SKRIPSI EKOS
Marketing Online Shop Pada Ninis Batik Pekalongan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islami
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan e-commerce bagi para pelaku bisnis seperti online shop Ninis Batik Pekalongan untuk mengembangkan usahanya. Pertumbuhan teknologi globaliasi ekonomi menimbulkan dampak bagi semua kalangan secara global, E-commerce merupakan suatu konsep yang relatif baru yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan proses pembelian dan penjualan atau bertukar produk, layanan, serta informasi melalui jaringan internet. Para pengusaha memanfaatkan e-commerce sebagai media untuk memasarkan produk serta untuk melakukan transaksi jual beli melalui media sosial, manfaat dari media sosial untuk berbinis adalah dapat menyebarluaskan produk dengan cepat dan mudah dan tentunya mendapat pangsa pasar yang meluas. Didalam melakukan transaksi bisnis melalui e-commerce tidak lupa juga memperhatikan etika bisnis Islam yang harus diterapkan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsi analisis. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-commerce memiliki peranan yang penting dalam berkembangnya usaha. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari peningkatan penjualan, omzet yang didapatkan dan juga meluasnya mangsa pasar. Dalam menjalankan bisnispun sudah menerapkan etika bisnis islami berupa prinsip kejujuran, ketetapan, loyalitas dam keadilan. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa berbisnis melalui sistem online mempunyai banyak manfaat diantaranya memudahkan dalam berpromosi maupunn bertransaksi yang dapaat dilakukan tanpa ada batasan waktu dan tempat serta dapat memperluas jangkauan wilayah pasar.
Kata kunci : E-commerce, Media Sosial, Kualitatif, Etika Binis Islami.
DAFTAR PUSTAKA :
Adiarman Karim. 2007. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ahmad Muhazir, Yessica Siagian, Iga Amelia, (2018). Pemanfaatan E-commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Sapu Lidi (Studi Kasus UD. Gambaro Putro Air Joman). Seminar Nasional Royal (SENAR).
Ahmadi, Chandra, & Dadang Hermawan. (2017). E-Business dan E-Commerce. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Antonio, Muhammad Syafi'i. (2001). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Arif, Purkon. (2014). Bisnis Online Syariah. Jakarta: Grandmedia Pustaka Utama.
Arisandi, Yuswan Tio. (2018). Efetivitas Penerapan E-commerce dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Sentra Industri Sandal dan Sepatu Wedoko Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol. 6. No. 2.
Asnawi, Haris Faulidi. (2004). Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam. Yogyakarta: Magistra Insania Press.
Aziz, Abdul. (2013). Etika Bisnis Prespektif Islam. Bandung: Alfabeta.
Bertens, Kees. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
Fadhillah, Nur. (2020). Transakasi Bisnis E-commerce Dalamm Prespektif Islam. Jurnal Al-QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine). Vol. 6. No 2.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis.
Khotimah, Khusnul. (2021). Efektivitas E-commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Store CP-Shopoline99 Pasir Pangaralan. Skripsi : Fakultas Syariah Dan Hukum.
Universitas Islam Negeri Sultan Syariff Kasim Riau.
Kurniawati, A. D. (2019). Transaksi E-commerce Dalam Prespektif Islam. El Barka: Journal of Islamic Economic and Business. Vol. 2. No. 1.
Lindawaty, Sewu, & Ibrahim Jones. (2007). Hukum Bisnis Dalam Persepsi Manusia Modern. Bandung: PT Refika Aditama.
M, Husaini. (2015). Bisnis E-commerce Dalam Prespektif islam. Jurnal Ilmu dakwah Dan Pengembangan Komunitas. Vol. 9. No. 2.
Maryama, Siti. (2013). Penerapan E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity. Vol 2. No. 1.
Maulana, Shabur Miftah dkk. (2015). Implementasi E-commmerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 29. No 1.
Mirsah, A. P. (2020). Efektivitas Pemanffaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Bisnis Online Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Makassar Dagang). Skripsi : Fakultas Ekonomi Universittas Negeri Makasssar.
Moleong, Lexy J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutiarasari, Aisya. (2019). Implementasi Bisnis Online Syariah Melalui E-commerce Dalam Meningkatkan Pennjualan Di Yukshijab Pasuruan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Ningsih, Reni Widya. (2020). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online di Tokopedia. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nuryanti. (2013). Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil, dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi. Vol 21. No. 4.
Nusa, Puta. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan Konselin. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Prastowo, Andi. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Pujiyanti, S. D., & Wahdi, A. (2020). Transaksi Bisnis Online dalam Prespektif Islam. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam. Vol. 2. No. 2.
Rifaldi. (2019). Transaksi E-commerce pada Facebook Marketplace dalam Prespektif Eonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universutas Islam Negeri Alauddin Maskassar.
Rita Irviani, Nur Fitri, (2019). Analisis pemanfaatan Mobile Commerce Untuk Hijab Dan Busana Daerah Gedong Tataan Untuk Meningkatkan Aset Penjualan. Jurnal Aktual STIE Trisna. Vol 17. No. 2.
Salsabila, S. C. (2021). Analisis Media Promosi Instagram Terhadap Omzet Usaha Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Rumah Makan Nasi Jamblang Mama Ocha). Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sari, A. P. (2020). Penggunaan Instant Messanging (Whatsapp) Sebagai Promosi Barang Dagangan Online Bagi Reseller (Studi Kasus Family Shop Kabupaten Bone) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone.
Siregar, Riki R. (2010). Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce.
Sugeng. (2017). E-commerce Sebagai Pendukung Pemasaran. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma. Vol. 4. No. 1.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet, Ke-20. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Timothy, James. (2010). Membangun Bisnis Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yohana Asmaradewi, (2019). Peran Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Cafe Mas Bro. Skripsi: Universitas Semarang.
23SK2341321.00 | SK EKOS 23.321 YAS m | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain