TESIS PAI
Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Soft Skill dan Attitude Untuk Membina Akhlak Mulia Peserta Didik Di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan
Latar belakang penelitian tesis ini, adanya perilaku peserta didik di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan yang kurang berani berbicara di depan umum, penggunaan bahasa Indonesia kurang baik, kurang disiplin, minim tanggung jawab, kurang peduli terhadap lingkungan, dan kurang kreatif dalam beberapa proses pembelajaran, minimnya penerapan nilai-nilai agama. Sehingga perlu adanya proses penguatan pendidikan karakter khususnya melalui soft skill dan attitude. Rumusan masalah penelitian ini adalah Mengapa SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan menerapkan penguatan pendidikan karakter melalui soft skill dan attitude untuk membina akhlak mulia peserta didik? Bagaimana penguatan pendidikan karakter melalui pengembangan soft skill dan attitude untuk membina akhlak mulia peserta didik di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan? Bagaimana implikasi dari penguatan pendidikan karakter melalui pengembangan soft skill dan attitude untuk membina akhlak mulia peserta didik di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan?
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah Menganalisis latar belakang SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan menerapkan penguatan pendidikan karakter melalui pengembangan soft skill dan attitude untuk membina akhlak mulia peserta didik. Menganalisis proses penguatan pendidikan karakter melalui pengembangan soft skill dan attitude untuk membina akhlak mulia peserta didik di SMK Muhammadiyah Bligo. Menganalisis implikasi dari penguatan pendidikan karakter melalui pengembangan soft skill dan attitude untuk membina akhlak mulia di SMK Muhammadiyah Bligo.
Dalam Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Kemudian diuji validitasnya menggunakan teknik triangulasi, dalam hal ini triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukan alasan adanya pendidikan karakter agar peserta didik memiliki lima karakter utama, membekalinya dengan 4C melalui soft skill dalam menghadapi abad 21 dan memiliki kecerdasan emosional melalui attitude yang baik. Dalam pelaksanaanya melalui kegiatan: pembiasaan yang terbagi dalam kegiatan rutin, spontan, terprogram dan keteladanan. intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Soft skill melalui ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan kreatif dan inovatif, ketrampilan komunikasi dan ketrampilan kolaborasi. Attitude dapat terlihat dari pembiasaan-pembiasaan yang baik, sopan, ramah. Implikasi pendidikan karakter melalui soft skill dan attitude membentuk karakter peserta didik lebih berkarakter dan berakhlak mulia.
23TS2352073.00 | TS P.PAI 23.073 NUR p | My Library (Lt 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain