SKRIPSI EKOS
Strategi Sustainability UMKM Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Donat Family di Desa Pekuncen Kabupaten Pekalongan)
Keberlanjutan usaha (business sustainability) adalah pola konsistensi dalam operasi perusahaan yang mencakup pertumbuhan dan taktik yang dirancang untuk menjamin kelangsungan dan keberlanjutan operasi bisnis. Nilai keberlanjutan yang dimaksud menyiratkan adanya perubahan, inovasi, atau posisi penyesuaian entitas bisnis terhadap ketahanan pada aspek bahan baku, keberlanjutan produksi, dan pemasaran.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data, meliputi ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberlanjutan (sustainability) UMKM Donat Family pada masa pasca pandemi covid-19 dapat dikatakan bahwa sedikit demi sedikit mulai untuk bangkit kembali setelah mengalami krisis. Perubahan sistem manajemen usaha dari yang sebelumnya tradisional menjadi lebih mengikuti perkembangan pasar menyebabkan kestabilan dan kenaikan pada pendapatan serta penjualan produk. Strategi sustainability yang mengarah pada inovasi juga mulai gencar diterapkan oleh pemilik usaha untuk mempertahankan sustainability, diantaranya adalah srategi bahan baku, strategi proses produksi, strategi pengemasan, dan strategi digital marketing.
Kata kunci: Strategi, Keberlangsungan (sustainability), UMKM, dan pasca pandemi covid-19.
DAFTAR PUSTAKA :
Arifin, M. Z., Anshori, M., & Suliyono. (2022). Pemasaran Syariah Dalam Perspektif Hadits dan Aplikasinya Pada Perbankan Syariah. Jurnal Madani Syariah. Vol. 5 No. 2.
Amir, M.T. (2011). Manajemen Strategik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali
Asmuni & Siti Mujiatun. (2016). Bisnis Syariah (Suatu Alternatif Pengembangan Bisnis yang Humanistik dan Berkeadilan). Cet 3. Medan: Perdana Publishing.
Astusi, P. dan Qalyubi, I. (2021). Strategi Mempertahankan Keberlanjutan Usaha Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Masa Pandemi COVID-19 Di Palangka Raya. Jurnal Daun Lontar. Vol. 7 No.1.
Ari Widiawati. (2019). Perananan Kemasan Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM di Mas Pack Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Vol.8 No. 2.
Awali, H. dan Rohmah F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 2 No. 1.
Aziz, M., Hasan, M. Aziz, F., dan Arisah, N. (2021). Keberlanjutan Usaha dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran: Studi Kasus pada Bisnis Kuliner. Seminar Nasional Hasil Penelitian. ISBN: 978-623-387-014-6.
Bahtiar, R. A. (2020). Potensi , Peran Pemerintah , Dan Tantangan Dalam Pengembangan E-Commarce Di Indonesia (Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia). Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik. Vol. 11 No. 1. https://doi.org/10.22212/jekp.v11i1.1485
Cahyani, I. A. C., Pulawan, I. M., & Santini, N. M. (2019). Analisis Persediaan Bahan Baku Untuk Efektivitas dan Efesiensi Biaya Persediaan Bahan Baku Terhadap Kelancaran Proses Produksi pada Usaha Industri Tempe Murnisingaraja di Kabupaten Badung. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 18 No. 2. http://dx.doi.org/10.22225/ we.18.2.1165.116-125
Diana, N. I. (2012). Hadis-Hadis Ekonomi. Cet 3. Malang: UIN Maliki Press. Eddy Herjanto. (2015). Manajemen Operasi. Cet 3. Jakarta: Grafindo.
Evans, S., Vladimirova, D., Holgado, M., Van Fossen, K., Yang, M., Silva, E. A.,& Barlow, C. Y. (2017). Business model innovation for sustainability: Towards a unified perspective for creation of sustainable business models.101
Jurnal Business Strategy and the Environment. Vol. 26 No. 5.
Fred R. David. (2016). Manajemen Strategik. Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat. Poerwanto, G. H., Kristia, K., & Pranatasari, F. D. (2021). Praktik Model Bisnis
Berkelanjutan Pada Komunitas UMKM di Yogyakarta. Jurnal Research in Business and Economics. Vol. 2 No.2. https://doi.org/10.24071/exero.v2i2.4050
Hadi, S., dan Supardi. (2020). Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta. Jurnal Xi'an University of Architecture & Technology. Vol. 12 No. 4.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. E-Jurnal Poltekpos. Vol. 16 No. 1.
Handini, S., Suksesi., & Kanty, H. (2019). Manajemen UMKM Dan Koperasi. Cet1. Surabaya: Unitomo Press.
Herlin Herawati & Dewi Mulyani. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional Universitas Panca Marga Probolinggo.
Ica Rachmawati. (2021). Analisis Strategi Sustainability Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM di Sekitar Pasar Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Lampung
Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Aceh : Syiah Kuala University Press. Istianingsih, N., Salim, E., dan Defit, S. (2019). Strategi Sustainability UMKM
Pisang Sale di Kabupaten Bungo dengan Metode SWOT dan Analytic Hierarhy Process (AHP). Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science. ISSN: 2686-0260.
Istiatin & Yani, B. A. (2020). Strategi Menciptakan Keberlanjutan UMKM Gitar, di Ngrombo, Baki, Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi. Vol. 15 No. 1.
Jim Hoy Yam. (2020). Manajemen Strategi Konsep & Implementasi. Cet 2.Makassar: CV. Nas Media Pustaka.
Kerjasama LPPI dengan Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Mengengah (UMKM) (PBI No.17/12/PBI/2015). Dipetik juni 24,2022 dari https://www.bi.go.id/
Niken Lestari & Sulis Setianingsih. (2019). Analisis Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Terhadap Produsen Genteng di Muktisari, Kebumen, Jawa Tengah). Jurnal Ilmu Ekonomi Islam. Vol. 3 No. 2. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/lab
Ma’arif, M. S., dan Tanjung, H. (2003). Manajemen Operasional. Jakarta : Grasindo.
Mombang Sihite & Ernie Tisnawati Sule. (2017). sustainable business performance strategy a modern strategic management approach. Cet 1. Jakarta: BEE Management Consulting.
Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. Jurnal Scientific and Applied Informatics. Vol. 2 No. 2. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352
Muryani, S. (2020). Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Bahan Baku.
Jurnal Infortech. Vol. 2 No. 1. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.8112
Narto, Junianto, D., dan Basuki, G. (2022). Strategi Keberlanjutana Pasca Pandemi COVID-19 Pada Industri Kreatif Berbasis Potensi Daerah (Studi Kasus UMKM UD Arshaindo Gresik). Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Vol. 7 No. 2.
Nisa. (2022). Manfaat Penerapan Sustainability Management untuk Pertumbuhan Bisnis. Business Plans, UKM & SME. Dipetik Oktober 19, 2022 dari https://inmarketing.id/sustainability-management-adalah.html.
Nofianti, L. (2020). Solusi UMKM di New Normal. Dipetik Juni 24, 2022, dari https://uin-suska.ac.id/2020/06/16/solusi-umkm-di-new-normal/.
Novika, S. (2020). Bakal Ada New Normal, UMKM: Manimal Goyangan Ekonomi Muncul. Dipetik Juni 24, 2022 dari https://finance.detik.com/solusiukm/d-5031711/bakal-ada-new-normal- umkm-minimal-goyangan-ekonomi-muncul.
Pedersen, C., Lund dan Ritter, T. (2020). Preparing Your Business for a Post- Pandemic World. Hardvard Business Review. Dipetik Juli 24, 2022 dari https://hbr.org/2020/04/preparing-your-business-for-a-post-pandemic-world.
Pratiwi, I. G. A. M. A. M. A., Dwipradnyana, I. M. M., dan Diatmika, I. G. N. D. (2022). Keberlangsungan UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19: Perspektif Strategi Pemasaran dan Peran Pemerintahan. Majalah Ilmiah Untab. Vol. 19 No. 1.
Prabawa, H. W., & Fitriani, A. D. (2020). Mempertahankan Eksistensi Jamu Tradisional Melalui Perubahan Desain Pengemasan dan Pemasaran. Jurnal Dedikasi Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1.
Putri, E. (2018). Pelatihan Pengembangan Diri Menjadi Wirausaha Mandiri dalam Efisiensi dan Efektifitas Produksi Karak Herbal di Cinderejo Kidul, Gilingan, Surakarta.
Purwanti, I., dan Suryanto, U. Y. (2021). Pendekatan Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Sektor UMKM Di Kabupaten Lamongan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntasi). Vol. 5 No. 1.
Puspitaningtyas, Z. (2017). Manfaat Literasi Keuangan Bagi Business Sustainability. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis VII. Yogyakarta: Universitas Tarumanegara.
Rahayu Puji, S. (2019). Strategi Manajemen UMKM di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Cet 1. Purwokerto: CV IRDH.
Riadi, E., Alexandro, R., Hariatama, F., Oktaria, M., & Sundari. (2022). Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba (Studi Kasus Pada Cokelat Klasik Palangka Raya). Jurnal Edunomi. Vol. 3 No.1.
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Cet 1: Yogyakarta: Budi Utama.
Sandiasa, G., & Widyani, I. A. P. S. (2017). Kebijakan Penguatan Lembaga Pemberdayaan dalam Meningkatkan Partisipasi Pemberdayaan Masyarakat di Perdesaan. Dalam Locus Majalah Ilmiah Fisip.
Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan UMKM Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan. Vol. 5 No. 1. https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028
Siyoto & Sodiq. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Cet 1. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sofjan Assauri. (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Cet 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Cet 3. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet 22. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Cet 1. Bandung: Alfabeta.
Susminingsih. (2020). Etika Bisnis Islam. Cet 1. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Ubaidillah, M. (2020). Menjaga Keberlangsungan UMKM Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Akuntasi. Vol. 4 No. 2. https://doi.org/10.25273/inventory.v4i2.7674
Wahyuni, Syahrani, R. M., Sakina, Fatih, M. T., dan Suhairi. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dalam Aspek Produksi. Jurnal Vision and Ideas. Vol.2 No. 2.
Wahyuni, Endang D., dan Wibawani, S. (2020). Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat. Vol. 1 No. 1.
Widiastuti, E. (2019). Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Sebagai Strategi Keberlangsungan Usaha pada UMKM Batik Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonimi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA). Vol. 21 No. 1.
Zainal Abidin & Ari Wahyu Prananta. (2022). Kajian Etos Kerja Islami Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Santri. Journal of Psychology and Islamic Science. Vol. 3 No. 2. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i2.357
23SK2341341.00 | SK EKOS 23.341 IND s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain