SKRIPSI PBS
Implementasi Strategi Customer Bonding Di KSPPS KOPSIM NU Cabang Batang Pada Masa Pandemi Covid-19
Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Agar dapat bertahan dalam persaingan antar perusahaan maka perlu adanya strategi. Ketika pandemi covid-19 perusahaan harus memiliki strategi khusus agar mampu bertahan pada masa pandemi. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi customer bonding. Strategi customer bonding merupakan sebuah strategi yang dilakukan perusahaan untuk mengikat pelanggan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui strategi customer bonding yang dilakukan di KSPPS KOPSIM NU Cabang Batang pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di KSPPS KOPSIM NU Cabang Batang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunkan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSPPS KOPSIM NU Cabang Batang pada masa pandemi menerapkan strategi customer bonding yaitu menurunkan bagi hasil pembiayaan manjadi 1%, memberikana keringan ketika kesulitan membayar angsuran, layanan jemput bola, serta melakukan proses customer bonding melalui awareness bonding, identity bonding, relationship bonding, community bonding dan advocacy bonding.
23SK2342052.00 | SK PBS 23.052 FAI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain