SKRIPSI PGMI
Proses Belajar Bersama Alam dalam Pembelajaran Berbasis Fun Learning di SD Negeri Bligo Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran di kelas biasanya guru lebih sering menyajikan materi lalu diterangkan. Bahkan sering pula guru mengajar dengan satu arah yaitu pembelajaran berpusat pada guru sehingga membuat peserta didik cepat bosan dalam proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dapat mengubah beberapa aspek pembelajaran seperti metode pembelajaran. Salah satu metode yang dapat membantu peserta didik lebih aktif yaitu metode fun learning. Selain metode pembelajaran, proses pembelajaran dapat dilakukan dengan suasana yang berbeda seperti di alam terbuka. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana proses belajar bersama alam serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran berbasis fun learning untuk anak usia SD/MI di SDN Bligo? Tujuan penelitian ini untuk mendeskrpsikan bagaimana proses belajar bersama alam serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran berbasis fun learning untuk anak usia SD/MI di SDN Bligo. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini berfokus pada mencari data dan informasi scara detail melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan proses belajar bersama alam serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran berbasis fun learning untuk anak usia SD/MI di SDN Bligo. Hasil penelitian pada proses belajar bersama alam dalam pembelajaran berbasis fun learning di SDN Bligo yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu: faktor pendukung yang terdiri dari kreativitas guru, inisiatif guru, kontrol guru dan sarana prasarana yang memadai. Serta faktor penghambat yang terdiri minimnya sumber daya manusia bagi guru dan perasaan peserta didik yang berubah-ubah.
23SK2323083.00 | SK PGMI 23.083 DHE p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain