TESIS PAI
Implementasi Total Quality Manajemen Pendidikan (TQMP) Dalam Membina Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal
Latar Belakang penulisan ini adalah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tak jarang menjumpai kesulitan dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang di harapkan oleh satuan pendidikan. Karena itu, dibutuhkan pelayanan yang menyeluruh dalam menghadapi permasalahan pembelajaran tersebut. Dalam memberikan layanan pembelajaran menggunakan teori Total Quality Manajeman dimana seluruh stackholder memberikan pelayanan yang terintegrasi pada pembelajaran. Total Quality Manajeman adalah teori ilmu manajemen yang mengarahkan pimpinan organisasi, anggota personil, dan seluruh yang terlibat dalam organisasi agar melaksanakan program-program perbaikan mutu secara berkesinambungan dan berfokus pada pencapaian kepuasan (expectation) para pelanggan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 3 (tiga) Rumusan Masalah, yaitu 1) Bagaimana Perencanaan Total Quality Manajeman ( TQM ) di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal ?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Total Quality Manajeman ( TQM ) di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal?. 3) Bagaimana Evaluasi Total Quality Manajeman ( TQM ) di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal?.
Metode penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian tersebut merupakan penelitian lapangan. Data yang diperoleh dipaparkan secara terperinci sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan kepala sekolah, dan peserta didik yang ditetapkan sebagai informan dengan teknik purposif. dan penarikan simpulan serta menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian Implementasi Total Quality Manajeman ( TQM ) di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal yaitu (1) Perencanaan TQM yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal berjalan sesuai teori dan harapan hal itu terlihat dari terlibatnya seluruh elemen sekolah dan adanya pengukuran yang jelas dengan menggunakan analisis SWOT . (2) Pelaksanaan TQM secara umum sudah baik sesuai teori dimana kepala sekolah memiliki peran strategis dalam membina mutu pembelejaran PAI yakni dengan membentuk tim dan memberdayakan elemen sekolah namun dalam pelaksanaannya perlu diadakannya pelatihan guru/staf dalam penerapan TQM (3) Dalam evaluasi TQM di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tegal telah dilakukan sesaui teori dan terukur hal tersebut dapat dilihat dari adanya evaluasi haraian bulanan dan semesteran.
23TS2352085.00 | TS P.PAI 23.085 M.WA i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain