TESIS PAI
Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Berbasis Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar Siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya untuk mengetahui pengaruh pembelajaran al-Qur’an hadits berbasis media audio visual terhadap motivasi dan minat belajar siswa. Oleh karenanya dalam penelitian ini meneliti tentang bagaimana pengaruh pembelajaran al-Qur’an hadits berbasis media audio visual. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah pembelajaran al-Qur’an hadits berbasis media audio visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang?, Apakah pembelajaran al-Qur’an hadits berbasis media audio visual berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang?, Apakah pembelajaran al-Qur’an hadits media audio visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan minat belajar siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang?.” Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adakah pengaruh peningkatan motivasi belajar siswa, kemudian untuk menganalisis adakah pengaruh peningkatan motivasi belajar siswa, serta menganalisis apakah memberikan simultan terhadap peningkatan motuvasi dan minat belajar. Penelitian ini ditujukan guna memberikan sumbangsih wawasan pendidikan (kegunaan teoritis), maupun sebagai bahan referensi pembelajaran untuk pihak yang terkait (kegunaan praktis).
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dapat dikategorikan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data memakai metode korelasi regresi. Teknik analisis data dilakukan dengan media pengujian statistika.
Dari hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media audio visual pada suatu proses pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi pelajaran. Sesuatu yang sulit dicapai harus memerlukan suatu strategi. Seperti halnya dengan pencapaian tujuan pembelajaran tidak mudah didapatkan. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti melalui angket, bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual sangat mempengaruhi motivasi dan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis Media Audio visual (X) berpengaruh signifikan terhadap motivasi (Y1) dan minat belajar siswa (Y2). Nilai signifikan 0,017 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1, H2, dan H3 diterima.
23TS2352087.00 | TS P.PAI 23.087 ANI p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain