TESIS PAI
Implementasi Pembelajaran Mata Pelajaran Ahlussunnah Wal Jama'ah Dalam Membina Karakter Moderat Pada Siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan
Adanya perilaku melanggar dalam karakter siswa dan lunturnya karakter moderat pada siswa yang ada di jawa timur, siswa yang tidak mau hormat kepada bendera merah putih dan pancasila.. Dengan begitu, perlu adanya implementasi pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat dengan pembelajaran maupun kegiatan kultur asawaja, seperti: Pembacaan Yasin Tahlil Bersama, Maulid Dhiba’, Manaqib, Ratiban, Simtud Duror, Istighosah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), dan Berbagi dengan yang lain. Hal ini membentuk karakter moderat, seperti: Tawasuth, Tasamuh, Tawazun, Ta’adul (I’tidal) dan Amr Ma’ruf Nahi Munkar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan? Bagaimana evaluasi pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah adalah: Untuk menganalisis perencanaan pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan, Untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan, Untuk menganalisis evaluasi pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan.
Metode Penelitian ini, menggunakan Penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Field Risearch, peneliti langsung terjun ke lapangan yang akan digunakan sebagai penelitian. Dan sumber data primer dan skunder, primer dengan cara wawancara, sedangkan primer dengan bservasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik kebasahan data dengan triangulasi data waktu, wawancara yang dilakukan berulang dalam pertanyaan yang sama akan tetapi di hari yang berbeda, hal ini bertujuan untuk apakah data ini benar-benar valid atau tidak.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran mata pelajaran ahlussunnah wal jama’ah dalam membina karakter moderat pada siswa. Dengan pembelajaran dan pembiasaan kegiatan kultur aswaja meliputi: Pembacaan Yasin Tahlil Bersama, Maulid Dhiba’, Manaqib, Ratiban, Simtud Duror, Istighosah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Strategi membina karakter moderat di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan yaitu mengajak semua siswa dan guru dengan pembiasaan kegiatan kultur aswaja, memberikan teladan yang baik, dan melalui peringatan hari besar Islam.
23TS2352070.00 | TS P.PAI 23.070 MUH i | My Library (Lt 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain