TESIS PAI
Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Miftahul Hidayat Bandar Kabupaten Batang
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di MTs Miftahul Hidayah, Bandar, Kabupaten Batang yakni masih ditemui siswa-siswa yang berperilaku prokrastinasi akademik. Mereka tidak sewajarnya berperilaku sebagai seorang pelajar misalnya menunda kegiatan belajar, terlambat mengumpulkan tugas, mempersiapkan sesuatu dengan mendadak, mengerjakan pekerjaan rumah di ruang kelas, bahkan sampai gagal dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh guru. Ini menjadi perhatian tersendiri sehingga perlu adanya program yang tepat sasaran. Rumusan masalah penelitian ini di antaranya; 1) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar Kabupaten Batang? 2) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap terhadap prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar Kabupaten Batang? 3) Bagaimana pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara simultan terhadap prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar Kabupaten Batang?
Tujuan penelitian di antaranya; 1. Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar Kabupaten Batang 2. Untuk menganalisis pengaruhlkecerdasan emosionall terhadap prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar Kabupaten Batang. 3. Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional jika diuji secara simultan terhadap prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis statistik inferensial meliputi uji kualitas data (meliputi uji validitas dan reliabilitas data), uji asumsi klasik (meliputi uji normalitas, homogenitas, dan heteroskedastisitas data), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (meliputi uji parsial (statistik t) dan simultan (statistik F)), dan uji koefisien determinasi (R2)).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar, Kabupaten Batang karena nilai thitung (2,304) lebih besar daripada nilai ttabel (2,034). Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar, Kabupaten Batang karena nilai thitung (6,741) lebih besar daripada nilai ttabel (2,034). Motivasi belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di MTs Miftahul Hidayah Bandar, Kabupaten Batang karena nilai Fhitung (24,660) lebih besar daripada nilai Ftabel (2,890).
23TS2352089.00 | TS P.PAI 23.089 FAZ p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain