TESIS PGMI
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MI Salafiyah Gapuro
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan di Indonesia, di mana matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Menurut hasil servei PISA 2018 kemampuan matematika siswa Indonesia memperoleh skor 379 yang menunjukkan peringkat 73 dari 79 negara. Dari capaian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa kemampuan numerasi peserta didik Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karenanya pengembangan bahan ajar etnomatematika dapat menjadi solusi untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan serta dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik pada materi matematika. Berdasarkan penjelasan dari guru kelas 6A MI Salafiyah Gapuro mengatakan bahwa prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika belum menunjukkan hasil yang diinginkan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana penggunaan bahan ajar matematika materi bangun ruang yang ada di MI Salafiyah Gapuro?” dan “Bagaimana perencanaan, pengembangan, penerapan, serta efektivitas penerapan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika materi bangun ruang dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Salafiyah Gapuro?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan bahan ajar matematika materi bangun ruang yang ada di MI Salafiyah Gapuro, serta mengembangkan dan menganalisis efektivitasnya.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VI A MI Salafiyah Gapuro yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Teknik analisis data meliputi analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa; uji validitas produk oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli bahasa; serta uji efektivitas produk dengan rumus N-Gain Score.
Dari analisis butir angket kebutuhan guru dan peserta didik, diketahui bahwa guru dan peserta didik membutuhkan pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika materi bangun ruang di MI Salafiyah Gapuro. Persentase skor uji validitas produk oleh ahli bahan ajar sebesar 96%, ahli materi 90%, dan ahli bahasa 88%, sehingga ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan sudah masuk dalam kategori Sangat Baik dan layak digunakan. Dari uji efektivitas produk, didapatkan N-Gain Score sebesar 0.72 atau ≥ 0.7 yang artinya termasuk dalam kriteria efektivitas tinggi.
23TS2353011.00 | TS P.PGMI 23.011 NUR p | My Library (Lt 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain