SKRIPSI EKOS
Pengaruh Sistem Cash On Delivery (COD), E-Service Quality, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce (Studi Kasus Konsumen Muslim E-Commerce Shopee Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal)
Minat beli merupakan kesukaan ataupun keterikatan terhadap jasa serta benda untuk memiliknya. Adapun faktor adanya minat beli berasal dari dalam diri seorang konsumen maupun dari luar konsumen itu sendiri. Seperti halnya pada penelitian ini disebabkan oleh faktor dari adanya sistem Cash On Delivery, Pelayanan elektronik (E-Service Quality) dan promosi.
Jenis penelitian ini ialah penelitian yang mempunyai jenis riset lapangan, Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif cenderung pada deskriptif. Sumber data yang digunakan didalam penelitian ini ialah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yakni konsumen muslim E-commerce Shopee desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan menggunakan kuesioner dengan format Google Form.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sistem Cash On Delivery tidak berpengaruh terhadap minat beli. Variabel E-service Quality, dan Promosi secara secara parsial berpengaruh terhadap minat beli. Secara simultan variabel sistem Cash On Delivery, E-service quality dan promosi berpengaruh positif terhadap minat beli,
Kata kunci: Cash On Delivery, E-Service Quality dan Promosi.
DAFTAR PUSTAKA :
Andini, C., & Ariyanti, M. (2016). Pengaruh E-service Quality Terhadap Minat Beli Pengunjung Online Store Lazada Indonesia. 3(2), 1289–1295.
Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19, 12–26.
Andriani, E. R., Pujianto, A., & Andayani, S. (2022). Pengaruh Sistem Pembayaran COD , Gratis Ongkir Dan Review Pembeli terhadap Minat Beli Baju Di Lazada. 297–301.
asiyah, siti: (2021). Pengaruh Keamanan , Kemudahan , Kepercayaan dan Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Online pada Situs Jual Beli Shopee. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 96–109.
Aulia, M. Z. (2017). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Pembelian Produk Busana Muslim di Lazada Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Barriyah, K., & Suyanto, A. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Minat Beli Pengunjung Toko Online Shopee.co.id. e-Proceeding of Management : Vol.6, No.1. ISSN : 2355-9357
Cruisietta kaylana, sri yanthy. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo) Cruisietta. 10(1), 1–9.
Fauziah, S. A., & Hasbi, I. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Berrybenka Abstrak. 5(3), 25–31.
https://doi.org/10.37531/yume.vxix.546
Fiona, D. R. (2020). Pengaruh Promosi penjualan dan E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi pada pelanggan Gopay di Jabodetabek ).Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 9. (1), 333-341.
Fitriani, M., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Lazada Di Media Sosial. JUKPEND (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan), 4, 46–51.
https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.22431
Halaweh, M. (2017). Intention to Adopt the Cash on Delivery ( COD ) Payment Model for E-commerce Transactions : An Empirical Study. 628–637. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59105-6
Halaweh, M. (2018). Cash on Delivery ( COD ) as an Alternative Payment Method for E-Commerce Transactions : Analysis and Implications. 10(4). https://doi.org/10.4018/IJSKD.2018100101
Hasim, D., & Kusumo, N. (2019). Pengaruh Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Pada S Plus Indonesia. 550–563. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HUMANIS.
Indriana, yeni, B. (2021). Pengaruh social media marketing, e-service quality, dan review content terhadap minat beli pada umkm produk organik. Jurnal Ilmu Manajemen. 9, 1563–1571.
Irvanto, O. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). 8(2), 105–126.
Iyan Suyoto, T. S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen Apple Store Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 126–132.
Juniarni, S., & Afriany, A. N. (2022). Analisis Minat Beli Pelanggan Melalui Sistem Penjualan Cash on Delivery Study Kasus Butik Kemazena di Kabupaten Mamuju. 1(1), 23–29.
Munawaroh, H. I. (2020). Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan terhadap keputusan Pembelian online melalui sistem E-commerce Shopee.
Omas, P., Kurniawan, M., & Lorensia, F. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs E- Commerce ( Shopee , Tokopedia , dan Bukalapak ). 1, 370–381.
Renaldy, B. (2020). Analisis pengaruh promosi penjualan, kemanan berbelanja dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli online pada marketplace shopee (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 3.
Satriyo, B. (2019). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Review Content dan E-Service Quality. Skripsi. IAIN Salatiga.
Silviasari, S. (2020). Penyelesaian Sengketa Konsumen Dan Pelaku Usaha Dalam Transaksi E-Commerce Melalui Sistem Cash On Delivery. Media of Law and Sharia, 1, 151–161.
https://doi.org/10.18196/mls.v1i3.9192
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung : ALFABETA
Suhatman, N. (2020). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. 1(2), 26–41.
Tri prayudha, bagus. (2018). Pengaruh kemudahan, risiko, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online pada tokopedia.com. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen e-ISSN: 2461-0593.
Widodo, R. (2022). pengaruh gratis ongkos kirim, flash sale, cash on delivery terhadap keputusan pembelian. Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.
23SK2341308.00 | SK EKOS 23.308 AFR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain