SKRIPSI PGMI
Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang
Manusia termasuk sasaran dari suatu pendidikan karena dengan adanya pendidikan manusia dapat meningkatkan potensi yang dimilikinya. Gaya belajar adalah cara mudah bagi siswa umtuk memproses, menggali, dan mempelajari informasi. Gaya belajar salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar Matematika. Cara siswa dalam belajar Matematika yang berbeda-beda dapat menyebabkan hasil belajar Matematika tiap siswa pun berbeda-beda, seperti yang terjadi pada siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana gaya belajar siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang?, 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang?, 3)Adakah hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang, 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang, 3) Untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu semua siswa kelas IV dan V sejumlah 46 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dibuat dalam Tabel kontingensi 3x3 kemudian dianalisis dengan uji chi kuadrat. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Siswa kelas IV dan V MI Tholabuddin 02 Masin mayoritas memiliki gaya belajar visual. 2) Hasil belajar siswa kelas IV dan V pada mata pelajaran Matematika di MI Tholabuddin 02 Masin Warungasem Batang berada pada kategori sedang dengan rata-rata 77.26. 3) Setelah melakukan analisis pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai = 10,014 > = 9,488. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa, dengan tingkat hubungan pada interval koefisien (0,40-0,599) pada tingkat cukup dengan hasil 0,519.
23SK2323085.00 | SK PGMI 23.085 HIM h | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain