SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Lifestyle, Program Flash Sale, Dan Diskon Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Situs Belanja Online Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lifestyle, Program Flash Sale, dan Diskon Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Situs Belanja Online Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran)
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden yakni konsumen muslim pengguna aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif dengan Sig. (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (3,824 >1,986). (2) Program Flash Sale tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif dengan Sig. (0,310 > 0,05) dan nilai thitung < ttabel (1,022 < 1,986). (3) Diskon Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif dengan Sig. (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (4,313 > 1,986). (4) Gender tidak memoderasi pengaruh Lifestyle terhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (-0,297 < 1,986). (5) Gender tidak memoderasi pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (-0,988 < 1,986). (6) Gender tidak memoderasi pengaruh Diskon terhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (1,458 < 1,986).
Kata Kunci: Lifestyle, Program Flash Sale, Diskon, Perilaku Konsumtif, dan Gender
DAFTAR PUSTAKA :
Aji, Elia Cahyo. (2022). Pengaruh Flash Sale Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Fashion: Gender Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi: Universitas Kristen Satya Wacana.
Amanah, Dita dan Stephany P Pelawi. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, Volume III No. 2
Anggraini, Ranti Tri dan Fauzan Heru Santhoso. (2021). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja.Gadjah Mada Journal Of Psychology. Volume 3, No. 3.
Anwar, Prabu Mangkunegara. (2009). Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama
Aslami, Alifia Primasari Nur. (2020). Pengaruh Terpaan Program Flash Sale Tokopedia, Brand Awareness dan Status Ekonomi Terhadap Perilaku Membeli Mahasiswa. Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ardhinata, Ahliwan, Sunan Fanani. (2015). Keridhaan (Antaradhin) Dalam Jual Beli Online (Studi Kasus UD. Kuntajaya Kabupaten Gresik. Jurnal JIESTT, Vol. 2 No. 1.
Aziz, T., A. Taman. (2016). Pengaruh Love Of Money Dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UNY Angkatan 2013 Dan Angkatan 2014). Jurnal Nominal, Volume 4, No. 2.
Bawono, A. (2018). Ekonometrika Terapan Untuk Ekonomi dan Bisnis Islam Aplikasi Dengan Eviews. LPM Press.
Danang, Sunyoto. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. CAPS: Yogyakarta.
Donni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen. Alfabeta: Bandung.
Eranti, Erza Kurnia. (2017). Pengaruh Potongan Harga Pada Produk Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi: Unniversitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Ferrinadewi, Erna. (2008) Merek & Psikologi Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Himawan, Helmi. (2019). Pengaruh Promosi “Flash Sale” Lazada Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei Terhadap Followers Instagram Lazada Indonesia). Skripsi: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia Diakses Pada 7 Maret 2022 pada jam 19:07 WIB.
Ilwah, Adriana. (2009). Kurikulum Berbasis Gender (Membangun Pendidikan yang Berkesetaraan). Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, No. 1.
Irianti Asisi. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya hidup, dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 2, No. 1.
Kasdi, Abdurrohman. (2013). Tafsir Ayat-Ayat Konsumsi dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Ekonomi Islam. Jurnal Equilibrium, Volume 1.
Khinanti, Arum Gayuh. (2020). Pengaruh Diskon, Lifestyle dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan Pada Online Shopee. Skripsi : IAIN Pekalongan.
Kotler, P. dan G. Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Ke-12. Jilid Ke-1). Jakarta: Erlangga
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Latan, h., & Temalagi, S. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Alfabeta.
Lemeshow, Stanley Jr, David W Hosmer Klar, Janelle Lwanga, Stephen K. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan.
Lexy J, Moloeng. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Liana, L. (2009). Penggunaan MRA Dengan SPSS Untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating Terhadap Hubungan Antara Variabel Independen Dan Variabel Dependen. Jurnal Dinamik, Volume 14, No. 2.
Lina, dkk. (2008). Perilaku Konsumtif Berdasar Locus Of Control Pada Remaja Putri. Jakarta: Grafindo.
Meiranti, Lici. (2015). Pengaruh Online Shop Pada Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Perspektif Gender. Skripsi: IPB.
Melisa, Angra, dan Saftia Wulandari. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Scientific Journals of Economic Education SJEE Volume 2, Nomor 1.
Mowen, John C., Minor, Michael. (2012). Perilaku Konsumen. Dialih bahasakan oleh Dwi Kartika. Jakarta: Erlangga.
Peter, J paul, Jerry C., (2008). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Keempat. Erlangga
Philip, Kotler, K. Keller. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Purwaningsih, Avrilia Gusti, Nurhadi. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan dan Gender Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 10, No. 2.
Putra, Nobel Ibrahim, Pangestuti, Edriana Devita, dan Lusy Deasyana Rahma. (2018). Pengaruh Diskon Dan Pemberian Hadiah Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fashion Retail (Survei Online Pada Konsumen Matahari Departmen Store di Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 61, No. 4.
Primadahni, Erry Fitria. (2012). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Diskon. Skripsi: UIN Malang.
Priansa, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Rasyid, Arbanur. (2019). Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Agama Islam. Jurnal Hukum Ekonomi.
Regina C. M. Chita, Lydia David, dan Cicilia Pali. (2015). Hubungan Antara Self-Contro Dengan Perilaku Konsutif Onlin Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011, Jurnal E-Biodik Vol. 3. No. 1.
Rika Pristian Fitri Astuti. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi Dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro.
Jurnal Edutama, Vol. 03, No. 2.
Setiadi, Nugroho J. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Kencana.
Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Media Group.
Setiyowati, Agustina, Dwi Hastjarja Kustijana. (2017). Pengaruh Discount Price In-Store Display Dan Sales People Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Impulse Buying Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia, Vol. 1, No. 1.
Singka, Chika Nopila. (2021). Pengaruh Program Flash Sale Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Survey Pada Mahaiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pasundan Bandung. Skripsi: Universitas Pasundan Bandung.
Siti Mubarokah, Maria Rio Rita. (2020). Anteseden Perilaku Konsumtif Generasi Milenial: Peran Gender Sebagai Pemoderasi. International Journal Of Social Science And Business, Vol. 4, No. 2.
Siyoto, S., Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Meode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Aluntansu Dengan SPSS. Pustaka Baru Press.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Jenis Diskon. Jurnal Pemasaran.
Wahyudi. (2013). Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza. Ejournal Sosiologi, Volume 1, No. 4.
Widyayati, Nora. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja, Keterlibatan Fashion dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi ((Studi Pada Remaja di Surabaya). Skripsi: Universitas Airlangga.
Wigati, Sri. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum dan Bisnis
Yusuf, Muro. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenamedia Group.
Waninghiyun, Agnes Halida. (2019). Peran Promo Diskon Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari’ah Iain Kediri Angkatan 2015). Skripsi: IAIN Kediri.
Wazzianna, Winia, dkk. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No.2.
Zakkiyah, Amalina Maryam. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Volume 4.
23SK2341320.00 | SK EKOS 23.320 MUN a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain