SKRIPSI BPI
Peran Pembimbing dalam Program Inisiasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan
Kota Pekalongan sebagai Kota Layak Anak maka setiap sekolah harus menjadi sekolah ramah anak. Banyaknya kasus kekerasan di lingkungan sekolah membuat pemeritah kota Pekalongan membuat sekolah ramah anak. Sekolah merupakan tempat yang aman, nyaman dan bersih untuk belajar ketika berada di sekolah. SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan turut mendeklarasikan sebagai
sekolah ramah anak. Selain adanya aturan dari pemerintah Kota Pekalongan di SD Islam Azhar karena awal berdiri sudah menerapkan sekolah ramah anak. Dengan adanya sekolah ramah anak anak mengurangi kekerasan yang berada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, sekolah ramah anak perlu adanya pembimbig dalam mewujudkan sekolah ramah anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran pembimbing dalam program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat sekolah dasar di SD Al Azhar 60 Pekalongan? (2) Bagaimana program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan? Kemudian penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peran pembimbing dalam program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan (2) Untuk mengetahaui program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan (field research) dengan memakai pendekatan kualitatif. Metode pegumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Bentuk analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pembimbing sudah melakukan perannya sebagai pembimbing. Ada lima dimensi yang sudah dilakukan diantanya sebagai berikut: sebagai pembimbing, motivator, mediator, fasilitator dan
evaluator. Sedangkan yang belum dilakukan pembimbing adalah inisiator. Untuk inisiasi sekolah ramah anak sudah dilakukan semua adapun indikatornya sebagai berikut: kebijakan sekolah ramah anak, proses pembelajaran yang ramah anak, pendidik dan kependidikan terlatih hak-hak anak, sarana dan prasarana sekolah ramah anak, partisiapsi anak, Pasrtisipasi orang tua, oragnisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan stakeholder.
23SK2335018.00 | SK BPI 23.018 ZUL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain