SKRIPSI EKOS
Pengaruh Modal Usaha, Karakteristik Pengusaha Muslim, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Kecil Kacang Asin di Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal
Usaha kecil mermiliki posisi dan peran yang cukup penting dan sebagai kekuatan yang strategis, bukan hanya dalam hal penerapan tenaga kerja, usaha kecil juga mampu berperan untuk menstabilkan permasalahan kesenjangan sosial dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh modal usaha, karakteristik pengusaha muslim, dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha kecil kacang asin di Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif cenderung pada deskriptif. Objek yang akan diteliti adalah pengusaha kacang asin di Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Adapun berdasarkan sumber data yang digunakan didalam penelitian ini ialah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden yakni pengusaha kacang asin. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling sedangkan metode analisis data menggunakan uji instrument data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R^2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modal usaha (X1) mempunyai nilai sig 0,596 > 0,05, variabel karakteristik pengusaha muslim (X2) mempunyai nilai sig 0,755 > 0,05 artinya secara parsial varibel modal usaha dan karakteristik pengusaha muslim tidak berpengaruh signifikan sedangkan variabel strategi pemasaran (X3) mempunyai nilai sig 0,007 < 0,05 artinya secara parsial berpengaruh signifikan. Selain itu tingkat nilai signifikansi uji F yaitu 0,001
23SK2341275.00 | SK EKOS 23.275 DEF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain