SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Harga, Kualitas, Selera, Promosi Serta Lingkungan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Matic (Studi Kasus Desa Werdi Kecamatan Paninggaran)
Masyarakat dari golongan bawah sampai golongan atas dapat menggunakan moda transportasi sepeda motor untuk keperluannya sehari-hari, baik keperluan keluarga, bisnis, pribadi dan lain sebagainya. Sepeda motor Honda secara umum dan honda matik secara khusus menjadi sebuah tuntutan konsumen terutama para konsumen yang mengutamakan kenyamanan saat mengendarainya baik jarak dekat maupun jarak jauh. Sehingga penjualan motor matic Honda selalu menjadi yang teratas dibandingkan dengan kompetitornya, tidak terkecuali di Desa Werdi Kecamatan Paninggaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Maksudnya, penelitian ini menggunakan data-data yang diperoleh dari studi lapangan dengan cara mengamati, mencatat dan mengumpulkan berbagai informasi dan data yang ditemukan di lapangan melalui studi kasus dan survey. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Werdi Kecamatan Paninggaran. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah Bulan April 2022. Jumlah sampel yang akan digunakan sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan regresi berganda untuk mengetahui hubungan variabel X terhadap Y.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor matic Honda di Desa Werdi, karena di dapat hasil uji t dengan nilai t-hitung > t-tabel atau 4,104 > 1,660 dan sig. 0,000 < α = 0,05; 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor matic Honda, dengan didapat hasil uji t sebesar 4,095 atau t-hitung > t-tabel atau 4,095 > 1,660 dengan sig. 0,000 < α = 0,05; 3) Selera berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor matic Honda, dengan didapat hasil uji t sebesar 3,726 atau t-hitung > t-tabel atau 3,726 > 1,660 dengan sig. 0,000 < α = 0,05; 4) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor matic Honda, karena di dapat hasil uji t dengan nilai t-hitung > t-tabel atau 4,117 > 1,660 dan sig. 0,000 < α = 0,05; 5) Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor matic Honda, karena di dapat hasil uji t dengan nilai t-hitung > t-tabel atau 4,126 > 1,660 dan sig. 0,000 < α = 0,05 dan 6) Harga, kualitas produk, selera, promosi dan lingkungan secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor matic Honda, dengan didapat hasil uji f dengan nilai f-hitung > f-tabel atau 51,494 > 2,47 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari level of significant 0,05.
Kata kunci: harga, kualitas produk, selera, promosi, lingkungan, keputusan pembelian
DAFTAR PUSTAKA :
Abi, Yudi Irawan. 2020. “Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Di Kota Bengkulu.” Manajemen Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen 15(1):95–107.
Aditi, Bunga, and H. M. Hermansyur. 2018. “Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 19(1):64–72.
Al-Dmour, Rand, Farah Hammdan, Hani Al-Dmour, Ala’aldin Alrowwad, and Sufian M. Khwaldeh. 2017. “The Effect of Lifestyle on Online Purchasing Decision for Electronic Services: The Jordanian Flying e-Tickets Case.” Asian Social Science 13(11):157–69.
Ana Abdillah, EES160304, Halimah Dja’far, and Efni Anita. 2020. “PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN STS JAMBI).”
Arisprastyo, Yohanes Anggi. 2017. “Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Buku.”
Dewi. 2021. “Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Dealer Honda Wahana Motor Juwana.”
Durmaz, Yakup. 2014. “The Impact of Psychological Factors on Consumer Buying Behavior and an Empirical Application in Turkey.”
Emawati, Lusiana. 2018. “PENGARUH SELERA KONSUMEN DAN LINGKUNGAN SOSIAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONVEKSI ‘JINI COLLECTION’).”
Ferrinadewi, Erna. 2016. “Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis Dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Loyalitas Merek Di Surabaya (Studi Pada Pembelian Barang Mewah).” E-Jurnal Manajemen KINERJA, Universitas Narotama, Surabaya 2(02):331–36.
Gunawan, Dionisius Hendry. 2019. “PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR LANDUNGSARI.” JURNAL AGREGAT 4(2).
Harjuno, Puger. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta).” Universitas Negeri Yogyakarta.
Herawaty, Anisa. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pasmira Gresik.”
Imam, Ghozali. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 68.
Iskuntianti, Nanda Dwi, Malia Annissa Faisal, Jumratun Naimah, and Vicky F. Sanjaya. 2020. “The Influence of Brand Image, Lifestyle, and Product Quality on Purchasing Decisions.” Journal of Business and Management Review 1(6):436–48.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid 1 Dan Jilid 2.” Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Phillip, and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing 11th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Mardiasih, Titik Sri. 2020. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.” IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN 2(1).
Mowen, John C., and Michael Minor. 2002. “Perilaku Konsumen.” Jakarta: Erlangga 90.
Mudzakkir, Mohammad Fakhruddin, and Iva Nurdiana Nurfarida. 2014. “Religiousity Commitment Dalam Memoderasi Hubungan Brand Awareness Terhadap Niat Pembelian.” Jurnal Ekonomi Modernisasi 10(3):170–77.
Nisrinna Dwi, Sagarawanti. 2018. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR (Studi Pada Konsumen Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio Di Pemalang).”
Nurantoro, P., and L. Noersanti. 2020. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 150 CC (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Honda Motor Cabang Pegambiran).”
Nurhayati, Siti. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 4(2).
Pandu, Shyntia Devi. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone.” Jurnal Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogjakarta 4(12).
Retnawati, Heri. 2015. “Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert Dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning.” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 45(2).
Retnowulan, Julia. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi.” Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 17(2):139–45.
Reza, Syed Asghar, and Suman Valeecha. 2013. “Influence of Social Reference Groups on Automobile Buying Decision–Research on Young Executives.” World Review of Business Research 3(4):197–210.
Sari, Hutami Permita. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi Di DIY).” Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI) 5(3):222–37.
Sari, Rini Kartika, Diah Yulisetiarini, and Sudaryanto Sudaryanto. 2016. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.” BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen 10(2):115–26.
Sari, Suci Arum. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Selera, Harga, Gaya Hidup, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Yogyakarta.” STIE YKPN.
Schiffman dan Kanuk. 2000. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Sembel, Dantje T. 2015. Toksikologi Lingkungan. Penerbit Andi.
Senggetang, Vania, Silvya L. Mandey, and Silcyljeova Moniharapon. 2019. “Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(1).
Septika, Baiq Herdina. 2021. “PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE NAAVAGREEN CABANG MATARAM.” JURNAL SANGKAREANG MATARAM 8(3):40–44.
Simamora, Desi Putriani. 2019. “Analisis Perbedaan Konsumen Dalam Memilih Minyak Goreng Curah Dan Bermerek (Studi Kasus Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Desa Aliaga).”
Stanton, William J. 2004. “Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.”
Subianto, Totok. 2007. “Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekonomi Modernisasi 3(3):165–82.
Sugiono, Sugiono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan r & D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Dr. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”
Sugiyono, P. D. 2015. “Metode Penelitian Dan Pengembangan.” Res. Dev. D 2015:39–41.
Suprapti, Sri. 2010. Perilaku Konsumen. Denpasar: Udanaya University Press.
Supriyanto, Achmad Sani, and Vivin Maharani. 2013. “Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data).” Cetakan II.
Suyanto, Bagong. 2015. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenada Media.
Swastha, Basu, and D. H. Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua.” Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 1997. “Strategy Pemasaran, Penerbit: Andi Offset.” Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. “Strategi Pemasaran Edisi 3.” Yogyakarta: Andi.
Tobing, Odrick Helsar L., and Budi Setiawan. 2020. “Pengaruh Persepsi Harga, Varian, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 8(2):95–104.
Ulfa, Rafika. 2021. “Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan.” AL-Fathonah 1(1):342–51.
Yunan, Andri. 2017. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN ROKOK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Masyarakat Muslim Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran).”
23SK2341334.00 | SK EKOS 23.334 MUH a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain