SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Jimshoney Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervenig (Studi Kasus Pada Konsumen di Desa Limpung)
Semakin bertambah tahun berdampak pada persaingan diberbagai bidang usaha, salah satunya pada produk fashion tas. Saat ini produk tas hadir dengan berbagai jenis dan brand melalui proses persaingan yang ketat bersamaan dengan ekpetasi dari pelanggan yang semakin berekembang. Suatu perusahaan dengan kepercayaan penuh dari konsumen dan memiliki produk yang berkualitas ditambah dengan reputasi yang baik maka konsumen semakin yakin untuk membeli produk juga loyal akan produk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Varaibel Intervenig (Studi Kasus Konsumen Muslim Di Desa Limpung).Penelitian ini menggunggunakan pendekatan kuantitatif yang mana data primer diambil dari kuesioner yang diisi oleh responden.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk jimshoney yaitu telah melakukan pembelian paling sedikit tiga kali dalam waktu satu tahun di Limpung. Sebanyak 98 responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling.Penelitian ini menggunakan metode analis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analis jalur path, dan uji sobel dengan SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukan : (1)Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan Sig. (0,000< 0,05) dan nilai thitung sebesar 6,553 lebih besar dari ttabel (6,553 > 1,660). (2) Kualitas Konsumen berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan Sig. (0,046 < 0,05) dan nilai thitung sebesar 2,025 lebih besar dari ttabel (2,025> 1,660). (3) Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen dengan Sig. (0,021 < 0,05) dan nilai thitung sebesar 2,335 lebih besar dari ttabel (2,335 > 1,660). (4) Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen dengan Sig. (0,001 < 0,05) dan nilai thitung sebesar 3,277 lebih besar dari ttabel (3,277 > 1,660). (5) Kepuasan Konsumen Produk berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen dengan Sig. (0,000 < 0,05) dan nilai thitung sebesar 3,858 lebih besar dari ttabel (3,858> 1,660). (6) Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening antara kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung> ttabel (7,047> 1,660).(7) Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening antara kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung> ttabel (10,272> 1,660).
Kata kunci: Kepercayaan, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen, Dan Kepuasan Konsumen
DAFTAR PUSTAKA :
Achmad Udin Zailania , T. Husainb Dan Agus Budiyantara (2020).Analisis Simulasi Sistem Penunjang Keputusan: Model Matematis Dengan Pendekatan Goodness-of Fit Berbasis Structural Equation Model, SMARTICS Journal, Vol 6 No 1.
Agus Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16 (Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya).
Agus Supandi Soegoto. “Persepsi Nilai Dan Kepercyaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen,” Jurnal EMBA 1, no. 3 (2013): 30.
Amalia Reva Alviska. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Klinik Erha di Malang).”Jurnal Manajemen Bisnis7, no1 (2017): 24-26.
Andini. 2017. Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Fkip Unasman. Makassar: UIN Alauddin Makassar
Andy Putra Mahkota dan Imam Suyadi.“Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyaman Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc.”Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 8, no. 2 (2014): 18-17.
Angga Luthfy Al Ijie, Suryono Budi Santoso. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercyaan Peanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Undip Pengguna Smartphone Sony).”Journal Of Accounting4, no.4 (2018): 12-13.
Dede Solihin (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Mandiri:Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi4, no.1 (2020): 41-43.
Farah Diza, Silcyljeova Moniharapon dan Imelda W. J Ogi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercyaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT. Fifgroup Cabang Manado),”
Jurnal EMBA 4, no.1, (2016) : 111.
H. Edy Sutrisno. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta : Prenada Media Group).
Heriyanto Prabowo dan Yulianeu (2015).Pemgaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalita Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rumah Industri TasKudus), Vol 2 No 2.
Herviana Vidya Purnama Sari dan Anik Lestari Andjarwati (2018).Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kain Tekstil Di Carefor Surabaya).Jurnal Ilmu Manajemen, Vol6 No 1.
Hidayati, Rosita Mawarti. Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Tas Chanel. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol.8 No.3.
Ichlasul Naufal, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercyaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening,” Journal Of Management 2, no. 2 (2016): 6-7.
Jackson R.S. Weenas, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta,” Jurnal EMBA 1, no. 4, (2013) : 609.
Mohammad Fahmi Shodiqdan Wahyu Hidayat (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Loyalitas KonsumenTas GooshMelalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus konsumen di DKI Jakarta), Jurnal ekonomi dan bisnis, vol 2 No 2.
Muhammad Bahrudin Dan Siti Zuhro, “Pengaruh Kepercyaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 3, no. 1 (2015): 5-6.
Muri,Yusuf. A. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. (Yogyakarta:Prenada Media Group).
Nila Kusuma, Gus Andri, And Sepris Yonaldi, “Pengaruh Iklan Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion Di Kota Padang,”
Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 3, no. 2, (2012) :19.
Pradani, Ayu. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Tehadap Loyalitas Konsumen Muslim Produk Sepatu Nike Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No.1.
Riafik Pamungkas (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercyaan Terhadap Loyalitas Konsumen dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervenig, Jurnal Management Analysis Vol 2 No 1.
Rifki Purwo adi, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Krpuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening” ISSN 2252-6552 Jurnal Analisis Manajemen 1, no.2 (2013): 111.
Sanusi Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis (Jakarta: Salemba Empat).
Sedarmayanti.2018. Sumber Daya Mnausia dan Produktivitas Kerja. (Bandung : CV. Mandar Maju).
Shandy Widjoyo Putro, Hatane Semuel, Ritzky Karina and Brahmana, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya,” Jurnal Manajemen Pemasaran 2, no. 1, (2014) : 4.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R&D, (Bandung: CV. Alfabeta).
Syamsul Hadi. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Akuntansi & Keuangan (Yogyakarta: Ekonisia).
Wahyu Setia Dewi, Leonardo Budi Hasiholan, Maria Magdalena Minarsih, ”Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pemeblian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Susu Bebelac si Giant Hypermarket Karangayu Semarang)” Journal Of Management 2, no. 2 (2016).
Wahyu Setia Dewi, Leonardo Budi Hasiolan dan Maria M Minarsih (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan TerhadapKeputusan Pembelian Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management, Vol 2 No 2.
Widodo, Wulan Deasy Puspita Sari & Mawardi, M. Kholid.Kualitas Produk dan Brand Trust Fashion Batik Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47 (1) : 63-69, 2017
Yashinta, Arayya. Bima & Feisal, Andi. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Celana Jeans Jiniso di Pasir Pengairan. Journal Managemen Faculty University of Pasir Pengaraian, Vol 3 No. 4.
23SK2341273.00 | SK EKOS 23.273 SIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain