SKRIPSI EKOS
Pengaruh Label Halal Dan Label BPOM Terhadap Minat Beli Produk MS Glow Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Konsumen Perempuan Kabupaten Pekalongan)
Permintaan pasar yang tinggi akan produk kecantikan membuat banyak pesaing bermunculan. Perusahaan kosmetik harus mampu menyusun trik penjualan yang tepat agar produknya mampu meningkatkan minat beli konsumen. Minat beli ialah tahapan dimana konsumen cenderung melakukan tindakan sebelum niat beli terjadi. Label halal dan label BPOM merupakan contoh bentuk atribut produk yang bisa digunakan sebagai media informasi bagi konsumen guna mendapatkan kepercayaan produk. Sebagai seorang muslim yang sewajarnya memiliki sifat religiusitas, sudah seharusnya kita mempertimbangkan aspek maslahah, kehalalan dan kebaikan suatu produk termasuk saat membeli produk kosmetik. Salah satu merek produk kecantikan yang cukup diminati masyarakat Kabupaten Pekalongan ialah MS Glow. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menguji pengaruh label halal dan label BPOM terhadap minat beli produk MS Glow dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode probability purposive sampling dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji regresi moderasi, uji hipotesis, sumbangan efektif dan relatif dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial label halal dan label BPOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk MS Glow pada konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan. Namun religiusitas tidak mampu memoderasi label halal dan label BPOM terhadap minat beli produk MS Glow pada konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan. Akan tetapi nilai R square setelah adanya religiusitas sebagai variabel moderasi mengalami kenaikan sebesar 2,3%. Yang menunjukkan bahwa tingkat religusitas mempengaruhi minat beli konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan.
Kata Kunci: Label Halal, Label BPOM, Minat Beli dan Religiusitas.
DAFTAR PUSTAKA :
Adila, F. (2023). (2023, Januari 31). Penjualan MS Glow di Kabupaten Pekalongan. (o. p. rosjayanti, Interviewer).
Ariyanti, A., & Darmanto, R. F. (2020). Analisis terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Wardah Cosmetics. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(02), 143–154.
Arviana, P. (2020). Pengaruh Religiositas dan Label halal terhadap Keputusan pembelian pada Produk Daging Olahan ( Studi pada Konsumen Muslim Nadia Food Supplies Makassar ). UIN Alauddin Makassar.
Asyarifin, N. ’Adila. (2018). Pengaruh Produk Berlabel BPOM terhadap Keputusan Beli Masyarakat pada Kosmetik di Ponorogo.
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI. (2022). Tentang BPJPH. Bpjh.Halal.Go.Id. https://bpjph.halal.go.id/detail/tentang-bpjph
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan. (2022). Statistik Daerah Kabupaten Pekalongan 2021-2022.
Berutu, C. I. N. (2020). Pengaruh Reputasi Penjual Online dan Biaya Tambahan terhadap Minat beli Konsumen Tokopedia yang di Moderasi Kategori Produk. Universitas pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
BPOM Yogyakarta. (n.d.). FAQ Balai Besar POM DI Yogyakarta. Bbpom-Yogya.Pom.Go.Id.
Candra, P. D. (2018). Pengaruh Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Pelayanan Akta Kelahiran terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan. Universitas Diponegoro.
Desmayonda, A., Ferlina, A., & Trenggana, M. (2019). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian dengan Religiusitas sebagai Variabel Intervening di Mujigae Resto Bandung. Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 180–196.
Dewi, Y. (2021). Pengaruh Label Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Duza, B. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen di PerusahaanJenang Teguh Raharjo Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Endit, N. P. I. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di E-commerce. UKMINDONESIA.ID.
Falaah, A. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi Kasus pada Konsumen Toko Agung Supplier Purwokerto).
Fikri, J., & Suryani, S. (2019). Makanan, Obat-Obatan Serta Kosmetik Ilegal Dalam Efektivitas Hukum Islam Dan UUJPH Di Aceh. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-Undangan, Ekonomi Islam, 11(1), 23–43. https://doi.org/10.32505/jurisprudensi.v11i1.1061
Handriyani, P. E., & Astawa, I. G. P. B. (2022). Pengaruh Tingkat Penghasilan, Pemahaman Aturan Perpajakan dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Kabupaten Buleleng. Jurnal Riset Akuntansi, 11(01), 13–22.
Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek dan Label Halal terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 12(1), 65–76.
Ikramul, H. (2019). Pengaruh Budgeting Perticipation, Job Relevant Information dan Budget Goal Clarity terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi pada SKPD Kabupaten Sinjai). UIN Alauddin Makassar.
Ilham, M., & Firdaus. (2019). Islamic Branding dan Religiusitas Serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen pada Swalayan Al-Baik Kota Tanjungpinang (Saepudin & D. Septia (eds.); 1st ed.). STAIN Sultan Abdurrahman Press.
Juliana, J., Rizaldi, M. W., Al-adawiyah, R. A., & Marlina, R. (2022). Halal Awareness : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 169–180.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2022). Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional. Kemenag.Go.Id.
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce. Mitra Abisatya.
M Pratama, F., & Suwarto. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal, Label BPOM dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3), 505–520.
Mahrinasari. (2020). Perilaku Konsumsi Produk Hijau. Pusaka Media.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Marketeers. (2022). MS Glow Raih Gold Winner Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2022.
MS Glow. (2022). Brand Story MS Glow. Msglowid.Com.
MS Glow. (2023). List of Seller MS Glow. Msglowid.Com.
Muthahharah, I. (2022). Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan. Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya, 10(1).
Muthmainnah, S. R., & Rubiyanti, R. N. (2020). Pengaruh Faktor Pendorong dan Penarik Minat Wisata Halal Ke Luar Negeri dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderator. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 5(3), 274–285.
Nainggolan, N. P., & Heryenzus. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Membeli Rumah di Kota Batam. Journal of Accounting & Management Innovation, 2(2), 139–155.
Palupi, D. A. R. (2022). Pengaruh Label Halal terhadap Minat Beli Produk Skincare dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi. UIN Raden Intan Lampung.
Pane, D. H., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli di Situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 156–167.
Pemerintah Kabupaten Pekalongan. (2021). Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan 2021.
Permana, R. H. (2022). MUI: Label Halal Lama Masih Bisa Dipakai Sampai 5 Tahun. Detiknews.
Pujiastuti, D. (2023). (2023, Februari 1). Penjualan MS Glow di Kabupaten Pekalongan. (o. p. rosjayanti, Interviewer).
Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46.
Purnama, S., Sukmasari, A., & Panjaitan, R. (2021). Peranan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi dalam Hubungan Pengalaman Bertransaksi Online terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi, 12(1).
Purwanto, A. (2022). Kabupaten pekalongan: Kota Santri, Pusat Batik hingga Potensi Industri. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/daerah/kabupaten-pekalongan-kota-santri-pusat-batik-hingga-potensi-industri
Putri, S. R., & Andarini, S. (2022). Persepsi Pencantuman Label Halal, Label BPOM dan Tanggal Kadaluarsa Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Minuman Ready to Drink di Surabaya. I-Economics: A Researche Journal on Islamic Economics, 8(1), 1–18.
Rafita, H. Z. (2017). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2013-2016 UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung.
Riptiono, S. (2017). Hasrat Konsumen yang Mengikat (Binding Customer Desires). Jurnal Fokus Bisnis, 16(02), 82–92.
Rochmah, H. F. (2023). (2023, Februari 1). Penjualan MS Glow di Kabupaten Pekalongan. (o. p. rosjayanti, Interviewer).
Rosalia, Y., & Wulandari, S. (2021). Pengaruh label Halal Terhadap keputusan Pembelian Produk MS Glow di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen, 1(1), 68–75. jurnalpatronisntitute.org/index.php/jurpem
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). Penerbit KBM Indonesia.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, 8(1), 147–155.
Saskia, D. F. (2021). Efek Brand Ambassador dan Label Halal Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Nameera Aquatic Botanical. UIN Syarif Hidayatullah.
Suryowati, B., & Nurhasanah. (2020). Label halal, Kesadaran Halal , Religiusitas dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Jurnal Kompleksitas, 9(1), 11–20.
Syauki, W. R., & Avina, D. A. A. (2020). Persepsi dan preferensi penggunaan skincare pada perempuan milenial dalam perspektif komunikasi pemasaran. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 42–60.
Syavira, V. A., Diana, N., & Al-Rasyid, H. (2021). Pengaruh Halal Awareness dan Sertifikasi Halal pada Produk Kecantikan MS Glow terhadap Minat Beli Muslim Milennial.
Tim Asosiasi Digital Marketing Indonesia. (2022). Hasil Riset Penjualan Periode Februari 2022. Www.Digimind.Id.
Trismanjaya, V., & Rohana, T. (2019). Analisis Data Statistika Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal. Yayasan Kita Menulis.
Utami, N. S., Muthohar, A. M., & Ridlo, M. (2021). Analisis Tingkat Pendapatan, Kepercayaan dan Reputasi terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Iqtishoduna, 17(1), 1–16.
Wati, K. (2018). Pengaruh Promosi, Label Halal dan BPOM terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan). IAIN Pekalongan.
Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis (T. Fiktorius (ed.)). Klik Media.
Widya, P. R., Kristanto, A. H., & Jimmi. (2020). Model Perilaku Anggota Klub Motor di Bengkayang: Pendekatan Eksploratoris. Jurnal Maneksi, 9(1), 310–316.
Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie di Sidoarjo). Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(1), 21–26.
Yulianto, A. R., Subariyanti, H., & Wardhana, A. K. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, 22(2), 165–178.
Zarkazi, A. (2019). Pengaruh Iklan, Brand Image, dan Motivasi Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen pada Skincare Merek MS Glow di MS Glow Dupak Surabaya. 1–18.
23SK2341333.00 | SK EKOS 23.333 OKT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain