SKRIPSI BPI
Implementasi Home Visit dengan Metode Mauidzah Hasanah untuk Mengatasi Siswa Membolos di SMP Islam Yawapi Asy Syaban Bojong Kabupaten Pekalongan
Perilaku membolos merupakan bentuk kegiatan yang merugikan bagi siswa dan dapat mengakibatkan dampak buruk atau negatif. Seperti yang terjadi di SMP Islam Yawapi Asy-Syaban Bojong masih ada kasus membolos yang dilakukan siswa, bentuk membolos yang dilakukan ialah tidak berangkat dari awal tanpa memberikan keterangan atau mengirim surat izin. Hal itu menjadi ranah
kajian guru BK untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun cara atau program yang dilakukan guru BK yaitu dengan melaksanakan home visit dengan metode mauidzah hasanah. Home visit merupakan kegiatan yang mempunyaitujuan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan akurat pada siswa terkait permasalahan yang siswa hadapi, sedangan metode mauidzah hasanah yaitu pemberian nasehat yang baik sebagai tahap pengganti konseling individu terhadap siswa. Dengan pemberian mauidzah hasanah disertai dengan cara berbicara yang lemah lembut diharapkan siswa menjadi lebih nyaman dalam menceritakan kepada guru tentang permasalahan yang sedang siswa hadapi, dan dengan mauidzah hasanah atau pemberian nasehat-nasehat yang baik tersebut dapat menjadikan siswa sadar tentang perilaku buruk yang dilakukannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana faktor penyebab siswa membolos di SMP Islam Yawapi Asy-Syaban Bojong? 2) Bagaimana implementasi home visit dengan metode mauidzah hasanah untuk mengatasi siswa membolos di SMP Islam Yawapi Asy-Syaban Bojong? Kemudian tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab siswa membolos dan untuk mengetahui implementasi home visit dengan metode mauidzah hasanah untuk mengatasi siswa membolos di SMP Islam Yawapi AsySyaban Bojong. Adapun kegunaan penelitian ini yaitu: 1) Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan berkaitan dengan konsep pendekatan Bimbingan Penyuluhan Islam khususnya melalui layanan home visit dengan metode mauidzah hasanah dalam menangani permasalahan siswa. 2) Secara praktis, bagi guru BK hasil penelitian ini bisa menjadi sumber informasi guru BK dan sebagai pedoman untuk pengembangan yang dilakukan dalam upaya penanganan siswa melalui home visit. Bagi peneliti hasil penelitian ini diharapkan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan yang luas dan dapat menambah pengalaman dengan terjun langsung ke lapangan dalam mencari informasi.
23SK2335019.00 | SK BPI 23.019 MOH i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain