SKRIPSI EKOS
Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Awareness Terhadap Preferensi Anggota KOSPIN Jasa Syariah Pekalongan Dalam Memilih Produk Pinjaman UMK
Koperasi di Indonesia banyak yang memiliki unit usaha simpan pinjam. Di bidang simpan pinjam, koperasi menghasilkan pendapatan melalui penyediaan layanan pinjaman. Layanan pinjaman itu sendiri adalah upah atau pembayaran khusus yang dibayarkan oleh anggota selain pinjaman utama dengan jumlah tertentu pada waktu yang disepakati. (+tujuan penelitian)
Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode kuantitatif deskriptif, adapun yang akan menjadi populasi dalam penelitian ini adalah anggota nasabah Kospin Jasa Syariah Pekalongan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah unknown population dengan hasil 96 responden. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Variabel dalam penelitian ini adalah Preferensi Anggota Kospin Jasa Syariah (Y), Brand Image (X1), Brand Trust (X2), Brand Awareness (X3).
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand image, brand awareness,dan brand trust secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap preferensi anggota dalam memilih produk dengan hasil nilai F hitung dalam tabel anova sebesar 0,00, maka F tabel 0,00 < 0,05. Brand image (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi anggota dalam memilih produk, dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan brand trust (X2) nilai signifikansi 0,390 maka tidak berpengaruh secara nyata atau signifikan terhadap preferensi anggota dalam memilih produk. Untuk variabel yang terakhir yaitu brand awareness (X3) nilai signifikansi 0,00 maka berpengaruh positif.
Kata Kunci : Brand Image, Brand Trust, Brand Awareness, Preferensi Anggota
DAFTAR PUSTAKA :
A. Buku :
Firmansyah, A. (2018) Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi analisis multivariate dengan program IMB SPSS 23. cetakan VIII. Universitas Diponegoro.
Wilujeng dan Edwar. 2013. Pengaruh Brand Awarenes dan Brand Ttrust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Universitas Negri Surabaya: Surabaya.
B. Jurnal:
Adiwidjaja, A.J. (2017) ‘Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse'
Adji, J., dan Semuel, H. 2014. Pengaruh satisfaction dan trust terhadap minat beli konsumen (purchase intention) di Starbuck The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.
Andespa, Roni. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Nsabah dalam Menabung di Bank Syariah. Jurnal Al-Masraf Lembaga Keuangan dan Perbankan Vol 2 No.1
Asnani, O.S. (2021) ‘Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Service Quality Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian di E-Commerce', 10, p. 16.
Efendy, P. and Suryadinata, Y.A. (no date) ‘Analisa Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty di Restoran D'Cost Surabaya', p. 15.
Fatriansyah, A.I.A. (2019) ‘Penerapan Jasa Pinjaman Dalam Simpan Pinjam Di Koperasi', Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 10(2). doi:10.32678/ijei.v10i2.138.
Hadi, Zahra M.,(2021) "Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Purchase Intention Pada Produk Kecantikan Ramah Lingkungan" Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan/Vol. 6/No. 3/Mei-2022: 254-259
Hadi, Mirza Mirtsa (2021) Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Purchase Intention Pada Produk Kecantikan Ramah Lingkungan Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan/Vol. 6/No. 3/Mei-2022: 254-259
Iswara, R.A.C. (2018) ‘Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang', p. 11.
Junia, Y.I. (2021) ‘Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pocari Sweat di Jakarta’, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(4), p. 360. doi:10.24912/jmbk.v5i4.12792.
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Prentice Hall, New Jersey.
Press Release (2022) ‘Tingkatkan Rasio Kewirausahaan, KemenkopUKM Siapkan Berbagai Program Strategis’. Available at: https://kemenkopukm.go.id/read/tingkatkan-rasio-kewirausahaan-kemenkopukm-siapkan-berbagai-program-strategis (Accessed: 25 March 2022).
Purnamasari, I. (2011) ‘Analisis Efektivitas Pembiayaan UMK pada Koperasi Syariah’, p. 4.
Sari, L., and Santika W.I (2017)’ Pengaruh Brand Image, Brand Association, Dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Produk Smartphone Merek Asus’, E- Jurnal Manajemen Unud , Vol. 6, No. 8, 2017: 4099-4126
Sari, S., Syamsuddin, S. and Syahrul, S. (2021) ‘Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makasar', Journal of Business Administration (JBA), 1(1), p. 37.
doi:10.31963/jba.v1i1.2678.
Supriyadi, S., Wiyani, W. and Nugraha, G.I.K. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian', Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1). doi:10.26905/jbm.v4i1.1714.
Yunaida, E. (2018) ‘Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa’, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), pp. 798–807.
doi:10.33059/jmk.v6i2.685.
23SK2341330.00 | SK EKOS 23.330 FAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain