SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja, Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Dalam Penggunaan Online Shop
Pemenuhan kebutuhan manusia kini lebih dipermudah melalui teknologi masa kini yaitu internet. Salah satu bentuk kegiatan pemenuhan kebutuhan dengan internet adalah kegiatan konsumsi melalui online shop. Berdasarkan survei lembaga snapcart mengatakan bahwa generasi muda menjadi konsumen paling banyak dalam melakukan pembelian melalui online shop. Secara umum remaja melakukan pembelian tidak didasarkan atas tingkat kebutuhan, tetapi menuruti hawa nafsu yang akhirnya membuat mereka menghambur-hamburkan uang dan boros atau biasa disebut sebagai perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi, kepercayaan, pengalaman berbelanja, dan kualitas produk terhadap perilaku konsumtif remaja muslim Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dalam penggunaan online shop.
Penelitian ini termasuk causal research menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling yaitu cluster area (sampel menurut daerah) dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, sedangkan variabel kualitas informasi, pengalaman berbelanja dan kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kemudian variabel kualitas informasi, kepercayaan, pengalaman berbelanja, dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim kecamtan Bandar dalam penggunaan online shop. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0,576 yang artinya empat variabel independen memberikan pengaruh sebesar 57,6% terhadap perilaku konsumtif sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja, Kualitas Produk dan Perilaku Konsumtif.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif . Yogyakarta: Pressindo.
Abdullah, & Astuti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Ilman, 16.
Amstrong, K. d. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Anto, H. (2003). Pengantar Ekonomi Mikro Islam. Yogyakarta: Ekonisia.
Arohman, & Vianda, N. C. (2020). Analisis Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FeB UMPRI (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2016). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 134-145.
Assauri, S. (2002). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online pada E-commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milennial di Blitar. J-CEKI Jurnal Cendekia Ilmiah, 2828-5271.
Basuki, & Yuliadi, I. (2015). Ekonometrika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Mitra Pustaka Nurani.
Budiyanto. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek I-phone. Institut Bisnis Nusantara, 19.
Chen. (2010). The Drive of Green Brand Equity. Journal of Businnes Ethics, 307-319.
Davis, G. B. (1991). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen bagian 1. Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo.
DeLone, & Lean, M. (2003). The Delone and Mc Lean Model of Information System Success . Journal of management information system, 9-30.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariabel dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Mulitivariabel dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2005). Sistem Tekhnologi Informasi. Yogyakarta : Andi.
Joseph. (1994). Komunikasi Antar Manusia . Jakarta: Profesional Books.
Kumila. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Kemudahan, dan Kepercayaan, terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Online Shop di Media Sosial.
Laila Meiliyandrie Indah Wardani, R. A. (2021). Konsep Diri dan Konformitas pada Perilaku Konsumtif Remaja. NEM.
Maharani, A. D. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Nasabah Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.
Mahyarni. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior. El Riyasah , 13-23.
Minanda, A., Roslan, S., & Anggraini, D. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari . Neo Societal, 433-440.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Nabila, & Listyorini. (2016). Dampak Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Online . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4.
Pine, & Gilmore. (1999). The Experience Economy. Harvard: Harvard Businnes School Press.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. C.V Andi Offset: Yogyakarta.
Putriana. (2018). Analisis Faktor yang Mendorong Belanja Online pada Mahasiswa di Kota Medan. Medan: Universitas Sumatra Utara.
Riduansah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online Shop . Jurnal Riset Inossa, 71-79.
Ridwan. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Riptiono, S. (2017). Hasrat Konsumen yang Meningkat. Jurnal Fokus Bisnis, 82-92.
Romia, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-commerce melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan . Ekobis, 59-70.
Romindo. (2019). E commerce: Implementasi , Strategi, dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rosadi, D. (2012). Eonometrika dan Analisis Runtun Waktu Terapan dengan E-Views. Yogyakarta: Andi Offset.
Sahara, N. I., & Prakoso, F. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lazada. KNEMA, 2776-1777.
Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga. AntroUnairdoNet, 212.
Sari, N. W., Wahyuni, E. S., & Harpepen, A. (2022). Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Akibat Penggunaan Online Shop Ditinjau Dari Etika Konsumsi Islam. Journal Economy and Currency Study, 12-18.
Seftila, S., Saryono, O., & Prabowo, F. H. (2021). Peningkatan Minat Beli Konsumen dalam Aplikasi E-commerce 499-511.
Sembiring, Suharyono, & Kusumawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam membentuk Loyalitas Pelanggan. Administrasi bisnis, 15.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alvabet CV.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Bandung: Alfabeta.
Supartono. (2022). Pengaruh Harga Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli di E-commerce. Jurnal i-kraith-EKONOMIKA, 210-217.
Suprapto, R., & Susanti, M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kepercayaan terhadap Sikap Loyalitas Peserta BPJS Kesehatan Daerah Yogyakarta. Buletin Bisnis dan Manajemen, 64-80.
Susanto. (2016). Cara Hemat Bulanan Hingga 30%. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Susanto, A. (2013). Sitem Informasi Akuntasi . Bandung: Lingga Jaya.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan . Yogyakarta: Andy.
Yuliana. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan , Harga dan Kualias Informasi terhadap Kepuasan Konsumen Online Shop di Media Sosial: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/
23SK2341291.00 | SK EKOS 23.291 ANI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain