurnal Of Sharia. Vol.2. No.2.
Gusti, Lukytta, dkk. 2020.Pengaruh Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Sulselbar Cabang Syariah MAKASSAR, Jurnal Mirai Management Terakreditasi Nasional e-ISSN : 2597 – 4084.nVol 6 No.1.
Hasan,Ali. 2010. Marketing Bank Syariah.(Ghalia Indonesia).
Hagnyana, Aji tanu.2021. Peran Simpan Pinjam BTPN Syariah CabangMayang Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam.Skripsi. Universitas Jember.
Hakim Lukmanul, 2017, Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Dalam Perspektif Hukum Di Indonesia, Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, Vol. 1, No. 2.
Janah, Miftahul. 2019. Pengaruh Tingkat Kulitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Pemanfaatan Produk Bank Bri Syariah Kota Palopo. Skripsi.IAIN Palopo.
MarsheresAnce.2019, Pengaruh Pelayanan Dan Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Bmt Al-Muawanah Iain Bengkulu.Skripsi.IAINBengkulu.
Muharomah, Laelatuh. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT Natijatul Umat Babadan Ponorogo.(Ponorogo: IAIN Ponorogo).
Pangestu subagyo. 2005, statistic indukatif edisi 5,( Yogyakarta: BPFE).
Pramudya, Fitri Novianti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Pembiayaan Ar-Rum Di Pegadaian Syariah.Skripsi.UIN Raden Intan.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistic Data Dengan Spss. (Jakarta: Media Kom).
Putri, Yulia Larasati.2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, Among Makarti.Vol.10 No.19.
Rahmadina, rahmah.2020.Pengaruh Program BTPN SYARIAH Terhadappendapatan Masyarakat Miskin Kecamatan Camplungan. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Sosial Budaya Islam.5. 1.
Ramadhan, Dimas Syahri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Dalam PembiayaanMudharabah Pada Bmt Al-Aqobah Pusri Palembang, Thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Samosir, Zurni Zahara. 2006. Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasaan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan Usu. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol 1, No. 1.
Sari novita. (2018). Fungsi Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Banyumas Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial.(Bandung: PT Revika Aditama).
Sirma, Rinida Piscis Elvita. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, DanPhysical Evidence Terhadap Minat Beli Pada Produk Pembiayaan Modal Usaha Di Perbankan Syariah (Studi Pada Pedagang Pasar Panorama Kota Bengkulu), Skripsi.IAIN Bengkulu.
Sugion. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi Dan Uji Hipotesis. (Yogyakarka: CAPS).
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Manajemen dan Ekonomi Islam. (Jakarta: Prenadamedia Grup).
Syahrizal, Dhani. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kulalitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Bri Syariah Ponorogo, Skripsi. .IAIN Ponorogo.
Vitriana, Dwi. 2018, Pengaruh Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Mengambil Kredit Di PT. BTPN Syariah ( Persero). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Wandira, Ayu. 2018. Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap MinatNasabah Menabung Di Bank Syari’ah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Teluk Betung Bandar Lampung).Thesis.UIN Raden Intan.
Priyadi, unggul. 2021. Aplikasi akad syariah. (yogyakarta: Upp stim ykpn).
Ikit.2018. Manajemen dana bank syariah. (yogyakarta: gava media).
Kasmir. 2005. Pemasaran bank. ( jakarta: kencana).
Sufiati mila. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Tinkat Kepuasan Nasabah. Skripsi.Ar-Raniry Banda Aceh.
Tony wijaya.2013. metodologi penelitian ekonomi dan bisnis. (yogyakarta: graha ilmu).
Sujarweni wiratna. 2015. Statistik untuk bisnis dan ekonomi. (yogyakarta:pustaka baru press)
23SK2341343.00 | SK EKOS 23.343 DIK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain