SKRIPSI PBS
Pengaruh E-Trust dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Mobile Banking Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat Pekalongan Pengguna Mobile Banking Syariah)
Loyalitas merupakan kondisi psikologis yang berkaitan dengan sikap terhadap produk, konsumen akan membentuk keyakinan, menetapkan suka dan tidak suka, dan memutuskan apakah mereka ingin membeli produk. E-trust merupakan kecenderungan seseorang untuk mempercayai sesuatu dan bertindak sesuai perkataan. Brand image adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan masukan dari berbagai informasi menjadi terciptanya suatu gambar yang memiliki arti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-trust dan brand image terhadap loyalitas nasabah menggunakan mobile banking syariah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada masyarakat pekalongan pengguna mobile banking syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan sampel dengan metode probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-trust berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,219 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Brand Image berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,461dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. E-Trust tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyaltas nasabah dengan nilai beta 0,084 dan signifikansi 0,258 > 0.05. Brand Image tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,135 dan signifikansi 0,143 > 0,05. Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,280 dan signifikansi 0,018 < 0,05. Kepuasan nasabah tidak memediasi pengaruh perbankan e-trust terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung = 1,967 < t tabel 1,98638. Kepuasan nasabah memediasi pengaruh brand image terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung = 2,873 > t tabel = 1,98638.
23SK2342055.00 | SK PBS 23.055 SIS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain