SKRIPSI EKOS
Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Pekalongan, Jawa Tengah)
Karangasem merupakan Desa yang memiliki status hukum definitif dengan status berkembang. Desa Karangasem Memiliki 7 dukuh dengan 10 RT dan 2 RW. Secara umum industri di desa Karangasem di dominasi oleh Industri Kecil dan Mikro dengan jumlah tenaga kerja paling banyak 20 orang. Guna menunjang kebutuhan masyarakat desa Karangasem sebagian ditunjang adanya toko atau warung kelontong, selain itu, kebutuhan lain seperti pakaian, alat elektronik, alat dapur dan lain-lain ditunjang dari perbelanjaan yang dilakukan secara online (marketplace). Akses belanja dengan marketplace melalui aplikasi Shopee dapat membuat individu semakin dimanjakan dengan banyaknya varian produk yang di promosikan, sebelum memutuskan untuk bertransaksi dan membeli produk, individu yang menjadi konsumen akan melakukan proses keputusan pembelian melalui beberapa pertimbangan, seperti mencari informasi dengan pencarian sebuah produk-produk yang direkomendasikan, serta mengakses informasi tentang produk yang diinginkannya melalui riset terhadap took online di marketplace tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian case study research (penelitian studi kasus) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini menggunakan jenis target population (target populasi). Berdasarkan populasi dari penelitian ini adalah warga Desa Karangasem di Jl. Karangasem Talun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Variabel Persepsi Kemudahan, Persepsi Harga dan Ulasan Produk berpengaruh signifikan dan memiliki kontribusi sebesar 24,3% % dalam menerangkan variabel Perilaku Konsumtif warga Desa Karangasem, Kecamatan Talun. Sementara sisanya 0,757 atau 75,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Harga, Ulasan Produk dan Perilaku Konsumtif.
DAFTAR PUSAKA :
Alfianika, N. (2018). Jenis-jenis Penelitian. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.
Ananda, M., Hadi, N., & Meiji, N. H. P. (2021). Di balik perilaku konsumtif NCTZEN dalam pembelian merchaindise NCT (studi kasus komunitas NCTzen Malang). Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah.
Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MERK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI
…. … Development and Applied ….
Atmaja, J. (2018). Persepsi Harga dan Kepuasan Nasabah Terhadap Persepsi Harga Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica.
Brilliani, B., Kusniadji, S., & Utami, L. S. S. (2019). Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Minat Beli Smartphone LG G7 Thinq Pada Fans BTS di Jakarta Barat. Koneksi. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3891
Dahmiri, D., & Bhayangkari, S. K. W. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Etika Bisnis dan Ulasan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.
Dan, T., Di, S., Barat, A., & Aceh, D. A. N. (2015). Pengaruh Promotion Mix Dan Persepsi Harga Terhadap Customers Trust Serta. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.
Destiawati, F., Paramita, A., Dhika, H., & Jaya, M. (2020). SOSIALISASI ETIKA PEMANFAATAN TEKNOLOGI MEDIA SOSIAL DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI SESUAI UU ITE. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Devi, L. kurnia intan. (2019). Pengaruh Ulasan Produk, Persepsi Kemudahan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Skripsi.
Dzikrayah, F. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Konsumsi Food and Beverage Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Muamalat: Jurnal Ekonomi Syariah.
Efendi, N., Ginting, S. O., & Halim, J. (2020). Citra Merek , Ulasan Produk , Promosi , Persepsi Harga Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial.
Fadly Ramadhan, M. (2020). Hubungan Permintaan Dan Persepsi Kemudahan Dalam Penentuan Pendapatan Usaha. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Ulasan Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA.
Fenny, F., & Loisa, R. (2021). Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik. Prologia.
Fidyah Yuli Ernawati, Besar Kusnianto, & Siti Rochmah. (2020). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pdam Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene.
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Persepsi Kemudahan Terhadap Persepsi Harga Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan kuantitatif & kualitatif. Metode Penelitian Bisnis Bandung.
Herosian, M. Y., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan Di Era Revolusi Industri Marketing 4.0. Jurnal Akbar Juara.
Irvanto, O., & Sujana. (2020). Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan.
Kurniawan, D. (2008). Regresi Linier. Statistic.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen.
Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Ulasan Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal.
Malaka, M. (2014). Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha. Jurnal Al-’Adl.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Anlisis Data Sekunder. In Rajawali Pers.
Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan.
Muh Zulkifli. (2020). Analisis Data Kuantitatif “Efekitivitas Metode Graphomotor Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik.” Al-Mujahidah.
Mulyawan, I., & Rafdinal, W. (2021). Mobile games adoption: An extension of technology acceptance model and theory of reasoned action. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering.
Nana, D., & Elin, H. (2021). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen.
Napik, A., Qomariah, N., & Santoso, B. (2021). Kaitan Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Jurnal Penelitian IPTEKS.
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah.
Norizan, E., Nordin, A. R., & Mohd. Ali, S. (2013). Analisis data kuantitatif.
Penyelidikan Dalam Pendidikan.
Nur Kholidah. (2020). Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumen Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan). Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, Persepsi Kemudahan dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483.
Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, Dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online. E-Jurnal Manajemen Unud.
Oni, A. A., Oni, S., Mbarika, V., & Ayo, C. K. (2021). Empirical study of user acceptance of online political participation: Integrating Civic Voluntarism Model and Theory of Reasoned Action. Government Information Quarterly. https://doi.org/10.1016/j.giq.2017.02.003
Pentury, T., Aulele, S. N., & Wattimena, R. (2020). Analisis Regresi Logistik Ordinal. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan.
Poss, J. E. (2001). Developing a new model for cross-cultural research: Synthesizing the Health Belief Model and the Theory of Reasoned Action. Advances in Nursing Science.
Pratama, A. P., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia.
Putra, I. P. A. P. A., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. G. A. . (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli E-Ticket pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.9.
Rahmandika, Y. F., Puji, L., & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekobis : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi.
Ridha, N. (2022). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian.
Jurnal Hikmah.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik . Deepublish Publisher.
Saidah, Yanuar, F., & Devianto, D. (2020). Analisis Regresi Analisis Regresi.
Jurnal Matematika UNAND.
Salwa, D. K. (2019). Teori Konsumsi Dalam Islam Dan Implementasinya.
Labatila : Ilmu Ekonomi Islam.
Saputra, R. (2019). Kerangka Teori. Journal of Chemical Information and Modeling.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi.
Setyo, P. E. (2019). Pengaruh Ulasan Produk Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis.
Silalahi, U. (2022). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing.
Slat, A. H. (2019). Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.1638
Soesilowati, E., & Yuliana, C. (2020). Komparasi Perilaku Konsumen Produk Halal Di Area Mayoritas Dan Minoritas Muslim. Jurnal Ekonomi Pembangunan LIPI.
Suryantoro, E. H. (2021). Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Implementasi ERP-SAP Pada Industri Retail di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi.
Talib, O. (2015). SPSS Analisis Kuantitatif Untuk Penyelidik Muda. MPWS Rich Publication.
Umaningsih, W. P. dan D. K. W. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi.
Unggul, U. E. S. A., & Barat, J. (2022). Analisis Regresi Data Panel. Modul Eviews 9.
WALUYO, E. (2021). Harijadi Kabupaten Pekalongan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan.
Wijaya, A., & Japutra, A. (2020). Kualitas layanan dalam industri retail modern.
Journal Community Development and Society.
Wildan, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech). In Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Wulandari, J. J. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kemanfaatan Terhadap Perilaku Konsumen untuk Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Pada Konsumen Starbucks Cabang Gambir). … Terhadap Perilaku Konsumen ….
Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2021). Dampak Ulasan Produk, Persepsi Kemudahan, promosi dan Persepsi Harga terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia.
Yudha Rahina, IB Made Suryawisesa, Anantasika, A., Negara, I. K. S., & Widowati, H. (2020). Metodologi Penelitian: Metode Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling.
Yuliana, O. Y. (2020). Penggunaan Teknologi Internet. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal Of Scientific Communication (JSC).
Zati, M. R., Zulkarnen Mora, & Endang Terangisa BR Sinuraya. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Dan Keuangan.
Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi
SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.
23SK2341331.00 | SK EKOS 23.331 DEN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain