TESIS PAI
Implementasi Pembelajaran Tahfidz Qur'an dan Implikasinya Terhadap Pembinaan Karakter Siswa di SMA Al-Irsyad Kota Tegal
Pendidikan karakter selain sebagai bagian dari proses pembentukan moral anak bangsa, juga harus menjadi landasan utama untuk meningkatkan harkat dan martabat anak bangsa. Pembentukan karakter diawali dengan fitrah yang diberikan Rabbnya, kemudian membentuk jati diri dan perilaku. Proses pendidikan sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sehingga lingkungan memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku peserta didik. Sekolah dan masyarakat sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting.
Pembentukan karakter dicapai melalui belajar, di SMA Al-Irsyad siswa mempelajari Al Quran, khususnya Tahfidzul Quran. Dengan mempelajari Tahfidzul Quran akan banyak nilai-nilai yang dipelajari untuk dapat membentuk kepribadian siswa yang baik.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1) Menganalisis Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran di SMA Al-Irsyad Kota Tegal Terhadap Pengaruh Karakter Siswa. 2) Menganalisis dampak pembelajaran Tahfidz Al-Quran di SMA Al-Irshad Kota Tegal terhadap pengaruhnya terhadap kepribadian siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022 sampai bulan maret 2023. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Tahfidz, Guru Tahfidz, Wali Kelas, Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang dilakukan SMA Al-Irsyad adalah: a) talaqqi yaitu umpan balik antara guru dan murid. b) takrir, yaitu hafalan dengan bimbingan guru dan disetorkan kepada guru. c) muroja‟ah, yaitu dengan mengulang hafalan bersama-sama santri yang lain. d) mudarosah, yaitu, santri menghafal dengan bergantian dengan teman yang lain. e) tes yaitu, tes hafalan untuk mengetahui kelancaran hafalan santri. Kedua, Implementasi dari strategi pembelajaran Tahfidzul Qur‟an mampu merubah karakter siswa menjadi lebih baik. Karakter yang menonjol yaitu : religius, jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab, bersih, istiqomah, sabar, sopan santun.
23TS2352082.00 | TS P.PAI 23.082 NUR i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain