SKRIPSI AKSYA
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar, dan Kompetensi Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah Konsentrasi Auditing UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
Perguruan tinggi menjadi tempat untuk pembelajaran dan pembentukan karakter individu untuk menjadi seorang lulusan akuntansi yang professional. Dalam dunia usaha, akuntansi berperan penting dalam pengambilan keputusan perusahaan. Seorang mahasiswa yang memiliki pemahaman akuntansi adalah orang yang pandai, mengerti benar tentang akuntansi, memiliki pengetahuan akuntansi, mampu menanamkan sikap positif terhadap pengetahuan akuntansi, mampu memotivasikan agar pengetahuan akuntansi dimanfaatkan dengan baik serta terampil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi belajar, perilaku belajar, dan kompetensi dosen akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sejumlah 42 responden yang meliputi seluruh mahasiswa prodi Akuntansi Syariah konsntrasi Auditing UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. Dalam mengolah dan menganalisis data menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan kompetensi dosen akuntansi berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan perilaku belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi syariah konsentrasi auditing. Sedangkan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi syariah konsentrasi auditing.
23SK2343087.00 | SK AKSYA 23.087 ARI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain