SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Brand Image, Exterior Design, Dan Food Quality Terhadap Loyalty Melalui Customer Trust Pada Pelanggan Muslim Caf
Salah satu kegiatan ekonomi pada masyarakat Indonesia yang paling diminati saat ini adalah memulai usaha dibidang kuliner yang dapat diwujudkan dengan membuka cafe, resto ataupun rumah makan. Untuk menunjang keberlangsungan bisnis maka seorang entrepreneur harus mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan loyalitas konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Loyalty konsumen dibangun ketika konsumen yakin dengan produknya. Loyalty dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek diantaranya Brand Image, Exterior Design, Food Quality dan Customer Trust. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Exterior Design, dan Food Quality terhadap Loyalty melalui Customer Trust pada pelanggan muslim Café Kiyo Gelato & Coffe di Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui data primer yang di dapat dari penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan muslim Café Kiyo Gelato & Coffe, dengan jumlah sampel 97 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26 serta analisis jalur (Path Analysis) untuk menguji pengaruh variabel intervening.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh terhadap Customer Trust, Exterior Design tidak berpengaruh terhadap Customer Trust, Food Quality tidak berpengaruh terhadap Customer Trust, Brand Image berpengaruh terhadap Loyalty, Exterior Design tidak berpengaruh terhadap Loyalty, Food Quality berpengaruh terhadap Loyalty, Customer Trust berpengaruh terhadap Loyalty, Customer Trust dapat memediasi Brand Image terhadap Loyalty, Customer Trust tidak dapat memediasi Exterior Dan Food Quality terhadap Loyalty pada konsumen muslim Café Kiyo Gelato & Coffee.
Kata Kunci: Brand Image, Exterior Design, Food Quality, Loyalty, Customer Trust
DAFTAR PUSTAKA :
Aaker, David. (2009). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.
Adhinda, E. G., Arief, M. Y., & Soeliha, S. (2022). Harga Dan Suasana Toko (Store Atmosphere) Dalam Menentukan Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Coffee Shop Titik Kumpul Capore Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME). 1(1), 525–539.
Adinugraha, Tanuel Adhinugraha & Stefanus Michael H. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di D'cost Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. 3(2): 643–655.
Ahyar, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (A. Husna (ed); 1 ed.). CV. Pustaka Ilmu Group.
Aisyah, Esy Nur. (2015). Statistic Inferensial Parametik. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). A Bayesian Analysis Of Attribution Processes. Psychological Bulletin, 82(2): 261–277. https://doi.org/10.1037/h0076477
Ajzen, I. (2005). Atitudes, Personality And Bahevior. Second Edition, Two Pen Plaza, New York.
Alfaifi, M. S., & Stathopoulos, C. E. (2010). Effect Of Egg Yolk Substitution By Sweet Whey Protein Isolate (WPI), On Physical Properties Of Gelato Vanilla Ice Cream. Milchwissenschaft, 65(4): 404–407.
Alfani, M. H. (2018). Analisis Pengaruh Quality Of Work Life ( Qwl ) Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pt . Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal Tabbaru': Islamic Banking And Finance.
1(1): 1-3.
Ariadi, Akbar, Yusniar, Meina Wulansari, Rifani, A. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy Pada Dealer Honda Di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 7(3): 252–268.
Barparoushan, M. (2008). Professor of Public Administration Publications. Academia Accelerating the World’s Research, 1–22.
Cant, M. C., & Du Toit, M. (2012). Identifying The Factors That Influence Retail Customer Loyalty And Capitalising Them. International Business & Economics Research Journal (IBER), 11(11): 1223.
https://doi.org/10.19030/iber.v11i11.7370
Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3): 236–251.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj
Diana, Rahma & Windika Bahgie. (2020). Pengaruh Exterior Design Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Di Serba Ada Takengon. Jurnal Kebangsaan. 9(18): 32–39.
Dharma, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal Ekobistek Fakultas Ekonomi, 6(2), 349–359.
Fihartini, Y. (2012). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi Di Bandar Lampung. Forum Riset Ekonomi Dan Bisnis: Proceeding OJK Harapan Baru Sistem Keuangan Indonesia, 2012: 244–250.
Gee, R., Coates, G., & Nicholson, M. (2008). Understanding And Profitably Managing Customer Loyalty. Marketing Intelligence & Planning, 26(4): 359–374. https://doi.org/10.1108/02634500810879278
Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems, 3(1): 27–53. https://doi.org/10.17705/1jais.00022
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi. 8. Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.
Gundlanch, M. J,. Douglas, S. C., & Martinko, M. J. (2003). The Decision to Blow The Whistle: A Social Information Processing Framework. Academy Of Management Review, 28(1): 107-123.
Himmah, S. ’Aliyatul. (2019). Pengaruh Service Recovery Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah Bank BRI Cabang Malang). 4(2), 210–222.
IbrahimAndi, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, Muhammad Aswar, Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Cet. 1, Gramedia Ilmu.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 1 Philip Kotler Northwestern. Indonesia: Erlangga.
Kusmayadi, T. (2009). Pengaruh Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan. Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi STIE STAN-IM, 1(1), 1–19. http://jsma.stan-im.ac.id/volume-i-no-1/pengaruh-relationshipqualityterhadaployalitasnasabahtabungan/%5Cnhttp://www.stan-im.ac.id/jsma/pdf/vol1/
Linggasari, Citra., & Millanyani, H. (2014). Pengaruh Exterior Design Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kopi Progo Bandung (Studi Kasus Kopi Progo Jalan Progo). eProceedings of Management, 1(3).
Maghfirah, Maulani. Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kepercayaan, Lokasi, Suasana Toko (Store Atsmophere Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Makanan SIap Saji Fried Chicken Pada D'besto (Studi Kasus: D'besto Cabang Siteba). Thesis: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). Model of Trust Theory. The Academy of Management Review, 20(3): 709–734.
Mertha, A. A. N. M, & Respati, N. N. R. (2022). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Finns Vip Beach Club Canggu). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3): 569-589. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p08
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20. https://doi.org/10.2307/1252308
Negara, A. B. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh Atmosfer Ritel Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 7(7): 3944–3973.
Ningrum, L. (2021). Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Mokko Factory Donut & Coffee Ponorogo City Center). Thesis: Universitas Muhamammadiyah Ponorogo.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuridin, S. E., & Imanda, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Produk Fashion Pada Online Shop Yellow Facy Jeans Melalui Media Sosial Instagram.
Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3): 2338-4794. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.218
Setianingsih, Nurul. (2019). Pengaruh Kepercayaam, Exterior Design, Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Thesis: Universitas Muhammadiyah Purwakarta.
Sugiyono. P. D. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Sutopo, Alfabeta, CV.
Sugiyono. P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, CV.
Suhartanto, A. Y & Hidayat, Anas. (2018). Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, Dan Word Of Mouth (Studi Kasus Pada Hotel Manohara Center Of Borobudur Study). Master's Thesis: Universitas Indonesia.
Sukesi, S. (2020). Riset Pemasaran: Disertasi Contoh-contoh dan Studi Kasus. In Unitomo Press.
Supriyanto, Achmad Sani & Vivin Maharani. (2013). Metode Penelitian Sumber Daya Manusia Teori, Kuesioner, dan Analisis Data. Malang: UIN-MAlang Press.
Oktaviana, N. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen. Diponegoro. Journal of Management, 6(1): 1–12.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17525/16774
Park, H., & Blenkinsopp, J. (2009). Whistleblowing As Planned Behavior - A Survey Of South Korean Police Officers. Journal of Business Ethics, 85(4): 545–556. https://doi.org/10.1007/s10551-008-9788-y
Perdana, Echo. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. In Lab Kom Manajemen Fe Ubb.
Purwanto, A, B,. & Widodo, U. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Value Product Sebagai Moderasting (Studi Pada UMKM Bandeng Presto Di Kota Semarang.
Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi. 14(1): 170–185.
Putri, B. A., & Hidayati, T. (2018). Pengaruh Persepsi Public Relation, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(2).
https://doi.org/10.21009/jdmb.01.2.04
Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (2012). Food Science Texts Series Series Editor Food Science Texts Series. In Basic Food Microbiology James M. Jay, Modem Food Microbiology Vickie Vaclavik and Elizabeth W. Christian, Essentials of Food Science.
Prasetya, C. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario Pada Pt Sumber Purnama Sakti Di Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(2), 84754.
Poernomo, T. T., & Setyadarma, B. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Susu Sapi Murni Kud Mekar Sari, Pujon Malang. Sebatik. 25(1) Juni 2021 ISSN: 1410-3737(p) 2621-069X(E), 25(1), 221–228. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1336
Relation, P. H., Spirituality, W., Organisasional, D., Etos, T., Pegawai, K.
, Pns, N. O. N., Dinas, D. I., Kawasan, P., Hidup, L., Kudus, K., & Rohman, M. T. (2019). Universitas Muria Kudus Tahun 2019 Tahun 2019.
Richard L., O. (1999). Whence Consumer Loyalty. Journal of Marketing. 63(4): 33–44.
Romindo, Muttaqin. Saputra, D. H., Purba, D. W., M. Iswahyudi, Banjarnahor, A. R…. Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(12): 4043-4068.
https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Sulistomo, A., & Prastiwi, A. (2012). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengungkapan Kecurangan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP Dan UGM). Jurnal Akmal Sulistomo, 1–28.
http://eprints.undip.ac.id/35767/1/Jurnal_Akmal_Sulistomo_C2C008160.pdf
Tilaar, T. T., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan The Influence Of Store Atmosphere And Perception Value Toward Purchasing Decision ( Study In Rm D ’ Fish Area Of Megamas Manado ). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3): 3488–3497.
Wahyuni, N., Ibrahim, M. B. H., Irawan, A., Mansur, M., & Pasolo, F. (2021). Analisis Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pembeli Produk Madu Bina Marga Wamena ). The Jurnal Manajemen Of Business And Management Research, 4(1).
Wahyuni, I., & Pramitasari, T. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Pada Jasa Pengiriman Jne Terhadap Loyalitas Konsumen Online Shopee. 20(1), 37–51.
Wiedyani, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Muria Jurusan Semarang Tawang- Jakarta Gambir. Journal Article, 978–979. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7376
Wijaya, W. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 5(2): 581–594.
Winarjo, H. (2017). Pengaruh Food Quality Dan Store Atmosphere Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Café Intro Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(2): 6.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana Prenadamedia Grup.
Zebuah, A. J. (2018). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2): 61–68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61-68
23SK2341289.00 | SK EKOS 23.289 ADE a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain