SKRIPSI EKOS
Pengaruh Motivasi, Sistem Bonus Dan Pengetahuan Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Bergabung Dengan Multi Level Marketing (Studi Kasus Distributor PT. Natural Nusantara Kabupaten Pekalongan)
Multi Level Marketing ialah salah satu metode pemasaran dari direct selling (penjualan langsung) yang menggunakan organisasi distributor secara berjenjang. Sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas. Bisnis ini dapat diikuti dan dijalankan oleh siapapun, tidak memandang usia gelar maupun pengalaman, bisa dijalankan sebagai pekerjaan utama maupun bersamaan dengan bisnis lain atau pekerjaan lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, sistem bonus dan pengetahuan terhadap pengambilan keputusan untuk bergabung dengan MLM secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan non probability sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini secara parsial variabel motivasi berpengarih signifikan terhadap pengambilan keputusan, begitu pula dengan sistem bonus dan pengetahuan secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Secara simultan variabel motivasi, sistem bonus dan pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan.
Kata kunci : Motivasi, Sistem Bonus, Pengetahuan dan Pengambilan Keputusan
DAFTAR PUSTAKA :
Abror, Z. (2020). Praktik Sistem Bonus pada Perusahaan Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Cabang Jambi 2 Perspektif Hukum Islam. Jambi: UIN Sultan Thaha Saifuddin.
Ahmad, M. (2018). Multi level marketing dalam Perspektif Ekonomi Islam. FALAH Jurnal Ekonomi Syari’ah , Vol 1 (No 1), 37.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational behavioral and human decision processe , 50 (2), 179-211.
Alfian, & Marpaung. (2017). analisis pengaruh label halal, brand dan harga terhadap keputusan pembelian di kota Medan. Jurnal At-Tawassuth, 2 (1), 130.
Andriani. (2020). Analisis Pemberian Bonus pada Sistem Multi Level Marketing Syariah Produk PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) (Studi Kasus pada Business Center HPAI Mataram). Mataram: UIN Mataram.
Anggra, M. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Anggota atau Agen untuk Memilih Bergabung pada PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI). Riau: UIN SUltan Syarif.
Anggraeni, Y. P. (2020). Pendapatan Reward Distributor pada Multi Level Marketing di PT Health Wealth Internasional (HWI) Ditinjau dari Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009 (Studi Kasus di Grobogan Jawa Tengah). Surakarta: IAIN Surakarta.
Aplikasi Analisis Multivariate dengan IB SPSS 192014 Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. . Jurnal Semarak , 1 (1), 107–115.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, & Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.
Asnawi, n., & Masyhuri. (2011). metodologi risset manajemen pemasaran. malang: UIN Maliki press.
Azam, A. A. (2010). Fiqih Muamalah. Jakarta: Amzah.
Azwar, S. (1998). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Az-Zuhaily, W. (1989). Al - Fiqh al - Islami Wa Adillatuh. Damsyiq: Dar al-Fikr.
Bagaskoro. (2019). Pengantar Teknologi Informatika Dan Komunikasi Data. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Bahlia, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan Santri terhadap Minat Produk Bisnis Multi Level Marketing Syariah (Studi pada Santri Pondok Pesantren Modern Daar El-Kutub Bayah Lebak Banten). Banten: UIN Sultan Maulana Hasanuddin.
Bangun, W. (2011). Intisari Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama.
Bhakti, R. A., Sari, M. I., & Hafidzi, d. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Natural Nusantara (Studi Kasus di Stockist P.1969). Jember: Universitas Muhammadiyah.
Boni, S. Y. (2017). Apa Salah MLM? Sanggahan 22 Pengharaman Multi Level Marketing. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Brantas. (2009). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.
Burhanuddin. (2011). Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Malang: UIN Maliki Press.
Dadan, U. (2001). Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Daft, R. L. (2011). Era Baru Manajemen (New Era of Management). Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, G. A. (2018). Dewi, G. A., & Vijaya., D. P. Investasi dan Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Firman Wahyudi. (2014, November). Multi Level Marketing Dalam Tinjauan Hukum Positif Dan Perikatan Islam (Studi Fatwa DSN-MUI NOMOR: 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah). Journal of Sharia Economic Law,Vol 02 (02). IAIN Kudus.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. United States: Reading, M.A: Addison –Wesley.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IMB SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gibson, J. L. (2011). Organization Behavior, Structure, Proceses. New York: McGraw-Hill: International Edition.
Handoko, T. H. (2013). Manajemen, Edisi ke-2. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Harefa, A. (1999). Multi Level Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Husna, T. N. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Brand Image, dan Pemberian Bonus terhadap Keputusan Menjalankan Bisnis Multi Level Marketing Tupperware di Ponorogo. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Husnia. (2020). Analisis Hukum Islam terhadap Sistem Pemberian Bonus MLM 9Multi Level Marketing) pada Bisnis Nu Amoorea (Studi Kasus pada PT. Duta Elok Persada). Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Ibrahim, J., & Sewu, L. (2007). Hukum Bisnis dalam Persepsi Manusia Modern. Bandung: PT Refika Aditama.
Imanah, F. D. (2021). Peluang Bisnis Network Marketing dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada PT. Natural Nusantara Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia , 01 (02), 80.
Jr., J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate analysis 7th Edition. New York: Prentice Hall International.
Kamilah, G. (2017 ). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6 (2), 1.
Khasanah, U. (2020). Pegaruh Sertifikat DSN-MUI dan Bonus Poin terhadap Keputusan Bergabung Bisnis PLBS HPAI Wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Kisata, P. (2006). Why Not MLM. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (2002). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kridani, M. S. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen terhadap Pengambilan Keputusan untuk Bergabung sebagai Anggota dalam Bisnis Multi Level Marketing. Jurnal Psikoborneo , 08 (02), 290.
Kuswara. (2005). Mengenal MLM Syariah Dari Halal-Haram, Kiat Berwirausaha, Sampai dengan Pengeliolaannya. Jakarta: Qultum Media.
Manullang, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Moeliono, A. W. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Bergabung dengan Sistem Multi Level Marketing (Studi pada: Member Imogen CV. Janitra Jaya Mulia)”, (Bandung: Jurnal e-Proceeding of Management. Jurnal e-proceeding of Management , 08 (05), 1.
Muhajirin, & Panorama, M. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.
Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. (2009). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Muslich, A. W. (2015). Fiqih Muamalat. Jakarta: Amzah.
NASA, T. (2020). Buku Profile PT.Natural Nusantara. Yogyakarta: 4K.
Nazir, H. (2011). Ensiklopedia Ekonomi dan Perbankan Syariah. Jakarta: Gema Insani.
Ningsih, I. S. (2022). Pendapatan Bonus Distributor pada Sistem Multi Level Marketing PT. Natural Nusantara Jember Perspektif Fatwa DSN MUI No 75 Tahun 2009. Jember: UIN Kiai Haji Achmad Siddiq
Pamungkas, A., Indriyati, I. H., & Basri, A. I. (2022). Pengaruh Beban Kerja, Kompensasi, dan Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Natural Nusantara (NASA) Yogyakarta. Jurnal Cafetaria , 03 (01), 44-54.
Pasi, I. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Masyarakat pada Bank Syariah (Medan: Jurnal Al-Qasd Vol 02 No 01, Februari, 2017), hal 191. Jurnal Al-Qasd , 02 (01), 191.
Prihasta, L. S. (2018). Pengaruh Persepsi, sikap dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan menjadi Pebisnis Multi Level Marketing Berbasis Syariah di Indonesia. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Pristiana, U., Kusumaningtyas, A., & Mujanah, S. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan keputusan Wanita Berwirausaha di Kota Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis , 09 (01), 54.
Putri, A. W. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran MLM Syariah dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Agency Produk Herba Penawar Alwahida Indonesia di Kabupaten Ponorogo). Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Qardhawi, Y. (2007). Halal dan Haram dalam Islam َ. Surakarta: Era Imtermedia.
Rozalinda. (2016). Fiqh Ekonomi Syariah: Prinsip dan Implementasinya Pada Sektor Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi .
Santoso, B. (2006). All Abaout MLM; Memahami Lebih Jauh MLM dan Pernak Perniknya. Jakarta: Andy Publiser.
Santoso, S. (2015). Penelitian Kuantitatif: Metode dan Langkah Pengolahan Data. Ponorogo: Umpo Press.
Sanusi, A. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Malang: Salemba Empat.
Setiabudi, K. J. (2019). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Terakreditasi A pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Surabaya. Jurnal Agora , 07 (01), 1.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiawan, A., & Pratama, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif dan Pengambilan Keputusan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Bintang Anugerah Sejati”, (Medan: Jurnal Manajemen Tools Vol 11 No. 01, Juni, 2019), hal 26. Jurnal Manajemen , 11 (01), 26.
Sheppard, B., J., H., & Warshaw, P. (1988). The theory of reasoned action: A meta-analysis of past research with recommendations for modifications and future research. Journal of Consumer Research , 15 (3), 325–343.
Sholihati, A. (2012). Tinjauan Hukum Islam tentang Intensif Passive Income pada Multi Level Marketing di PT. K-Link Internasional. Semarang: IAIN Walisongo.
Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Akara.
Siregar, S. (2014). metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Siswanto. (2017). Pengantar Manajemen. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Sjahdeini, S. R. (2014). Perbankan Syariah produk - produk dan aspek - aspek hukumnya . Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Soekidjo, M. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung:Pt Remaja Rosda Karya . Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto. (2011). Praktik SPSS untuk Kasus. Yogyakarta: Nuha Media.
Sutrisno, H. (1993). Metodology Reaseach. Yogyakarta: Fakultas psikologi UGM.
Syahriyal. (2018). Pengaruh Persepsi Nilai dan Pengetahuan Masyarakat terhadap Minat Menabung serta Dampaknya kepada Keputusan Menabung pada Perbankan Syari’ah di Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam , 04 (01), 143.
Utami, S. S. (2018). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Binis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi , 08 (01), 63-64.
Viani, Z. M. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Multi Level Marketing Syariah dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Produk Herba Penawar Alwahida Indonesia di Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh Kabupaten Indragili Hilir). Jambi: UIN Sultan Thaha Saifuddin.
Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.
Yuswardi, D., & Tambunan, F. (2017). Pengaruh Peran Keluarga sebagai Pendiri Terhadap Keberhasilan Wirausaha di Kelurahan Helvetia Tengah MedanWirausaha di Keluraham Helvetia Tengah Medan Tahun 2017. Jurnal Ekonomi Islam , 02 (02), 729.
23SK2341340.00 | SK EKOS 23.340 PUT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain