SKRIPSI EKOS
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Sarung Batik di Kota Pekalongan (Studi Kasus Sarung Batik Saelan di Kelurahan Pringrejo Kota Pekalongan)
Perkembangan bisnis dibidang fashion muslim saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya yaitu sarung batik, salah satu produsen sarung batik di pekalongan adalah batik saelan. Batik Saelan telah berhasil memproduksi dan memasarkan produknya di dalam dan luar kota karena Batik Saelan mengutamakan kualitas produknya demi kepuasan pembeli. Sehingga para pembeli akan merekomendasikannya kepada orang lain. Batik saelan menginginkan adanya minat beli dari pelanggan yang sudah atau belum mengetahui tetang sarung batik saelan tersebut. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap minat beli pelanggan diantaranya adalah Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Kulitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Sarung Batik di Kota Pekalongan.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan di sarung batik saelan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa Citra Merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pelanggan sarung batik saelan, persepsi Kualitas Produk tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sarung batik saelan, Harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sarung batik saelan. Presepsi Promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sarung batik saelan. Sementara secara simultan Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sarung batik saelan.
Kata Kunci : Minat Beli, Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Promosi
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurachman, U. (2004). Analisis Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 6(1), 34–53. https://doi.org/10.9744/jmk.6.1.pp.34-53
Alice, Crow. Dan Lester D, Crow. (1992). Educational Psychology. New Jersey: Littlefeld Adams and Co.
Andrologi, Febrian. (2014). “Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty dan Dampaknya Terhadap Brand Equity,” (Mei), 17-48
Arini.B Ambar dan Asti M. (2011).Warisan Adiluhung Nusantara ,Yogyakarta, ANDI
Assauri, Sofyan. (2001). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Azwar,Saifuddin. (1999). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
B, Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Bungin, Burhan. (2005). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana.
Delanovaliyanisa, Virdha. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen pada Sepatu Merek Fladeo di kota Pontianak”, Jurnal Manajemen Update Volume: 07 No: 02, Prodi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura. Pontianak.
Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali,Imam Al. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang : Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, (2000). Manajemen Pemasaran
Hasan, (2011). Measuring Customer Satisfaction and Loyalty Through Service Fairness, Service Quality and Price Fairness Perception: An Empirical Study Of Pakistan Mobile Telecommunication Sector. Sci.Int.(Lahore), Vol. 25, No. 4, pp 895-904.
Kasiram, (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada
Kotler dan Keller, (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management, 14th ,Person Education.
Kotler, P. and G Armstrong. (2004). Principle of Marketing : 10thnEdition. New Jersey: prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 1
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philipdan Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Pilip dan Gary, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan Jakarta : Erlangga.
Latan, Hengky dan Temalagi, Selva. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
M. Mursid, (2006). Manajemen Pemasaran, (Jakarta : Bumi Aksara)
Noor, Juliansyah. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.
OL Sinaga, Ricky (2017) e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus
Philip Kotler dan Gary Armstrong, (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 (Jakarta: Erlangga,)
Priyatno, Duwi. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: ANDI.
Raharjo, Sahid. (2020). “Cara Melakukan Uji Linearitas dengan Program SPSS,” SPSS Indonesia, https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji- analisis-regresi-linear-sederhana.html.
Rianto, (2010). Dasar – Dasar Pemasaran Bank Syariah, ALFABETA: Bandung
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: Indeks.
Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatifdilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS, Jakarta: Kencana.
Slamet, A. & Sumarli. (2002). Pengaruh Perkiraan Biaya Produksi dan Laba Yang Diinginkan Terhadap Harga Jual Pada Industri Kecil Genteng Pres
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: CV Alfabeta
Sujarweni, V.Wiratna. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian : Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. Caps.
Supomo, Bambang dan Indriantoro,Nur. (2002). Metode Penelitian Bisnis, Yogyakarta: BFEE UGM cetakan kedua
Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda
Swastha, Basu . 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Swastha, Irawan, (2001). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Tjiptono, (2008), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono. (2011). Manajemen & Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Umar, Husein. (2009). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers
Umar, Husein. (2013). Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisa Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama 2017
Utami, Rizki. (2014). Ensiklopedia Batik dan Kain Hias Nusantara
Wulandari, Ari. (2011). Batik Nusantara. Yogyakarta: CV Andi Offset
23SK2341326.00 | SK EKOS 23.326 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain