SKRIPSI PBS
Pengaruh Keberagaman Produk dan Citra Pegadaian terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening ( studi kasus pada pegadaian syariah cabang Ponolawen Pekalongan)
Loyalitas merupakan gambaran dari perilaku nasabah. Loyalitas dapat muncul karena adanya suatu kepuasan tersendiri yang dirasakan oleh nasabah. Menjaga loyalitas nasabah sangatlah penting karena dengan menjaga loyalitas tentunya berdampak untuk perkembangan perusahaan dalam jangka panjang. Secara tidak langsung, nasabah yang loyal akan memperkenalkan produk atau jasa yang digunakannya kepada orang-orang terdekat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pegadaian syariah cabang Ponolawen Pekalongan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, dengan pengambilan sampel purposive sampling. Kriteria purposive sampling pada penelitian ini yaitu nasabah yang sudah membeli atau menggunakan produk Pegadaian Syariah Cabang Ponolawen Pekalongan minimal satu kali pembelian. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) berdasarkan hasil uji t, keberagaman produk (X1) hipotesis pertama diterima bahwa variabel keberagaman produk berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah. (2) Berdasarkan uji t, variabel citra pegadaian (X2) hipotesis kedua diterima bahwa variabel citra pegadaian berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah. (3) Berdasarkan uji t, variabel keberagaman produk (X1) hipotesis ketiga diterima bahwa variabel keberagaman produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. (4) variabel citra pegadaian (X2) hipotesis keempat diterima bahwa variabel citra pegadaian berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. (5) Berdasarkan uji t, variabel kepuasan nasabah (Z) hipotesis kelima diterima bahwa variabel kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. (6) Berdasarkan uji hipotesis analisis jalur, hipotesis keenam diterima bahwa variabel kepuasan dapat memediasi keberagaman produk terhadap loyalitas nasabah. (7) Berdasarkan uji hipotesis analisis jalur, hipotesis ketujuh diterima bahwa variabel kepuasan dapat memediasi citra pegadaian terhadap loyalitas nasabah.
23SK2342048.00 | SK PBS 23.048 MIT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain