SKRIPSI EKOS
Pengaruh Fasilitas, Lokasi, Harga Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Dalam Memilih Tempat Indekos
Perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah cepat, pelajar setelah lulus SMA atau sederajat melanjutkan sekolah di luar kota, bahkan ada yang di luar provinsi atau juga pulau, Oleh karena itu, meninggalkan daerah atau kota kelahiran harus menjadi pilihan. Memilih tempat tinggal sementara yang nyaman adalah tujuan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Fasilitas, Lokasi, Harga Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Pekalongan Dalam Memilih Tempat Indekos.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis penelitiannya adalah korelasional untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji
Valid dan reliable dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling menggunakan rumus slovin , penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 18.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas, harga dan kenyamanan secara parsial berpengaruh sigifikan terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Dalam memilih tempat indekos. Variabel lokasi secara parsial tidak berpengaruh sigifikan terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Dalam memilih tempat indekos. Dan variabel Fasilitas, lokasi, harga dan kenyamanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Dalam memilih tempat indekos. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (45,3368) > ftabel (2,47). Sedangkan kontribusi koefisien determinasi adjusted R square yakni sebesar 0,642 atau 64,2%. Menunjukan bahwa variabel fasilitas, lokasi, harga dan kenyamanan mempunyai pengaruh sebesar 64,2% terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Dalam memilih tempat indekos. sisanya sejumlah 35,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Fasilitas, Lokasi, Harga, Kenyamanan, dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA :
Assauri, S. (2012). Strategic Marketing (Edisi 1 ce). Rajawali Pers,Jakarta.
Bambang pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen, Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 September 2008.
Fandy, Tjiptono. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi
Hafifah, R. (2015). Pengaruh Lingkungan, Harga, Fasilitas, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Rumah Kos Di Kawasan Limau Manis Dan Jati (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas). Universitas Andalas.
Heizer, J., & Barry, R. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen. Keberlangsungan Dan Rantai Pasokan, Edisi, 11.
Hilda, N. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Penilaian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Purwokerto). April, 115.
Jannah, F. (2019). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih kos.
Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kotler, P., & Susanto, A. B. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia (2nd ed.). Salemba Empat,Jakarta.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok.Gramedia
Maulatifah, U. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas, Lokasi, Word Of Mounth Dan Status Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Jasa Rumah Kos Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung.
Mc.Cormick.1993, Human Factors In Engineering and Design, 7 th.ed.,McGraw-Hill, Inc.
Priyambodo, L., Tjiptono, F. S., & Suyoto, M. (2012). M-Commerce in Indonesia: Problems and Prospects. International Journal of Computer Applications & Information Technology, 1(2), 71–76.
Rahayu, W. P., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas, Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Mahasiswa MBS Dalam Menyewa Kamar Kost. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 620–631.
Rozalinda, R. (2015). Epistemologi Ekonomi Islam dan Pengembangannya pada Kurikulum Ekonomi Islam di Perguruan Tinggi. Human Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–28.
Sampuju, A. R. (2018). Pengaruh Fasilitas, Harga, Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Memilih Kos (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Palu). IAIN Palu.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen Edisi Delapan. Prentice Hall: New Jersey.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.
Sugiarto, E. (1999). Psikologi pelayanan dalam industri jasa.
Suryaningsih, Y. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas dan Atmosphere (suasana) Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jasa Sewa Kamar Kost Di Kawasan IAIN Kudus. IAIN KUDUS.
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh
Swasta, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Barang dalam Pemasaran. Cetakan Kedua BPFE, Yogjakarta. Mark S. Sanders, Ernest
Tjiptono, Fandy. 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta. Kos.
Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan. Penelitian. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.
23SK2341280.00 | SK EKOS 23.280 RIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain