SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiositas, Persepsi Masyarakat, Pendapatan Individu Dan Lokasi Strategis Terhadap Minat Menabung Anggota KSPPS BTM Kajen Kabupaten Pekalongan
Minat menabung masyarakat dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor yang mempengaruhi minat menabung anggota pada lembaga keuangan syariah salah sa tunya yaitu pelayanan, bagi hasil, keyakinan atau religiusitas, dan lokasi. Ada 3 faktor utama pembentuk minat yaitu faktor dari dalam diri seseorang, faktor motif sosial, dan faktor emosional. Faktor dari dalam diri seseorang merupakan keinginan seseorang muncul karena kebutuhan fisik yang harus dipenuhi, jika seseorang menabung di lembaga keuangan syariah karena ia butuh dan menganggap hal itu penting maka ia akan mengerjakannya..Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiositas, persepsi masyarakat, pendapatan individu dan lokasi strategis secara simultan terhadap minat menabung anggota KSPPS BTM Kajen Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden dari anggota KSPPS BTM Kajen. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiositas, persepsi masyarakat, pendapatan individu dan lokasi strategis secara parsial berpengaurh terhadap minat menabung di KSPPS BTM Kajen Kabupaten Pekalongan. Kemudian secara simultan, religiositas, persepsi masyarakat, pendapatan individu dan lokasi strategis juga berpengaruh terhadap minat menabung di KSPPS BTM Kajen Kabupaten Pekalongan.
Kata kunci: Religiositas, Persepsi Masyarakat, Pendapatan Individu, Lokasi Strategis, dan Minat Menabung Anggota
DAFTAR PUSTAKA :
Ancok, Djamaluddin dan Fuat N. Suroso. (2014). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Andriani, Ayu. (2015). “Pengaruh Persepsi dan Religiositas Santri Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (studi Kasus di Pondok Pesantren AlFalah Mojo Kediri)”, Skripsi. Tulung Agung: IAIN Tulung Agung.
Antonio, Muhammad Syafi’I, (1999). Bank Syariah, Wacana Ulama dan Cendekia, Jakarta: Bank Indonesia dan Tazkia Institute
Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian: Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyidian, Mufti. (2019). “Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiositas Dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi pada Masyarakat kecamatan Tulis)”, Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.
Asnawi, Said Kelana dan Chandea Wijaya. (2005). Riset Keuangan: Pengujian-Pengujian Empiris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Azwar, Saifudin. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati, Ahmad. (2013). Teori Keuangan Islam: Rekonstruksi Metodologis terhadap Konsep Keuangan al-Ghazali. Yogyakarta: UII Press.
Dornbusch, Rudiger dan Fischer, Stanley. 1997. Makroekonomi Edisi Keempa.Erlangga: Jakarta.
Faisal, Sanapiah. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Fatmawati, Desy. (2015). “Pengaruh pendapatan, religiositas, dan informasi terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa Pondok Pesantren Wahid Hasyim di Sleman”, Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghufron dan Risnawita. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi, Syamsul. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.
Hartono, Jogiyanto. (2012). Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Hartono. (2009). SPSS 16. 0: Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Heizer, Jay & Render, Barry. (2015). Manajemen operasi: Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi Sebelas. Diterjemahkan Oleh: Hirson Kurnia, Ratna Saraswati, David Wijaya. Jakarta: Salemba Empat.
http://ejurnal.radenintan.ac.id/indek.php/al-athfaal
Indrawati, Triana. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiositas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Guru Di Paud Rawan Bencana Rob. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 71-82.
Jaswadi, Khoirul. (2018). “Pengaruh Keyakinan, Promosi dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Menabung di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan”, Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.
Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kuncoro, Mudrajad. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Lestari, Mia. (2012). “Pengaruh Harga Relatif, Nilai Tukar Dan Investasi Terhadap Ekspor Industri Tekstil Di Jawa Barat Periode 1984-2010”, Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Rajawali Pers.
Maghfiroh, Sayyidatul. (2018). “Pengaruh Religiositas, Pendapatan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat”, Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: RajaGrafindo.
Masruroh, Atik. (2015). “Analisis Pengaruh Tingkat Religiositas dan Disposible Income Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa STAIN Salatiga)”, Skripsi. Salatiga: STAIN Salatiga.
Muhammad. 2018. Kebijakan Moneter dan Fiskal dalam Islam. Jakarta: Salemba Empat.
Ningsih, Julia Sri. (2017). “Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiositas dan Dispossable Income Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syari’ah (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung)”, Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2014). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Poerwadarminto, W.J.S.(2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Priyanto, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Rakhmat, Jalaludin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Reksoprayitno. 2004. Sistem Ekonomi Dan Demokrasi Ekonomi. Jakarta: Bina Grafika.
Rouf, Abdul, M. (2011). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang.” Skripsi. Semarang: IAIN Walisonggo.
Santosa, Purbayu Dwi dan Asharu. (2005). Analisis Statistik Dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: ANDI.
Setyono, Joko. (2017). “Pengaruh Pengetahuan Produk, Promosi, Lokasi, Religiositas, dan Pendapatan Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta)”, Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Subramanyam, K.R & John J. Wild. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunyoto, Danang. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Suryadi, Bambang & Hayat, Bahrul (2021). Religiositas Konsep, Pengukuran & Implementasi di indonesia. Jakarta: Bibliosmia Karya Indonesia
Umar, Husein. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V. Andi.
Yusuf, A.Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yusuf, Burhanudin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zulbahri, Arif. (2019). “Pengaruh Budaya dan Religiositas Terhadap Keputusan Masyarakat Untuk Menabung Di Baitul Maal Wa Tamwil (Studi Kasus Desa Gaya Baru VII Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah)”, Skripsi. Jakarta: IAIN Metro.
23SK2341278.00 | SK EKOS 23.278 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain