SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MIS Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan
Minat belajar siswa diperlukan saat pembelajaran berlangsung dengan adanya minat dalam mengikuti pembelajaran maka siswa dapat belajar dengan baik. Ada tidaknya minat siswa dalam mengikuti pelajaran dapat dilihat dari cara siswa mengikuti pelajaran, memperhatikan pelajaran atau tidak. Minat merupakan faktor penting dalam pengembangan potensi siswa dalam keberhasilan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa Inggris di MIS Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa Inggris di MIS Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peniliti menggunakan metode deskrptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa Inggris di MIS Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan, antara lain: a) menambah variasi dan jumlah rujukan materi ajar, b) meningkatkan kemampuan guru dalam menjelaskan materi ajar, c) membangkitkan keinginan bertanya pada siswa, d) mendisiplinkankan dan mengelola kelas dengan baik, e) memberikan kata-kata pujian bagi siswa yang dapat membangkitkan motivasi belajar, f) memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjawab pertanyaan, g) penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, h) menggunakan media berupa kamus on-line melalui smartphone. 2) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa Inggris di MIS Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan, antara lain: a) adanya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, b) siswa tetap fokus dalam pembelajaran, c) jadwal pembelajaran bahasa Inggris di pagi hari. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain: a) siswa memiliki daya ingat dan daya serap yang berbeda dalam memahami penjelasan guru, b) siswa malas atau terlambat mengumpulkan tugas.
23SK2323087.00 | SK PGMI 23.087 KHO u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain