SKRIPSI EKOS
Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Konsumen Muslim Tokopedia di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)
Fenomena E-commerce yang semakin popular berdampak pada perilaku konsumen dalam hal berbelanja. Masyarakat lebih senang menggunakan e-commerce untuk mencari atau membeli produk yang mereka butuhkan. Peningkatan perilaku konsumen secara online dapat meningkatkan kecenderungan untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis dan potongan harga terhadap pembelian impulsif dengan emosi positif sebagai variabel moderating.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dan MRA dengan bantuan SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Potongan harga berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, Kemudian emosi positif tidak memoderasi motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif, emosi positif tidak memoderasi potongan harga terhadap pembelian impulsif.
Kata kunci: Motivasi Belanja Hedonis, Potongan Harga, Emosi Positif, Pembelian Impulsif.
DAFTAR PUSTAKA :
abidin, A. R., & Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response ( S-O-R ) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 6(2), 74–90.
Afida, A., & Zamzami, M. T. (2020). Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu Di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. J-Hes: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 04(2), 96–111.
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee Id. Jamin : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. Https://Doi.Org/10.47201/Jamin.V2i2.51
Alfani, M. H. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Pada Produk Online Menurut Ekonomi Syariah. 2507(February), 1–9.
Andriani, L. A. (2021). Pengaruh Emosi Positif, Potongan Harga, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. 23(3), 454–462.
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Indomaret Di Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 369. Https://Doi.Org/10.24843/Eeb.2019.V08.I04.P03
Basuki, A. T. (2015). Penggunaan Spss Dalam Statistik. Danisa Media.
Darmaningrum, P. C. C., & Sukaatmadja, I. P. G. (2019). Peran Shopping Enjoyment Memediasi Pengaruh Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3756.
Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I06.P17
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Pt Remaja Rosdakarya.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss. Deepublish.
Dwi Putri, M. N. (2019). Pengaruh Emosi Positif Dan Ekuitas Merek Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Wanita Dikota Bandung. 5–10.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 19 (Cet Ke-5). Bp Undip.
Handoko, B., & Amalia, N. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Chatime Dengan Positive Emotion Sebagai. 68–80.
Hendryadi, S. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Kencana Prenadamedia Grup.
Himmah, S. ’Aliyatul. (2019). Pengaruh Service Recovery Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank Bri Cabang Malang).
4(September), 210–222.
Husna, M., & Lubis, P. H. (2019). Pengaruh Motivasi Utilitarian Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada Pengunjung Sport Station Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 4. No, 14–15.
Ikanubum, D., Setyawati, S. M., & Afif, N. C. (2019). Pengaruh Hedonic Shoppingterhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif (Survei Pada Konsumen Toko Fashion X). 21.
Jinny, A., Laura, W., Bisnis, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2022). Pengaruh Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying Dengan P Ositive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Sale Sociolla. 10.
Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik Di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2), 129. Https://Doi.Org/10.30588/Jmp.V7i2.362
Liantifa, M., & Haryono, G. (2022). Discount , Promotion Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop. E-Journal Al-Dzahab, 3(1), 10–20.
Mamuaya, N. C. (2018). The Effect Of Sales Promotion And Store Atmosphere On Hedonic Shopping Motivation And Impulsive Buying Behavior In Hypermart Manado City. Derema (Development Research Of Management): Jurnal Manajemen, 13(1), 83. Https://Doi.Org/10.19166/Derema.V13i1.785
Mulyana, A. E., & N.I, A. P. (2020). Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern Di Kota Batam. Journal Of Applied Business Administration, 4(1), 18–22. Https://Doi.Org/10.30871/Jaba.V4i1.1938
Nasution, S. (2016). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Pt Bumi Aksara.
Negara, B. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh Atmosfer Ritel Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif. 7(7), 3944–3973.
Pramita, E. O. (2019). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Dan Gaya Hidup Berbelanja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Toko Zara Surabaya). Universitas Negeri Surabaya.
Prasetia, Khalid H. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Ummagelang).
Universitas Muhammadiyah Magelang.
Pratomo, D., & Ermawati, L. (2019). Kecenderungan Pembelian Impulsif Ditinjau Dari Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Pengunjung Malioboro Mall Yogyakarta). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 240–252. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V2i2.103
Priyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (C. Teddy (Ed.)). Zifatama.
Purnama Wulandari, L., Qomariah, N., & Rozzaid, Y. (2019). Peran Discount Price, Emosi Positif, Dan Faktor Situasional Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Di Ramayana Departement Store Banyuwangi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember, 1–15.
Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statisik Ekonomi Dan Bisnis Dengan Spss (Cetakan Ke). Cv Wade Group.
Putri Maharanie, R., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2020). Pengaruh Lingkungan Toko Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Profit, 14(01), 12–21.
Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Profit.2020.014.01.2
Putri, N. A. (2021). Pengaruh Brand Knowledge Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Moderasi. Simba, 2(4), 15.
Rahayu Fitri, P., Armereo, C., & Marzuki, A. (2020). Praktikum Statistik. Ahli Media Press.
Rifai, A. (2020). Analisis Pengaruh Lingkungan Toko, Emosi Positif Dan Motif Hedonis Terhadap Pembelian Tidak Direncanakan Pada Bangkut Mart Sapuran Wonosobo. Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 1(2), 281–289.
Salim, A., & Fermayani, R. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departemen Store Padang. Vii(3), 1–14.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Themba, O. S., Hamdat, A., Alam, N., & Negara, K. (2021). Impulse Buying On Users Of Online Shopping. 8(1), 104–111.
Tirtaasari, Y., Hidayati, N., & Wahono, B. (2021). No Title Pengaruh Price Discount, Shopping Lifestyle Dan Consumer Trust Terhadap Impulse Buying Pada Situs Marketplaces Shopee (Studi Pada Mahasiswa Feb Unisma Pengguna Aplikasi Shopee). E- Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 46–57.
Trifiyanto, K. (2019). Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising Dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying. 2(September), 29–37.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 2(2), 144–154. Https://Doi.Org/10.32639/Jimmba.V2i2.457
Wibowo, G. R., & Sari, D. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. 8(2), 1252–1271.
Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Tokopedia Di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360–368.
23SK2341310.00 | SK EKOS 23.310 DIY p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain