TESIS PAI
Komparasi Strategi Pembelajaran Hafalan Juz Amma Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Program Reguler dan Program Takhasus Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Kota Pekalongan
Kehidupan masyarakat modern perlu nilai-nilai agama yang kuat pada anak. Para orang tua sudah banyak yang menyadari akan kebutuhan anak terhadap dasar-dasar agama yang kuat dan banyak lembaga pendidikan yang berfokus pada pembekalan agama yaitu melalui tahfidz (menghafal) Al-Qur’an. Hafalan juz amma diakui sebagai proses untuk memelihara menjaga dan melestarikan kemurnian Al-qur’an yang diturunkan kepada Rasullah Saw. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Bagaimana strategi belajar hafalan juz amma di program reguler Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Kota Pekalongan (2) Bagaimana strategi belajar hafalan juz amma di program takhasus Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Kota Pekalongan (3) Mengapa terjadi perbedaan strategi belajar hafalan juz amma antara program reguler dan program takhasus di Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Kota Pekalongan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah (1) Menganalisis strategi belajar hafalan juz amma di Program reguler MINU Buaran (2) Menganalisis strategi belajar hafalan juz amma di Program takhasus MINU Buaran Kota Pekalongan (3) Menganalisis perbedaan prestasi belajar hafalan juz amma antara program reguler dan program takhasus di MINU Buaran Kota Pekalongan. Penelitian ini penelitian penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif, akan diperoleh gambaran mengenai hafalan juz amma di masing-masing program baik program takhasus maupun program reguler di MI NU Buaran. hasil dari penelitian ini menggunakan strategi yang sama namun hasil yang berbeda karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam keberhasilan menghafal khusus program takhasus.
Program reguler di MINU Buaran memiliki strategi yang tepat dalam hafalan juz amma sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan adanya motivasi yang dilakukan para pendidik dan kedua orang tua. Program takhasus di MINU Buaran strategi pembelajarannya lebih runtut dan sistematis serta setoran hafalannya lebih banyak dari pada program reguler dan hafalan juz ammanya lebih intensif namun dalam hal prestasi belajar hafalan juz amma hasilnya masih dibawah program reguler karena kurangnya motivasi serta faktor orang tua yang mayoritas pekerja menjadikan peserta didik kurang dalam pantauan orang tua dirumah dan waktu dalam menghafal peserta didik.
23TS2352078.00 | TS P.PAI 23.078 DWI k | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain