TESIS PAI
Integrasi Program Adiwiyata Sekolah Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan Bagi Peserat Didik di SMP N 1 Tirto Pekalongan
Integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI merupakan proses memadukan sebuah nilai peduli lingkungan tertentu terhadap sebuah konsep dalam Islam sehingga menjadi satu kesatuan yang berhubungan dan tidak dapat dipisahkan atau proses pembaruan hingga menjadi kesatuan yang utuh. Rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana model integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Tirto Pekalongan? 2) Bagaimana proses pelaksanaan integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Tirto Pekalongan? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Tirto Pekalongan? 4) Apa implikasi dari integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI dalam membentuk perilaku peduli terhadap lingkungan bagi peserta didik di SMP N 1 Tirto Pekalongan?.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis model integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI 2) untuk menganalisis proses pelaksanaan integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI 3) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI 4) untuk menganalisis implikasi dari integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI dalam membentuk perilaku peduli lingkungan bagi peserta didik di SMP N 1 Tirto Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kasus yang dipelajari dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI dalam membentuk perilaku peduli lingkungan bagi peserta didik di SMP N 1 Tirto Pekalongan.
Hasil penelitian ini adalah model integrasi yang digunakan di SMP N 1 Tirto Pekalongan termasuk model terkoneksi dengan 3 kegiatan yakni integrasi pada proses pembelajaran PAI, integrasi pada kegiatan di sekolah dan integrasi pada kegiatan di luar sekolah. Proses pelaksanaan integrasi program adiwiyata sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Tirto Pekalongan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukungnya adalah guru, motivasi peserta didik dan sarana prasarana yang mendukung, adapun faktor penghambatnya adalah minimnya pemahaman warga sekolah mengenai integrasi program adiwiyata sekolah dan kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik untuk menjaga lingkungan sekolah dengan baik. Implikasi dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan, dapat membentuk kebiasaan perilaku peduli lingkungan serta dapat membentuk perilaku gemar menjaga lingkungan pada diri peserta didik.
23TS2352072.00 | TS P.PAI 23.072 LIN i | My Library (Lt 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain