SKRIPSI EKOS
Pengaruh Diferensiasi Produk, Bagi Hasil Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Anggota Untuk Menabung di KSPPS SM NU Cabang Siwalan Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh diferensiasi produk, bagi hasil dan tingkat pendidikan terhadap minat anggota untuk menabung di KSPPS SM NU cabang Siwalan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah anggota yang menabung di KSPPS SM NU cabang Siwalan Pekalongan dan sampel sebagai responden penelitian akan diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan rumus slovin yaitu 92 anggota yang menabung di KSPPS SM NU cabang Siwalan Pekalongan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung karena nilai thitung > ttabel yaitu 2,020 > 1,987 dan nilai siginifikansi yang dihasilkan 0,046 lebih kecil dari 0,05, bagi hasil (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat menabung karena nilai thitung > ttabel yaitu 3,312 > 1,987 dan nilai siginifikansi yang dihasilkan 0,001 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan tingkat pendidikan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung karena nilai thitung < ttabel yaitu 1,033 < 1,987 dan nilai siginifikansi yang dihasilkan 0,304 lebih besar dari 0,05.
Berdasarkan diferensiasi produk, bagi hasil dan tingkat pendidikan secara simultan atau bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung karena fhitung > ftabel atau 14,485 > 2,71 nilai signifikan yang di hasilkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi disimpulkan bahwa variabel diferensiasi produk, bagi hasil dan tingkat pendidikan secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap minat menabung. Angka Adjusted R Square (R2) sebesar 0,308 menunjukkan bahwa variabel minat menabung dapat dijelaskan oleh variabel diferensiasi produk, bagi hasil dan tingkat pendidikan sebesar 30,8%, sedangkan sisanya sebesar 69,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Diferensiasi Produk, Bagi Hasil, Tingkat Pendidikan, Minat Menabung."
DAFTAR PUSTAKA :
Ajzen, I. (2005). Attides, Personallity and Behavior. In International Journal of Strategic Innovative Marketing (Vol. 3, pp. 117–191)
Al Arif, M. N. (2010). Dasar-dasar Pemasaran bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Amir, M. T. (2005). Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah. Jakarta: Gema Insani.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Antonio, S. (1999). Bank Syariah Suatu Pengenalan Umum. Jakarta: Tazkia Institute dan BI.
Ardyaningrum, N. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BMT Surya Kencana Balong. Skripsi.
Asmar, K. H. (2019). Pengaruh Pelayanan, Promosi, Lokasi dan Bagi Hasil Bank Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank BRI Syariah KCP Sudirman Lubuk Pakam.
Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Bekti, M. S. (2017). Pengaruh Faktor Sosial, Tingkat Pendidikan, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Baitul Maal Wa Tamwil Isitqomah Karangrejo Tulungagung. Skripsi.
Chamberlain, E. (1993). The Theory of Monopolistic Competition: A Re-orientation of the Theory of Value. Harvard University Press.
Diana, S. M. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambe. Skripsi.
Essael, H. (1997). Consumptive behavior and Marketing Action, Fourth Edition. Boston: Kent Publishing company.
Fadhilah, A. R. (2016). Pengaruh Strategi Diferensiasi, Positioning Product, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di KCP Bank Syariah Mandiri Salatiga. Skripsi.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS (IV ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunara, T., & Sidibyo, U. H. (2007). Marketing Muhammad SAW. Bandung: Madania Prisma.
Hasan, A., & Sujoko, E. (2021). Pengaruh Bagi Hasil dan Lokasi Tehadap Keputusan Menabung Anggota BMT-UGT Sidogiri Capem Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 2(1), 118-134.
Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Raja Wali Pres.
Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Raja Wali Pres.
Hidayat, F. (2016). Alternative Sistem Pengawasan Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Mewujudkan Syariah Compliance. Jurnal Mahkamah, 1(2), 385.
Huda, M. M. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Kupen). Skripsi.
Huda, M. M. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Kupen). Skripsi.
Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Mengelola Bank Syariah. Jakarta Pusat: PT. Gramedia Utama.
Kartajaya, H. (2004). Hermawan Kartajaya on Differentiation. Bandung: Mizan.
Khasanah, A. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Motivasi dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Lembaga Keuangan Syariah. Skripsi.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran I. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas ed., Vol. Jilid I). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, P. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Gertner, D. (2002). Country as brand, product, and beyond: A place marketing and brand management perspective. Journal of Brand Management,, 9(4), 249-261.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kristiyadi, & Hartiyah, S. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan, Religiusitas, Promosi dan Pengetahuan Tentang Lembaga Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus pada BMT TAMZIS Wonosobo). Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 5(9).
Kurniadin, D., & Machali, I. (2013). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Machmud, A., & Rukmana. (2010). Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Moeliono, A. M., & dkk. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Muhtadi, A. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung di Perbankan Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi.
Mujiri, J., Aminuyati, & Syahrudin, H. (2014). Pengaruh Pendidikan Anggota Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Stella Maris Siantan Pontianak.
Nurudin, Arifin, J., & Ma'ruf, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, dan Kebudayaan Terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 1-19.
Pahlevi, M. R. (2020). Pengaruh Pendapatan, Tempat, Umur dan Pendidikan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri. Skripsi.
Pidarta, M. (2009). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Purwanto, A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Boyolali. Skripsi.
Ridwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochaety, E., Tresnawati, R., & Latief, H. M. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Kencana.
Rondonuwu, M. (2013). Tingkat Pendidikan, Motivasi dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Nasabah Priority Banking Bank Sulut. Jurnal EMBA, 1(3), 257-264.
Saleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam). Jakarta: Prenada Media.
Saputra, A. D., & Ghani, A. (2016). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Faktor Sosial Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah (Studi Kasus di Dusun Pandean Pundung Wukirsari Imogiri Bantul). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, VI(1).
Sari, W. P. (2019). Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Rejang Lebong. Skripsi.
Shaleh, A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media Grup (Kencana).
Sikula, A. E. (2003). Mangkunegara. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Solmon, L. C. (1975). The Relation Between Schooling and Savings Behavior: An Example of the Indirect Effects of Education. National Bureau of Economic Reseacrh.
Sugiyono. (2003). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2003). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.
Suyanto, M. (2007). Marketing Strategi Top Brand Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Syahputra, H., & Marzuqi, M. F. (2020). Pengaruh Nilai Taksasi Barang Jaminan dan Nisbah Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah Terhadap Minat Anggota di BMT UGT Sidogiri Capem Pesanggaran Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 1(1).
Tjiptono, F. (2016). Pengertian dan Klasifikasi Produk. Journal of Chemical International and Modeling.
Wahab, W. (2016). Pengaruh Tingkat BagiI Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 1(2), 167-184.
Wahyuningsih, S. (2021). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Kelurahan Simpang IV Sipin. Skripsi.
Wardhani, C. A. (2019). Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada BMT Fajar Cabang Bandar Lampung). Skripsi.
Widiastutik, E. N. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Anggota Memilih Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Tanwil
Muhamadiah Surya Madinah Tulungagung. Skripsi.
Wiryawan, K. A., & Rahmawati, P. I. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Bank Pembagunan Daerah Bali Cabang Seririt. Jurnal Manajemen, 6.
Yuliningsih, E. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Surya Madinah Kantor Pelayanan Rejotangan. Skripsi.
Yunitasari, I. (2017). Pengaruh Preferensi Anggota, Tingkat Bagi Hasil Tabungan dan Inflasi Terhadap Keputuasan Anggota Menabung Pada BMT Pahlawan Tulungagung. Skripsi.
23SK2341279.00 | SK EKOS 23.279 ABU p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain