SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Makanan Halal Shopee Food Kota Pekalongan
Tujuan akhir dari semua pemasaran perusahaan adalah terbentuknya loyalitas pada konsumen. Loyalitas merupakan suatu sikap yang ditunjukkan konsumen dalam memilih dan menggunakan serta loyal terhadap produk atau jasa yang dikeluarkan perusahaan. Dalam membentuk loyalitas, perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat yaitu salah satunya melakukan promosi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen agar mendapatkan kepercayaan yang positif di kalangan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi pada makanan halal shopee food Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik snowball sampling. Penelitian ini mengggunakan metode analisis Part Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.29.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Kemudian promosi, kualitas pelayanan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, kepercayaan dapat memediasi pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen secara signifikan pada makanan halal shopee food Kota Pekalongan.
Kata kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Loyalitas Konsumen
DAFTAR PUSTAKA :
Aini, T. N. (2020). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 88–98. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.194
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749- 5978(91)90020-T
Al-Arif, M. N. R. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah (C. Alfabeta (ed.)).
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Ardiansyah, A. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DIGITAL, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEEFOOD PADA MAHASISWA UNIVERSITAS
SATYA NEGARA INDONESIA. FEB Universitas Satya Negara Indonesia.
Aviana, N. (2020). Pengaruh inflasi, suku bunga dan jumlah uang beredar terhadap return saham syariah , (Pekalongan: IAIN Pekalongan, 2020). 2020.
Bima, I., Nurfarida, I. N., & Sarwoko, E. (2021). Determinan keputusan pembelian di Shopee: online customer review, brand image dan promosi. Management and Business Review, 5(2), 239–250.
https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5554
Budiarti, F. N. A. A. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS
LAYANAN TERHADAP LOYALITAS. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10, 12.
Budiman, N. (2016). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. Universitas Hasanuddin Makassar, 2016.
Chandra, V. (2020). Pengaruh Online Shop Terhadap Minat Beli Barang Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Christoper H. Lovelock, L. K. W. (2005). Manajemen Pemasaran Jasa (1st ed.).
PT Macanan Jaya Cemerlang.
Detanatasya, K. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. PROGRAM STUDI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN.
Dr. Duryadi, M. S. (2021). Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS.
Dr. Vladimir, V. F. (2019). Defenisi Kepercayaan Konsumen. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Firli, T. A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayuanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada konsumen muslim Le ’ gita Coffee & Bristo Pemalang.
Ekonomi Syariah, 2021.
Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Gracem Inn , Jurnal Emba, (3) 1, 1333-1322. Emba, 1(3), 1333.
Haryeni, Yofina Mulyatim, E. F. L. (2017). Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Nasabah, dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah pada trabungan bank rakyat Indonesia tbk, kantor cabang khatib sulaiman. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19, 2.
Huriyatih, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (3rd ed.).Alfabeta.
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Irawan, I. C. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. In Journal of Business and Banking. pdfs.semanticscholar.org. https://pdfs.semanticscholar.org/69ad/f56004d32d05b9c2556a2a5daac10f3a0 a31.pdf
ISMAWATI. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ONLINE SHOPEE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNISMUH MAKASSAR. In FEB
Universitas Muhammadiyah Makassar.
Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06
Kasmiyati, K. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Suracojaya Abadi Motor Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyahmakassar Makassar.
Katadata.co.id. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3. 2021. Keller, K. &. (2018). Manajemen Pemasaran.
Kotler, P. (1988). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (J. Wasana (ed.); 2nd ed.). Erlan.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT Macanan Jaya Cemerlang.
Lewicki, R. J., & Wiethoff, C. (2000). Trust, Trust Development, and Trust Repair Book: In The handbook of conflict resolution: Theory and practice (Vol. 235, Issue June).
http://ezproxy.net.ucf.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx? direct=true&db=psyh&AN=2006-12760-004&site=ehost-live
M.Quraish Shihab. (2000). Wawasan al-Qur’an. Mizan.
Maulidya, D. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai variabel intervening (Studi kasus pada konsumen Wardah di kota Malang).
Mendrika, S. G. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Oriflame Studi Kasus: Mahasiswi kampus 1 Universitas Sanata Dharma. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Muzakki, fauzan ra’if. (2020). Konsep Makanan Halal Dan Thayyib Terhadap Kesehatan Dalam Al-Qur’an (Analisis Kajian Tafsir Tematik ). 1, 105–112.
Nasution, M. J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Belanja Online Shopee Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Belanja Online Shopee Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan, 44–48.
NUHA, M. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI FLASH SALE DI TOKO ONLINE. UIN WALISONGO, 3, 1–9.
Nurhadi, N., & Azis, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Kesetiaan Konsumen. Jurnal Economia, 14(1), 89. https://doi.org/10.21831/economia.v14i1.13130
Nurrahmanto, P. A. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak.com. II(2), 1–15.
Parasuraman, a, Zeithaml, V. a, & Berry, L. L. (1988). SERQUAL: A Multiple- Item scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(January), 28.
https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084- 3
Permana, Y. (2019). PASAR, MEKANISME PASAR DAN TINGKAT HARGA DALAM ISLAM PERSPEKTIF MIKROEKONOMI. 07(02).
Philip Kotler, K. L. K. (2008). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Kebutuhan Pembekian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17. httpse-jurnal.lppmunsera.orgindex.phpSMarticledownload27071734
Putra, H. A. (2017). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL
SCIENCE Tahun 2014. Diponegoro Journal of Social and Political Science, 10, 1–8.
Quthb, S. (2006). Tafsir fi zhilalil- Qur’an dibawah naungan Al - Qur’an jilid 1 -10. Gema Insani.
Rahmatika, S., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening PLN Mobile The Effect of E-Service Quality and Promotion on Customer Loyalty through Customer Satisfaction as Intervening Variables. E-Proceeding of Management, 7(1), 1289–1303.
Samsuddin. (2020). Makanan Halal Dan Thayyib Perspektif Al-Qur’an. 1–28. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15446/1/Samsuddin%2C 160303057%2C FUF%2C IAT%2C 085262700856.pdf
Saputra, A., Alwie, A. F., & Widayatsari, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Donatur Dompet Dhuafa Riau. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 70.
https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.10040
Saputra, A. S. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Motivasi Kerja: Studi Kasus Di Hotel Merah Group Magetan, Jawa Timur, Indonesia.
Universitas Islam Indonesia, 1–183.
Saputro, R. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada PT. Nusantara Sakti Demak). eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/23351/
Selang, C. A. . (2016). BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX) PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA FRESH
MART BAHU MALL MANADO Oleh: Christian A.D Selang. Jurnal EMBA, 1(3), 71–80.
Setyawan, D. A. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian.
Metodologi Penelitian, 9–17.
Stefani, F. (2009). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada pelanggan Carrefour Plaza Ambarukmo Yogyakarta). International Journal of Trade, Economics and Finance, 53(9), 1689–1699.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Kuantitatif,Kualitatif dan R&D).
Sukendra, I. K. I. K. S. A. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tindar, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening. UIN Raden Fatah, 17–60.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, & Satisfaction (4th ed.). Andi Offset.
Wahyono, S. A., & Susilawati. (2016). Pengaruh bauran promosi terhadap kepercayaan dan dampaknya terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah (Studi Kasus Politeknik LPKIA Kota Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 82–100.
Wibowo, K. A. L., & Agustini, M. D. H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Ideo Photography di Semarang). Jemap: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.24167/jemap.v3i1.2473
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Manajemen Dayasaing.
https://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/2272
Wijayanto, T., Rahadhini, M. D., & Sumaryanto. (2018). Analisis Pengaruh Promosi terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18(3), 370–378.
Yulia, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). BUKU MANAJEMEN PEMASARAN_compressed.pdf (Issue April, p. 79).
Zaenal Arifin. (2019). Pengaruh Workplace Spirituality Terhadap Intention to Stay.8(5), 55.
23SK2341298.00 | SK EKOS 23.298 RIF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain