SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Emosional, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Toko Fatkhulia Mukena Sidorejo Tirto Pekalongan)
Kepuasan konsumen merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan dari konsumen dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen diantaranya karena kualitas produk, harga, faktor emosional seseorang dan kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, emosional, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada toko fatkhulia mukena sidorejo tirto pekalongan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Konsumen Toko Fatkhulia Mukena Sidorejo Tirto Pekalongan dengan sampel sejumlah 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling yaitu mengambil sampel dengan kriteria tertentu. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan pengujian hipotesis adalah uji-t dan uji-F.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Produk secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Produk, Harga, Emosional dan Kualitas Pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Emosional, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
DAFTAR PUSTAKA :
Adisetiawan, R. (2017). Performance Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(3), 1- 10.
Agung Edy Wibowo dan Adji Djojo, 2012, Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian, Edisi Ke Dua, Penerbit Gava Media,Yogyakarta.
Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta
Akbar, Purnomo Setiady dan Usman, Husaini. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Algifari. 2013. Statistika Induktif: untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Amrullah, AR., dan Agustin, S. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), Vol 5, No 7:1-15, (https://ejournal.stiesia.ac.id).
Andanawari, Rachma. 2014. “Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Stove Syndicate Café Semarang)”. Skripsi: Universitas Diponegoro.
Anung Pramudyo. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan . Vol. I, No. 1, Agustus 2012. ISSN: 2252-5483. JBMA. Diakses pada November 2015.
Anwar Sanusi, 2011, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta
Ari Prasetio, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen”, Jurnal Manajemen, Vol.1 No.4, 2012
Arisman 2015, Pengaruh Atmosfer Terhadap Keputusan Pembelian Terhadap Hypermart Palembang. Skripsi SI Universitas Muhamammadiyah Palembang. 1(13): 1-11. Universitas Muhamammadiyah Palembang.
Azwar, Saifuddin. 1999. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha
Bayu Sutrisna Aria Sejati. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks”. ISSN. Vol.5, No.3, Hal.1-19.
bdul,Qawi,Othman dan Lynn,Owen. 2001. The Multi Dimensionality of CARTER Model to Measure Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banking Industry ( A Study in Kuwait Finance House). International Journal of Islamic Financial Service. Vol. 3, No. 4.
Berman dan Evans, 2010. “Retail Management”. 12th Edition. Jakarta; Pearson
Bungin, Burhan. 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu sosisal lainnya. Jakarta: Kencana.
Daniel Goleman. (2002). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Darmawan. (2020). Dasar-dasar Memahami Rasio dan Laporan Keuangan. Yogyakarta: UNY Press.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung. Penerbit: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 209–218.
Etta Mamang Sangadji, Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Yogyakarta : Andi.
Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Fandy, Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada
Irmayanti Hamidah dan Rony Ika Setiawan, Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Untuk Meningkat Penjualan Motor Merek Honda Tipe Vario (STUDI KASUS PADA PT MITRA PINASTHIKA MUSTIKA Tbk), Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK) Vol. 1, No. 1 (2014)
Ismail Solihin. 2014. Pengantar Bisnis. Erlangga, Jakarta.
Kartika Sukmawati .2011. Pengaruh Kualitas Layanan, harga Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen jasa Transportasi Kreta Api Ekskutif. Skripsi.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler Philip, Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management 14ThEdition . Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Kotler, P dan G, Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kusuma, rizal wahyu dan suwitho (2015) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4, Nomor 12.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
QS. Al-Baqarah (2): 168
Rachma Andanawari Anindya, 2014, Pengaruh harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada stove syndicate cafe semarang, Skripsi (Unpublished), Semarang FE UNDIP
Rohaeni, Heni. dkk. 2018. “ Be Good Atitude dalam Berpenampilan pada UMKM “Mang Piat” Kabupaten Bandung Barat”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1. No. 1.
Runtunuwu, Johanes. G, Sem Oroh dan Rita Taroreh. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Café dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3 pp. 1803-1813
Sani, Achmad & Vivin Maharani. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuisioner dan Analisis Data). Malang :UIN Maliki Press. Cetakan Ke-2.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sri Widodo. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi, Manggu Media, Bandung.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Waluyo, Herman. J. 1994 . Pengkajian Prosa Fiksi . Surakarta : Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Zeithaml, V.A, M.J Bitner dan Gremler, 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm sixth Edition. New York: Mcgraw Hill
23SK2341332.00 | SK EKOS 23.332 LUL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain