SKRIPSI EKOS
Pengaruh Atribut Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kehalalan Produk Terhadap Minat Penggunaan Skincare Garnier Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Perempuan Muslimah Desa Kwayangan
Atribut produk merupakan hal yang harus ada dalam suatu produk seperti merek, harga, bahan-bahan, PT yang memproduksi dan lain-lain agar produk tersebut dapat bersaing dengan produk lain dalam menarik konsumen. Selain atribut produk, pengetahuan produk harus dimiliki konsumen dalam memutuskan menggunakan suatu produk, biasanya pengetahuan produk berisi tentang manfaat menggunakan produk tersebut dan efek samping ketika menggunakan produk tersebut. Disisi lain kita juga, harus mengetahui produk yang akan kita gunakan terdapat label halal atau tidaknya, karena label halal sangat penting dalam suatu produk dan menandakan produk tersebut aman digunakan, maka dari itu faktor atribut, pengetahuan dan kehalalan produk harus diperhatikan konsumen baru dalam memutuskan menggunakan suatu produk, karena faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi konsumen lama dalam memutuskan menggunakan suatu produk tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut, pengetahuan dan kehalalan produk terhadap minat penggunaaan Skincare Garnier di Desa Kwayangan, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner (angket) dengan menggunakan sampel sebanyak 233 responden. Teknik pengambilan sampel di penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model PLS (Partial Linear Square) melalui aplikasi SMARTPLS versi 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut produk, pengetahuan produk, kepercayaan berpengaruh terhadap minat penggunaan, dan juga atribut produk, pengetahuan produk, kehalalan produk berpengaruh terhadap kepercayaan.
Kata kunci: Atribut Produk, Pengetahuan Produk, Kehalalan Produk, Minat Penggunaan dan Kepercayaan
DAFTAR PUSTAKA :
Almira, A. (2021). Analysis of The Influence of Product Quality , Price , Location , and Promotion on Consumer Purchase Interest in Convection ( Case Study on Dira Ashesh ). 1(2), 231–244.
Amalia, A., & Markonah. (2022). Pengaruh Sertifikasihalal,Hargadanbrand Ambassador Terhadapkeputusanpembelianproduk Skincare Wardahdijakarta. Perbanas Journal of Islamic Economics & Business, 2(2), 157–166.
Ananda, A. N., Jamiat, N., & Pradana, M. (2021). the Influence of Product Quality on Repurchase Interest in Nature Republic. International Journal of …. https://doi.org/10.34218/IJM.12.3.2021.007
Andini, V., Akbar, D. A., & Maulana, C. Z. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Pempek Di Kota Palembang. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 10(2), 137–148. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/804/211
Anggraini, Y. N., & Indrarini, R. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Zakat dan Kepercayaan terhadap Minat Membayar Zakat Melalui Zakat Digital pada Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 54–66. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p54-66
Anonim. (2020). Top Brand Achievers 2020 di Fase 1o Title. Top Brand Award.Com. https://www.topbrand-award.com/2020/02/top-brand-achievers-2020-di-fase-1/
Ayuba, I. (2018). Pengaruh Atribut Produk Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Niat Pembelian Pada PT Hasjrat Abadi Cabang Limboto. Gorontalo Management Research, 1(1), 29.
https://doi.org/10.32662/gomares.v1i1.123
Dhiba, P. F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, dan Sikap Terhadap Perilaku Mahasiswa Pengguna Produk Kecantikan Korea Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. UIN AR-RANIRY.
Divianjella, M. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Niat Menggunakan Produk Kosmetik Halal.
Fimela. (2015). Produk Garnier Indonesia Telah Lengkapi Proses Sertifikat Halal dari LPPOMMUI. Fimela.Com. https://m-fimela-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.fimela.com/amp/3753253/produk-garnier-indonesia-telah-lengkapi-proses-sertifikat-halal-dari-lppommui?amp_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari %251%24s&aoh=16489575861438&referrer=htt
Hendarsih, I., & Harjunawati, S. (2019). Pegaruh Atribut Produk Dan Bauran Promosi Terhadap Minat Beliâ€.(Studi Kasus Pembalut Wanita Softex Pada Mall Blok M Square …. Jurnal Akrab Juara, 4.
http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/598%0Ahttp://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/download/598/507
Hudaya, F., Nugraheni, A., & Imtikhanah, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Harga Sebagai Mediasi. Neraca, 17(1), 19–48. https://doi.org/10.48144/neraca.v17i1.592
Ilsanti, D., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN LABEL HALAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FACIAL WASH WARDAH. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(16).
Indawati Lestari, Martin, Marihot Manullang, Ribka Sari Butar-Butar, & Zulia Rifda Daulay. (2021). The Effect Of Brand Ambasador and Prices on The Purchase Decision Of Android Hand Phone Through Interest In Buying Consumers In Medan City. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1321–1326. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i4.274
Joyonegoro, S. H. (2018). Pengaruh Employee Engagement dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Kabupaten Temanggung. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9553
Kusumawati, K., Saragi, S., & Putriana, L. (2021). Analysis of the Influence of Product Attributes and Consumer Characteristics on Consumer Preferences and Purchase Decisions of Vitamin C Oral Products During The Covid-19 Pandemic. 12(1), 751–763.
Lamarto, W. J. S. Y. (2014). Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Levrini, G. R. D., & Jeffman dos Santos, M. (2021). The Influence of Price on Purchase Intentions: Comparative Study between Cognitive, Sensory, and Neurophysiological Experiments. Behavioral Sciences, 11(2), 16. https://doi.org/10.3390/bs11020016
Mahardika, T. P. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Beli dengan Sikap Konsumen sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(2), 2019.
Maryati, D. E., Rezeki, S., & Melda. (2022). Pengaruh Pemasaran Dan Pengetahuan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan Jasa PT . Jaya Harapan Tour Medan. Jurnal Stim Sukma Medan, 1(1), 601–1609.
Natsir, K., Arifin, A. Z., & Bangun, N. (2021). The Influence of Product Knowledge and Perceived Risk on Investment Intention of Stock Investors in the Covid-19 Pandemic Era. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 473–479. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.074
Nazarudin, F. F., Amalia, A. A., Dhikriyah, L., & Wijaya, Y. (2021). The Effect of Country-of-Origin Image, Product Knowledge, Product Involvement toward purchase decisions of Asus Laptops.
https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304574 No Title. (2022).
Nugroho, A. A., & Atikah, A. (2021). Halal Certification Models in Increasing Community Purchase Intention for Halal Products in Indonesia. Technology, and Organizational Behavior, 01(01), 23–34.
https://ijbtob.org
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. S. (2011). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia.
Putri, R. A. D., & Trisnaningsih, S. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel intervening. In Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 1, Issue 1).
Rahmah, F. (2021). Factors Affecting the Preference of Millenial Muslim Generation Toward Halal Cosmetics in East Kalimantan. 7(1), 231–241.
Riha, I., Maspiyah, Pritasari, O. K., & Dwiyanti, S. (2021). Analisis Perbandingan Minat Konsumen Remaja Putri Siswa Smk Pariwisata Terhadap Produk Kosmetik Skincare Antara Produk Lokal Di Surabaya Dan Produk Luar Negeri (Korea). E-Jurnal, 10(3), 181–190.
Sarasa, A. B. (2021a). No TPermintaan Skincare Tembus 70%, Tren Kosmetik 2021 Bakal Tumbuh Pesat. Sindonews.Com. https://daerah.sindonews.com/read/350478/701/permintaan-skincare-tembus-70-tren-kosmetik-2021-bakal-tumbuh-pesat-1614582187
Sarasa, A. B. (2021b). Permintaan Skincare Tembus 70%, Tren Kosmetik 2021 Bakal Tumbuh Pesat. Sindonews.Com.
Septianti, W., Setyawati, I., & Permana, D. (2021). The Effect of Halal Products and Brand Image on Purchasing Decisions with Purchase Interest as Mediating Variables. 6(6), 271–277.
Setyanto, L. E. (2017). ( Survei Pembeli Apple iPhone pada Mahasiswa / Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 Universitas Brawijaya Malang ).
Administrasibisnis.Studentjournal.Ub …, 46(2), 19–27. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1805
Soleh, M. N., Adawiyah, W. R., & Afif, N. C. (2019). The Influence of The Halal Logo on Cosmetic Products on Brand Loyalty is Mediated By Brand Satisfaction , and Brand Trust. International Conference on Rural Development and Enterpreneurship 2019 : Enhancing Small Busniness and Rural Development Toward Industrial Revolution 4.0, 5(1), 237–244.
Suhaemi, M. (2021). The Effect Of Brand Awareness And Trust On Customer Brand Loyalty Of Wardah Products In Banten Province. Ilomata International Journal of Management, 2(2), 112–120.
https://doi.org/10.52728/ijjm.v2i2.235
Widyaningrum, P. W. (2018). Pengaruh label halal, asosiasi merek, iklan, dan celebrity endroser terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen Wardah di Malang). Jurnal Capital, 1(2), 110–124.
Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo). JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(1), 31–36.
https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.754
Yasin, A. A., & Achmad, G. N. (2021). Influence of Word of Mouth and Product Quality on Purchase Decisions and Repurchasing Interest. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 410–419.
Zebuah, A. J. (2018). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 61–68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61-68
23SK2341297.00 | SK EKOS 23.297 LAI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain