TESIS PGMI
Pembinaan Kompetensi Profesional Pendidik Melalui Efikasi Diri Dalam Manajemen Kelas di MI 01 Raden Fatah Tegal
Seorang pendidik sebenarnya menyimpan potensi yang cukup tinggi untuk berkarya dan menambah kompetensi profesionalnya, akan tetapi tidak sedikit hal yang menjadikan para pendidik belum maksimal dalam meningkatkan beberapa potensinya untuk mencapai profesional. Maka dari itu perlu adanya pembinaan yang berkelanjutan dan terus-menerus dengan program yang memang mempunyai arah dan bersistem terhadap pendidik dalam meningkatkan profesionalnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pembinaan kompetensi professional pendidik di MI 01 Raden Fatah Tegal? 2. Bagaimana efikasi diri pendidik dalam manajemen kelas di MI 01 Raden Fatah Tegal? 3. Bagaimana implikasi pembinaan kompetensi professional pendidik melalui efikasi diri dalam manajemen kelas di MI 01 Raden Fatah Tegal? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1. Untuk menganalisis pembinaan kompetensi profesional pendidik di MI 01 Raden Fatah Tegal, 2. Untuk menganalisis efikasi diri pendidik dalam manajemen kelas di MI 01 Raden Fatah Tegal, 3. Untuk menganalisis implikasi pembinaan kompetensi profesional pendidik melalui efikasi diri dalam manajemen kelas di MI 01 Raden Fatah Tegal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data dalam penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa implikasi pembinaan kompetensi professional pendidik melalui efikasi diri dalam manajemen kelas di MI 01 Raden Fatah Tegal, pendidik merasa sangat terbantu dalam menciptakan proses belajar mengajar yang lebih bermutu dan dapat mengelola proses belajar mengajar dengan lebih baik dan sesuai dengan standar kompetensi serta bisa memungkinkan dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, pendidik mampu lebih interaktif dan solutif pada bermacam-macam masalah yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran. Dari segi peserta didik juga pendidik merasakan adanya peningkatan hasil dari proses pembelajaran secara tingkah laku dan juga prestasi hasil pembelajaran dalam nilai harian juga nilai ulangan.
23TS2353013.00 | TS P.PGMI 23.013 ADE p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain