SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Jarak Coffee
Perkembangan bisnis dibidang kuliner saat ini berkembang sangat pesat, khususnya kedai kopi atau coffee shop yang menjadi tujuan utama masyarakat untuk menghabiskan waktu luang. Salah satu coffee shop yang bersaing di Kabupaten Batang adalah Jarak Coffee yang menginginkan adanya loyalitas dari pelanggan yang merasa puas ketika dating ke coffee shop tersebut. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan diantaranya adalah kualitas pelayanan, persepsi harga dan experiental marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan experiental marketing, terhadap loyalitas pelanggan di Jarak Coffee.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan di Jarak Coffee, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee dengan nilai signifikan 0,017 yang lebih kecil dari 0,05, persepsi harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee dengan nilai signifikan 0,000 yang lebih kecildari 0,05, experiental marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee dengann nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sementara secara simultan kualitas pelayanan, persepsi harga dan experiental marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee, hal ini mengindikasikan dengan semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan Jarak Coffee maka loyalitas pelanggan juga semakin tinggi. Persepsi harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee, hal ini mengindikasikan dengan semakin sesuai dan terjangkau persepsi harga yang ditawarkan Jarak Coffee maka loyalitas pelanggan juga semakin tinggi. Experiental marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Jarak Coffee, hal ini mengindikasikan dengan semakin tinggi experiental marketing yang dimiliki Jarak Coffee maka loyalitas pelanggan juga semakin tinggi.
Kata Kunci : Loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan, persepsi harga, experiental marketing.
DAFTAR PUSTAKA :
Agus,2020,Metode-metode Penelitian masyarakat Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Amri, 2021,Riset Pemasaran & Perilaku . Jakarta: Gramedia
Aslam Zul Fachrul Aditya,Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Pelanggan Pada Pelanggan Ijo Ireng Coffee 99 Malang), Fakultas Ekonomi Unisma, diakses pada 23 Maret 2021
Bismala, Lila. (2022). Pengaruh Mediasi Kepuasaan Konsumen Dalam Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Loyalitas. Jurnal Pro Bisnis, Vol. 15, No. 01.
Fatimah, Chusnul. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Brand Image terhadap Kepuasaan Pelanggan Grab-food di kota Malang.Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajayana Malang. Malang.
Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty. Terjemahan Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
John W. 2018 Penelitian Kualitatif & Desain Riset. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Johni Dimyati, 2018, Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia dini Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Juhaya S Pradja,2019, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT.ANDI Offset.
Mardani Aris, 2019, Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Strategik Terhadap Kepuasan. Jurnal Logos Vol. 6, No. 2. Universitas Muhammadiah Gresik.
Mardani,2018 Analisis Pengaruh Experiential Marketing TerhadapLoyalitas. Jurnal Manajemen Universitas Padjajaran
Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Citra
Mohammad Nasir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Manalu,Osman. (2021). Model Pelayanan Pelanggan Dalam Rangka Meningkatkan loyalitas pada Bisnis Coffe Online Medan. JGMM, Vol. 1 NO. 2,
Mush’ab Ihsan Mu’tashim dan Alim Setiawan Slame. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol. 10 No. 2.
Naf’an, 2019Prinsip-prinsip Pemasaran,. (Jakarta: Erlangga)
Nyarmiati dan Sri Rahayu Tri Astuti. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image dan Perceived Value terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, Vol. 10 No. 2.
Oliver, Richard L., (1999).Whence Consumer Loyalty. Journal of Marketing., Vol. 63 Special Issue
Prasetyo Nasir. 2020, Analisis Pengaruh Experiential Marketing TerhadapLoyalitas. Jurnal Manajemen Universitas Negeri Semarang
Rahmawati, 2018, ”Pengaruh ”Sense” dan ”Feel” dari Experiential Marketing pada Soto Gebrak,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.3 No.2
Rio Makkulou Wahyu,2021,Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks
Sandala, Daniel Falian, Tumble L Altjie, Tampenawas A.L. Vol.9 No.1 Januari 2021, Hal. 878-886, Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.
Sucipto Eko.2019, Analisis Faktor Kepuasan dan Loyalitas : Studi Kasus pada CV Sarana Media Advertising Surabaya.Jurnal Manajemen & Kewirausahaan.Vol.6, No. 2. Universitas Kristen Petra.
Sugiyono,2007, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 1992,Prosedur Penelitian sebagai Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta
Suherman Rosyidi,2018,Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat
23SK2341339.00 | SK EKOS 23.339 RET a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain