SKRIPSI EKOS
Pengaruh Green Marketing, Labelisasi Halal, Atribut Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Indomilk (Studi Kasus Kecamatan Wonokerto)
Green marketing (pemasaran hijau) adalah pokok yang ramai dibahas di masyarakat saat ini. Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim demi ketentraman dan kenyamanan konsumen pelaku usaha wajib menampilkan labelisasi halal yang sah dikeluarkan oleh pemerintah. Maka dari itu, atribut merupakan sifat-sifat yang menjadi dasar dari sebuah produk yang akan jadi evaluasi konsumen saat akan membeli sebuah produk. Aspek kualitas produk sangat penting dalam suatu produk, biasanya konsumen akan membeli produk yang berkualitas untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya sehingga mampu memunculkan minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian suatu produk. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) menguji pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian; 2) menguji Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian; 3) menguji Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian; 4) menguji Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research dengan kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen produk susu Indomilk di Kecamatan Wonokerto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dan untuk menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian variabel green marketing, labelisasi halal, atribut produk, dan kualitas produk secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,741 atau 74,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 74,1% keputusan pembelian ditentukan oleh green marketing, labelisasi halal, atribut produk, dan kualitas produk. Sedangkan sisanya 25,9% dijelaskan di variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini.
Kata kunci: Green Marketing, Labelisasi Halal, Atribut Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA :
Aditi, B. (2018). Pengaruh Atribut Produk Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 19(1), 64-72.
Annisa, N. (2017). Pengaruh Promosi Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Indomilk Pada Pt. Indolakto Cabang Medan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Ardiansyah, R. A., & Wibowo, T. S. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Susu Indomilk Di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Journal Of Sustainability Bussiness Research (Jsbr), 1(1), Art.
Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Jurnal Semarak, 1(1), 108–115.
Arifiana, W. E., Kumadji, S., & Fanani, D. (2013). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling Rw 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 231–240.
Bayu, D. K., Ningsih, G. M., & Windiana, L. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Chatime. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), 239–256.
Busrah. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Fkip Unasman. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam, 4(2), 1-16.
Fauzan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Penganggaran Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Sekolah. Soedirman Economics Education Journal, 2(2), 1–16.
Ghazali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Undip.
Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jeb17: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(01).
Halawa, D. A., & Dewi, L. K. C. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Cair Dalam Kemasan Siap Minum Merek Ultra Milk Di Kabupaten Badung (Studi Pada Konsumen Ultra Milk Di Kabupaten Badung–Bali). Prospek Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–6.
Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal Of Applied Business Administration, 3(1), 40–52.
Iranita, M. R. A. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2(1), 1-15.
Ismunandar, I., Muhajirin, M., & Haryanti, I. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Di Kota Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 161–166.
Kurniadin, A., Hufron, M., & Basalama, M. R. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bima).
Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(01).
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Latan, Hengky dan Selva Temalagi 2013. Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0, Bandung : Alfabeta.
Melia, Nur Indah S. 2010. Statistik Deskriptif dan Induktif, Ed. 1 Cet. 1, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Mufarrohah, U., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Atribut Produk, Motif Hedonic Dan Motif Utilitarian Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 5(2).
Muthaher, O., & Prasetyo, I. N. (2014). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Roe Dan Eps Sebagai Proksi Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 71–85.
Nabilla, I. N., & Feranita, N. V. (2022). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Tempe Asri Rahmat Di Pasar Kecamatan Panti. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 4(1), 69–85.
Najib, M. A., Istiatin, I., & Damayanti, R. (2020). Keunggulan Bersaing Ditinjau Dari Green Marketing, Sikap Konsumen Dan Kualitas Produk (Studi Pada Indomilk Surakarta). Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(02).
Ningsih, R. D., & Ariani, N. E. (2016). Pengaruh asimetri informasi, pengungkapan modal intelektual, dan kualitas audit terhadap biaya modal ekuitas (studi pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 149–157.
Nugraha, R. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang) [Phd Thesis]. Universitas Brawijaya.
Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Pro Mark, 10(1).
Pancoro, I. A., & Zuliestiana, D. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Pada Gerai Starbucks Di Kota Bandung. Eproceedings Of Management, 5(2).
Prasetyo, F. H., & Anwar, M. K. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masyarakat Muslim Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 139–150.
Purnama, P. A. I., & Adi, N. R. (2019). Green Marketing Dan Quality Brand Sebagai Prediktor Perilaku Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 185–205.
Rizky, M. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Indomilk (Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(11).
Sari, F. M., Makhrian, A., & Buldani, K. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Bengkulu).
Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 5(1).
Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan Dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201–218.
Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2001). Metode penilaian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni V. Wiratna, (2019), Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustakabarupress
Weny, I. N. (2019). Pengaruh Kemasan Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kental Manis Frisian Flag (Studi Pada Konsumen Susu Kental Manis Frisian Flag Di Giant Maspion Square Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (Jim), 7(1), Art. 1.
Wibowo, D. E., & Madusari, B. D. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan. Indonesia Journal Of Halal, 1(1), 73–80.
Widiarsa, I., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Keunggulan Kompetitif Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), 3442–3470.
23SK2341299.00 | SK EKOS 23.299 LUT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain